Evaluasi Pelaksanaan Sistem e-rapor pada SMA Negeri di Kota Singaraja

  • L.H.K Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.G.K.A Sunu Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.N. Natajaya Universitas Pendidikan Ganesha
Kata Kunci: Sistem E-rapor, Studi Evaluasi, CIPP

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara terpisah maupun bersama-sama komponen context, input, process, product dan kendala-kendala yang terjadi dalam pelaksanaan sistem E-rapor pada SMA Negeri di Kota Singaraja. Penelitian ini menggunakan model CIPP. Jumlah populasi penelitian sebanyak 200 orang terdiri dari keseluruhan guru di tiga SMA Negeri yang ada di kota Singaraja yaitu guru SMAN 1 Singaraja, SMAN 2 Singaraja, dan SMAN 3 Singaraja. Sampel penelitian berjumlah 172 guru. Data pada setiap variabel dalam penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner yang mengacu pada skala likert 1-5. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Efektivitas pelaksanaan sistem E-rapor ditentukan dengan skor mentah ditransformasikan ke dalam Z-skor kemudian ke T-Skor serta diverifikasi ke dalam Kuadran Glickman. Hasil pengolahan data menunjukkan 1) Efektifitas penerapan sistem E-rapor ditinjau dari context diperoleh hasil efektif (+); 2) Efektifitas penerapan sistem E-rapor ditinjau dari input diperoleh hasil efektif (+); 3) Efektifitas penerapan sistem E-rapor ditinjau dari process diperoleh hasil efektif (+); 4) Efektifitas penerapan sistem E-rapor ditinjau dari product diperoleh hasil efektif (+); 5) Hasil evaluasi secara bersama-sama terhadap penerapan sistem E-rapor ditinjau dari context, input, process, product diperoleh hasil sangat efektif (+ + + +). Kendala-kendala yang terjadi dalam penerapan sistem E-rapor telah dicarikan alternatif solusinya yang meliputi pengelola program yang masih berstatus kontrak, struktur organisasi, keterbatasan kemampuan pendidik, respon peserta didik, dana yang digunakan masih minim, dan pensosialisasian pedoman program E-rapor.

Kata kunci: Sistem E-rapor; Studi Evaluasi; CIPP.

Referensi

Agung, A. A. G. (2017). Evaluasi Pendidikan (4th ed.). Universitas Pendidikan Ganesha.
Anugerah, Y., Ambabunga, M., & Sampetoding, E. A. M. (2021). Pemanfaatan Sistem Aplikasi E-Rapor Untuk Memudahkan Proses Penginputan Nilai Siswa SMA Negeri 1 Rantepao Kabupaten Toraja Utara Provinsi Sulawesi Di Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Community and Service (IJOCS), 1(2), 2775–2666.
Budi Yoga Bhakti. (2017). Evaluasi Program Model CIPP Pada Proses. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah, 1(2), 75–82.
Firmanda, K. B., & Ma’ruf, M. F. (2017). Implementasi Program Rapor Online Di SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Ilmu Sosial Dan Hukum, 5(4), 1–8. www.academia.edu/pemanfaatan-e-governmentdalam-
Hafid, R. N. H. (2021). The difference of satisfaction level of midwifery students in trying out competency test with computer-based test and web-based test. Internasional Journal Health & Medical Sciences, 4(1), 8–14.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. CV.Pustaka Setia.
Hikmah, R. L., Ramdani, A., & Asrin, A. (2021). Manajemen Program E-Rapor di SMA Negeri 7 Mataram. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3), 567–571. https://doi.org/10.36312/jime.v7i3.2315
Indrajit, R. E. (2000). Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Informasi. PT. Alex Media Komputindo.
Jannah, M. (2019). Manajemen Program Penilaian Hasil Belajar Berbasis E-Rapor di SMA Negeri 3 Sidoarjo. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 3.
Nugraha, F. M. (2018). ANALISIS PERBANDINGAN SISTEM DATA POKOK PENDIDIKAN ( DAPODIK ). 1(April), 87–95.
Nugraha, I. N. P., Dantes, K. R., & Widhiyanti, D. A. (2015). Studi Evaluasi Efektivitas Pelayanan AdministrasiAkademik diLingkungan Fakultas Teknik Kejuruan Undiksha. 525–530.
Oktavia, N. (2015). Sistematika Penulisan Karya Ilmiah. Deepublish.
Permendikbud tentang Standar Penilaian Pendidikan, Pub. L. No. 23 (2016).
Pratama, Y. H., Rosidi, A., Sleman, K., & Yogyakarta, D. I. (2020). PENDEKATAN VALUE CHAIN ( Studi Kasus : SMKN 5 Mataram ). 106–118.
Republik Indonesia, P. & K. (2021). P. P. R. I. N. 57 T. 2021 tentang S. N. P. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Standar Nasional Pendidikan, 102501, 1–49.
Roekminiati, S., & Dwiyanti, P. (2017). 260-Article Text-645-1-10-20170719.pdf. Jurnal Ilmiah Fenomena, 3(6), 274–347.
Sudjana. (2011). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Miz Methods) (10th ed.). ALFABETA.
Sunu, I. G. K. A. (2010). Pengelolaan Pendidikan Multikultural (Studi Kasus pada SMP/MTs di Provinsi Bali.
Wirasasmiata, R., & Uska, M. (2019). Evaluation of E-Rapor Usability using Usability Testing Method. 330(Iceri 2018), 71–74. https://doi.org/10.2991/iceri-18.2019.15
Diterbitkan
2022-06-30
Bagian
Articles