PENGARUH PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Main Article Content

N.L.E.S. Handayani
I.M. Ardana
I.W. Kertih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Berbasis Etnomatematika terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VI SD Gugus Dewi Sartika. Rancangan penelitian ini mengikuti rancangan eksperimen The postest only control group design. Sebanyak 344 siswa yang menjadi populasi penelitian yang berasal dari siswa kelas VI Gugus Dewi Sartika. Sebanyak 49 siswa yang dipilih menjadi sampel melalui random sampling. Dalam memperoleh data penelitian, digunakan metode non tes berupa kuisioner untuk motivasi belajar dan metode tes untuk prestasi belajar siswa. Analisis data diperoleh melalui analisis MANOVA dan ANAVA. Penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut: 1) secara simultan terdapat perbedaan motivasi dan prestasi belajar siswa yang signifikan antara kelompok siswa yang mengikuti (PMR) berbasis etnomatematika dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional (F hitung sebesar 141,538 dengan Sig = 0,000), 2) terdapat perbedaan motivasi belajar siswa yang signifikan antara kelompok siswa yang mengikuti Pendidikan Matematika Realistik (PMR) berbasis etnomatematika dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional (F hitung sebesar 262,270 dengan Sig = 0,000), 3) terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang signifikan antara kelompok siswa yang mengikuti Pendidikan Matematika Realistik (PMR) berbasis etnomatematika dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional (F hitung sebesar 23,38 dengan Sig = 0,000). Berdasarkan data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh PMR berbasis etnomatematika terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VI SD Gugus Dewi Sartika.

Article Details

Section
Articles

References

Dantes, N. (2021). Desain Eksperimen dan Analisis Data. Rajawali Pers.
Ediyanto, Gistituati, N., Fitria, Y., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Materi Matematika SD. Jurnal Basicedu, 4(1), 203–209. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.325
Maharani, L. A., Dina Prasetyowati, & Choirul Huda. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Komik Digital Webtoon Pendekatan Tpack Untuk Meningkatkan Aspek Kognitif Di Kelas V Tema Peristiwa Dalam Kehidupan. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 1583–1593. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1747
Manalu, A. C. S., Septiahani, A., Permaganti, B., Melisari, M., Jumiati, Y., & Hidayat, W. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMK Pada Materi Fungsi Kelas XI. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 254–260. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.198
Munawaroh, I. (2019). Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Buku Pedadogi PPG Daljab.
Pujiriyanto. (2019). Peran Guru dalam pembelajarn Abad 21. Buku Pedagogi PPG Daljab.
Riadi, M. (2021). Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME). Kajianpustaka.Com. https://www.kajianpustaka.com/2017/10/pembelajaran-realistic-mathematics-education.html
Saubaki, E. A., Leton, S. I., & Aleksius, M. (2024). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(2), 475–486. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i2.3633
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia.
Triwulandari, R., Pratama, D., & Andiyanto. (2021). Pengaruh Model Somatis , Auditori , Visual , Intelektual ( SAVI ) pada Muatan Bahasa Indonesia terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 340–346. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.39407