Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Religiusitas, Budaya Sekolah dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Guru SMA Muhammadiyah di Bali

  • N.A. Yani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.P.W. Ariawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.G.K.A Sunu Universitas Pendidikan Ganesha
Kata Kunci: budaya sekolah, kecerdasan emosional, kepemimpinan transformasional, kinerja guru, religiusitas

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kontribusi kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru, (2) kontribusi religiusitas terhadap kinerja guru, (3) kontribusi budaya sekolah terhadap kinerja guru, (4) kontribusi kecerdasan emosional terhadap kinerja guru, (5) kontribusi kepemimpinan transformasional, religiusitas, budaya sekolah dan kecerdasan emosional secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMA Muhammadiyah di Bali. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 46 orang guru. Penelitian ini menggunakan rancangan ex-post facto. Instrumen pengumpulan data berupa kuesoner dengan menggunakan model skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, korelasi sederhana, korelasi parsial, korelasi ganda, regresi ganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) terdapat korelasi positif dan signifikan antara kepemimpinan transformasional dan kinerja guru dengan koefisien korelasi product moment sebesar 0,464 (ryx1), koefisien korelasi parsial sebesar 0,324 (ry.x1-x2,3,4) dan kontribusi kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru sebesar 12,94%, 2) terdapat korelasi positif dan signifikan antara religiusitas dan kinerja guru dengan koefisien korelasi product moment sebesar 0,546 (ryx2), koefisien korelasi parsial sebesar 0,354 (ry.x2-x1,3,4) dan kontribusi religiusitas terhadap kinerja guru sebesar 18,07%, 3) terdapat korelasi positif dan signifikan antara budaya sekolah dan kinerja guru dengan koefisien korelasi product moment sebesar 0,513 (ryx3), koefisien korelasi parsial sebesar 0,384 (ry.x3-x1,2,4) dan kontribusi budaya sekolah terhadap kinerja guru sebesar 16,01%, 4) terdapat korelasi positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan kinerja guru dengan koefisien korelasi product moment sebesar 0,422 (ryx4), koefisien korelasi parsial sebesar 0,316 (ry.x4-x1,2,3) dan kontribusi kecerdasan emosional sebesar 10,88%, dan 5) secara simultan terdapat korelasi positif dan signifikan antara kepemimpinan transformasional, religiusitas, budaya sekolah, kecerdasan emosional dan kinerja guru sebesar 57,9%.

 

Referensi

Agustian, A. G. 2016. ESQ Emotional Spiritual Quotient: Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual. Jakarta: PT. Arga Tilanta.

Alfisyah, K. D., Anwar, Moch. K. 2018. Pengaruh Religiusitas terhadap Kinerja Karyawan Muslim Kantor. Jurnal Ekonomi Islam, 1(2), 99–107.

Ansar & Masaong. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah. Gorontalo: Sentra Media.

Dayakisni, T, dan Hudaniah. 2015. Psikologi Sosial. Malang: UMM Press.

Goleman, Daniel. 2018. Emotional Intelligence. Trans. T. Hermaya. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Utama.

Hutagalung, Dhaniel, Masdukiasbari, dkk. Peran religiusitas, Kepmimipinan Transformasional, Kepuasan kerja dan Mediasi Organizational Citizenship Behavior terhadap kinerja Gurut, Volume 2 N0 1.

Komar, A. 2020. iPeningkatan Kinerja Guru Berbasis Budaya Sekolah dan Budaya sekolah Guru. At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 6 (2), 109–117. https://doi.org/10.36835/attalim.v6i2.362 Diunduh pada Agustus 2021.

Kuswaeri, I. 2016. Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, Volume 2 No 2.

Ma'sum, T. 2019. Persinggungan Kepemimpinan Transformational Dengan Kepemimpinan Visioner Dan Situasional. Intizam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Volume 2, No.2

Mulyasa. 2012. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nashihin, H. 2017. Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Pesantren. Semarang: CV Pilar Nusantara iSemarang.

Pianda, D. 2018. Kinerja Guru: Kompetensi Guru, Motivasi Kerja dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bojonggenteng, Sukabumi: CV Jejak.

Sholeh, M. 2017. Keefektifan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. JDMP (Jurnal Dinamika iManajemen Pendidikan), Volume 1 No1.

Sholihah, M., Sunaryo, H., & Priyono, A. A. 2017. Pengaruh Kecerdasan Emosional

dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Guru SMP An-Nur Bululawang-

Malang. Jurnal Warta Ekonomi, Vol. 7 No. 17.

Siswatiningsih, I., Raharjo, K., & Prasetya, A. 2019. Pengaruh Kepemimpinan

Transformasional Dan Transaksional Terhadap Budaya Organisasi, Motivasi

Kerja, Komitmen Oganisasional Dan Kinerja Karyawan. Jurnal Bisnis dan Manajemen, Volume 2 No 5.

Suhartini, Cucu. 2020. Pengaruh Kepimimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru, Vol. 4 No 2.

Sukayana I Wayan, Made Yudana, Dewa Gede Hendra Divayana. 2019. Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru iDi SMK Kertha Wisata Denpasar. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia.

Wahab, M. A. 2017. Relationships between religious work values, sustainable work behaviours and sustainable energy consumptions: an empirical analysis using Muslim employees. Management Decision, Volume 9 No 55.

Zamroni. 2011. Pendidikan Demokrasi Pada Masyarakat Multikultural. Jakarta: Gavin Kalam Utama.

Diterbitkan
2022-06-30
Bagian
Articles