PENGARUH KONSELING BEHAVIORA DAN JENIS KELAMIN TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh konseling behavioral dan jenis kelamin terhadap motivasi berprestasi peserta didik kelas VIII SMP Negeri di kecamatan Tegallalang. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan factorial desain. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Tegallalang yang berjumlah 158 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 96 orang.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner, dari hasil terkait motivasi berprestasi, selanjutnya diolah menggunakan pearson product moment dan analisis data menggunakan anava dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan motivasi berprestasi antara peserta didik yang mengikuti teknik modeling dan teknik asertif (Fhitung = 77,98 >Ftabe(0,05) = 2,47), 2) terdapat perbedaan motivasi berprestasi yang signifikan ntara peserta didik laki-laki dan perempuan (Fhitung = 24,16 > Ftabe(0,05) = 2,47), 3) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model konseling dengan jenis kelamin terhadap motivasi berprestasi peserta didik (Fhitung = 341,17 > Ftabe(0,05) = 2,47), 4) motivasi berprestasi peserta didik yang mengikuti teknik modeling lebih rendah dari pada peserta didik yang mengikuti teknik asertif pada siswa laki-laki (μA1B1=168,46 <μA2B1=176,88), 5) motivasi berprestasi siswa yang mengikuti teknik modeling lebih tinggi dari pada siswa yang mengikuti teknik asertif pada siswa perempuan (μA1B2= 189,75>μA2B2=164,79), 6) motivasi berprestasi siswa laki-laki lebih rendah daripada peserta didik perempuan yang mengikuti teknik modeling (μA1B1= 168,46<μA1B2=189,75), dan 7) motivasi berprestasi peserta didik laki-laki lebih tinggi dari pada peserta didik perempuan yang mengikuti teknik asertif (μA2B1= 176,88>μA1B2=164,79). Dengan demikian, penerapan teknik modeling memiliki pengaruh positif terhadap motivasi berprestasi peserta didik perempuan, sedangkan penerapan teknik asertif memiliki pengaruh positif terhadap motivasi berprestasi peserta didik laki- laki.
Rincian Artikel
Referensi
Astreani, K. S. ., Suarni, N. ., & Dharmayanti, P. . (2017). Pengaruh Konseling Behavioral Dengan Teknik Modeling Terhadap Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 4 Singaraja. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling, 8(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jibk.v8i1.11099
Ayu S, N. N. ., Suarni, N. ., & Dharsana, I. . (2019). Pengaruh Konseling Cognitive Behavioral Strategi Self-Management dan Self-Instruktion Terhadap Self-Achievement Ditinjau Dari Jenis Kelamin Pada Siswa Kelas VII SMP PGRI 5 Denpasar. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 4(1), 10–18. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bk/article/view/2965
Depiani, K. ., Sedanayasa, G., & Dantes, N. (2019). Pengaruh Konseling Behavioral dan Konseling Eksistensial Humanistik Terhadap Motivasi Berprestasi dan Aktualisasi Diri Siswa yang Memiliki Prestasi Belajar Rendah. 4(1). https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bk/article/view/2968
Dwijayanti, N. M. ., Sedanayasa, G., & Dharsana, I. . (2018). Pengaruh Model Konseling Behavioral dengan Teknik Modeling dan Teknik Asertif untuk Meningkatkan Need For Achievment Ditinjau dari Jenis Kelamin Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Mengwi. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 3(2), 13–25. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bk/article/view/2952
Indrayani, L. ., Dharsana, K., & Suranata, K. (2020). Konseling Humanistik dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Self Exhibition Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 4(1), 9–17. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bk/article/view/3242
Mirza, R., Lubis, A. ., Siagian, S. ., Simamora, S. ., Sitohang, Y. J. ., & Claudia, C. (2021). Pelatihan Regulasi Emosi Untuk Meningkatkan Subjective Well-Being Pada Penyandang Tunarungu di Kota Binjai. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1), 21–30. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjbk.v12i1.32009
Nita, K. ., Gading, I. ., & Putri, D. A. W. . (2017). Pengaruh Konseling Behavioral Dengan Teknik Modeling dan Teknik Latihan Asertif Terhadap Rasa Percaya Diri Pada Siswa Kelas VII SMP Laboratorium Undiksha Singaraja Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling, 8(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jibk.v8i1.11051
Suandani, N. ., Sedanayasa, G., & Gading, I. . (2018). Efektifitas Konseling Behavioral Dengan Teknik Modeling Dan Asertif Terhadap Self-Adjusment Ditinjau dari Jenis Kelamin Pada Siswa kelas VII SMP Negeri 3 Abiansemal Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 3(2), 47–55. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bk/article/view/2956