PANCASILA EDUCATION TO IMPROVE THE MORALE OF THE MILLENNIAL GENERATION

Main Article Content

Iin Maliah
Moses Glorino Rumambo Pandin

Abstract

Indonesia sebagai negara yang berlandaskan Pancasila mewajibkan setiap perguruan tinggi untuk memberikan mata kuliah Pancasila kepada mahasiswanya minimal selama satu semester. Artikel ini dibuat sejalan dengan harapan untuk menyelamatkan moral generasi milenial melalui mata kuliah Pancasila. Penelitian ini memiliki pertanyaan terkait kerusakan moral, yaitu dampak kerusakan moral tersebut terhadap generasi milenial. Siapa saja yang melakukan penelitian ini untuk menjawab pertanyaan tentang dampak kerusakan moral terhadap generasi milenial? Penelitian ini dilakukan dengan melakukan telaah pustaka yang merangkum sepuluh artikel yang diterbitkan sejak tahun 2019 hingga 2021 dari dua basis data daring: Scopus dan Google Scholar. Kelayakan lembaga penelitian ini dilihat dari judul, abstrak, metodologi, hasil, dan pembahasan. Hasil yang disajikan dalam bentuk narasi menunjukkan bahwa moral generasi milenial telah rusak selama ini. Kemerosotan moral tersebut dapat diatasi dengan terus memberikan mata kuliah Pancasila di perguruan tinggi. Dengan demikian, karakter generasi milenial dapat diperkuat dengan pendidikan moral Pancasila.

Article Details

How to Cite
Maliah, I., & Pandin, M. G. R. (2024). PANCASILA EDUCATION TO IMPROVE THE MORALE OF THE MILLENNIAL GENERATION. Ganesha Civic Education Journal, 6(1), 49-58. Retrieved from https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/GANCEJ/article/view/4953
Section
Articles