Kontribusi Kepemimpinan Pelayan, Iklim Kerja, Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja Terhadap Disiplin Kerja Guru di SMA Negeri Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) besaran kontribusi kepemimpinan pelayan terhadap disiplin kerja guru, (2) besaran kontribusi klim kerja terhadap disiplin kerja guru, (3) besaran kontribusi motivasi kerja terhadap disiplin kerja guru, (4) besaran kontribusi kepuasan kerja terhadap disiplin kerja guru, (5) besaran kontribusi kepemimpinan pelayan, klim kerja, motivasi kerja, dan kepuasan kerja secara bersama-sama terhadap disiplin kerja guru di SMA Negeri Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 85 orang guru, dengan jumlah sampel sebesar 85 guru. Penelitian ini menggunakan rancangan ex-post facto. Data dikumpulkan dengan kuesioner menggunakan model skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, korelasi sederhana, korelasi parsial, korelasi ganda, regresi ganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) terdapat korelasi positif dan signifikan antara kepemimpinan pelayan dan disiplin kerja dengan koefisien korelasi product moment sebesar 0,332 (ryx1), koefisien korelasi parsial sebesar 0,301 (ry.x1-x2,3,4) dan kontribusi kepemimpinan pelayan terhadap disiplin kerja sebesar 7,60%, 2) terdapat korelasi positif dan signifikan antara klim kerja dan disiplin kerja dengan koefisien korelasi product moment sebesar 0,469 (ryx2), koefisien korelasi parsial sebesar 0,466 (ry.x2-x1,3,4) dan kontribusi klim kerja terhadap disiplin kerja sebesar 17,97%, 3) terdapat korelasi positif namun tidak signifikan antara motivasi kerja dan disiplin kerja dengan koefisien korelasi product moment sebesar 0,256 (ryx3), koefisien korelasi parsial sebesar 0,194 (ry.x3-x1,2,4) dan kontribusi motivasi kerja terhadap disiplin kerja sebesar 3,70%, 4) terdapat korelasi positif dan signifikan antara kepuasan kerja dan disiplin kerja dengan koefisien korelasi product moment sebesar 0,502 (ryx4), koefisien korelasi parsial sebesar 0,471 (ry.x4-x1,2,3) dan kontribusi kepuasan kerja terhadap disiplin kerja sebesar 19,73%, dan 5) secara simultan terdapat korelasi positif dan signifikan antara kepemimpinan pelayan, iklim kerja, motivasi kerja, kepuasan kerja dan disiplin kerja dengan koefisien korelasi ganda Ry.1234 sebesar 0,700 dan kontribusi secara simultan kepemimpinan pelayan, iklim kerja, motivasi kerja, kepuasan kerja dan disiplin kerja sebesar sebesar 49,00%.
Referensi
Anuar, Saiful. 2020. Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Disiplin Kerja Karyawan Pada Pt. Mega Finance Cabang Kandis Kabupaten Siak. e-Jurnal Apresiasi Ekonomi Volume 8, Nomor 2, Juli 2020: 284-291 SSN Cetak: 2337-3997 SSN Online: 2613-9774. Diakses dari laman https://stiepasaman.ac.id/ojsapresiasiekonomi/index.php/apresiasiekonomi/article/view/306 (14 Oktober 2021)
G., Muhammad Tahir. 2021. Servant Leadership dalam Kepemimpinan Pendidikan. Jurnal SIPATOKKONG BPSDM SULSEL Volume 2 Nomor 1 (Januari – Maret) Tahun 2021.
Heri Gunawan. (2011). Pendidikan Karakter konsep dan mplementasi. Bandung:Alfabeta.
Indrasari, Meithiana. 2017. Kepuasan Kerja Dan Kinerja Karyawan Tinjauan Dari Dimensi klim Organisasi, Kreativitas ndividu, Dan Karakteristik Pekerjaan. Yogyakarta: ndomedia Pustaka.
Iqbal, Syahadzan Muhammad. 2020. Hubungan Motivasi Dan Kepemimpinan Terhadap Disiplin Kerja Guru (Studi Di Kantor Sdn Ngronggo 2 Kecamatan Kota Kediri). MEDIASOSIAN, Jurnal lmu Sosial dan lmu Administrasi Negara Vol.4 No.1 Tahun 2020.
Made Pidarta. 1995. Peranan Kepala Sekolah Pada Pendidikan Dasar. Jakarta: Gramedia.
Rahayu, Sri Wening. 2020. Penerapan Kepemimpinan Melayani (Servant Leadership) Bidang Penguatan Karakter Guru Dan Siswa. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (JDMP), Volume 5, Nomor 1, 2020.
Rizal, Said Muhammad. 2019. Pengaruh Motivasi, Pengawasan, dan Kepemimpinan Terhadap Disiplin Kerja Pegawai. Maneggio: Jurnal lmiah Magister Manajemen Vol 2, No. 1, Maret 2019, 117-128 http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO
Rusnita, dkk. 2021. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Disiplin Kerja Guru Di Smp Negeri 11 Prabumulih. JURNAL KEPEMIMPINAN DAN KEPENGURUSAN SEKOLAH Vol. 6, No. 1, Maret 2021. Diakses dari laman https://ejurnal.stkip-pessel.ac.id/index.php/kp/article/view/566 (14 Oktober 2021)
Samidi. 2019. The Effect of Work Motivation and Leadership Service on Working Discipline District Office Employees. nternational Journal of nnovative Science and Research Technology Volume 4, ssue 7, July – 2019 SSN No:-2456-2165. Diakses dari laman https://ijisrt.com/assets/upload/files/IJISRT19JUL273.pdf
Vondey, M. 2010. The Relationships among Servant Leadership, Organizational Citizenship Behavior, Person-Organization Fit, and Organizational dentification. nternational Journal of Leadership Studies.
Werang, Basilius Redan, Anak Agung Gede Agung dan Andreas Au Hurit. 2019. ncreasing teacher attendance n ndonesia: a longitudinal study n the remote elementary schools of Southern Papua. nt. J. Management n Education, Vol. 13, No. 2, 2019. Diakses dari laman https://www.inderscienceonline.com/doi/abs/10.1504/IJMIE.2019.098188
Widyacahyani, Azimatun. 2020. Dampak Kepemimpinan Transformasional, Kepemimpinan Transaksional Dan Servant Leadership Terhadap Kinerja Karyawan. JSMBI ( Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis ndonesia) Vol. 10 No. 1 Juni
Wijania. 2017. Kontribusi Kepemimpinan Pelayan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Adiministrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Vol 1, No.3, Oktober 2017.
Wita, Ramsa Meinis. 2021. Pengaruh Kompensasi Dan klim Kerja Terhadap Disiplin Kerja Serta mplikasinya Pada Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Kota Palembang. Universitas Tridinanti Palembang. Diakses dari laman http://repository.univ-tridinanti.ac.id/2439/ (27 Oktober 2021)