ANALISIS YURIDIS PERLINDUNGAN KONSUMEN TERKAIT GAME YANG DI BELI MELALUI APLIKASI DI TINJAU DARI UNDANG-UNDANG NO 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

Authors

  • Putu Rendra Wedananta Universitas Pendidikan Ganesha
  • Si Ngurah Ardhya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ayu Apsari Hadi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpss.v6i2.6070

Keywords:

Perlindungan Konsumen, Game Digital, UUPK, Refund, Sengketa Konsumen

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui dan menganalisis tanggung jawab pelaku usaha game memenuhi hak konsumen sebagaimana diatur dalam Pasal 4 huruf h Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, serta (2) perlindungan yang diberikan oleh Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen terhadap konsumen yang membeli games melalui aplikasi. Penelitian ini menggunakan metode hukum normatif dengan pendekatan deskriptif. Bahan hukum dikumpulkan melalui penelusuran norma hukum yang berlaku serta studi kepustakaan, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tanggung jawab pelaku usaha game digital mencakup kewajiban menjamin akses berkelanjutan, kesesuaian konten, keamanan data, serta pemberian kompensasi atas kerugian konsumen. Berdasarkan Pasal 4 huruf h Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999, pelaku usaha wajib memenuhi hak konsumen atas ganti rugi jika produk atau layanan tidak sesuai perjanjian, sehingga tercipta perlindungan hukum, keadilan kontraktual, dan keseimbangan dalam transaksi digital. Serta (2) Perlindungan hukum bagi konsumen yang membeli game melalui aplikasi diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999, yang menjamin hak atas informasi, keamanan, kenyamanan, serta kompensasi atas kerugian. Meskipun terdapat kesenjangan normatif dalam mengatur produk digital, UUPK tetap relevan dengan memberikan dasar perlindungan terhadap barang tidak berwujud, menegakkan asas transparansi, dan menjamin keadilan dalam transaksi digital berbasis teknologi.

 

References

Apriyanto, R., & Sari, D. (2024). Aspek Hukum Pembelian Game Digital di Era e-Commerce. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Diantha, I. M. P. (2017). Metodologi Penelitian Hukum Normatif dalam Justifikasi Teori Hukum. Jakarta: Kencana.

Djulaeka, S. H., & Devi Rahayu, S. H. (2020). Buku Ajar: Metode Penelitian Hukum. Scopindo Media Pustaka.

Kusumaningsih, S., Sutopo, J., & Nurlaeli, F. (2021). Buku panduan marketplace. Global Aksara Pers.

Ramdhani, T. (2024). Kesulitan Pembuktian Elektronik dalam Sengketa Konsumen Digital. Jakarta: Sinar Grafika.

Sunggono, B. (2015). Metodologi Penelitian Hukum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Artikel Jurnal

Ardiansyah, R., & Winanti, A. (2023). Transaksi Jual Beli Skins Game Steam Melalui Group Facebook Dalam Perspektif Hukum Kontrak. ACTA DIURNAL Jurnal Ilmu Hukum Kenotariatan, 6(2), 221-233.

Arfanza, P., & Hutabarat, S. M. D. (2023, November). Perlindungan Konsumen Atas Ketidaksesuaian Voucher Game Online Pada Itemku. In National Conference on Law Studies (NCOLS) (Vol. 5, No. 1, pp. 1095-1108).

Caesaryo, R. D., & Affandi, I. (2021). Perlindungan Hukum terhadap Pemain atas Pembelian Barang Virtual dalam Game Online Jenis Freemium di Indonesia. Jurnal Kertha Samaya, 9(5), 848-863.

Christian, Y. I., & Ahmad, M. J. (2023). Itikad Baik Dalam Klausula Baku Pada E-Commerce. SOSIALITA, 2(1), 144-154.

Gunawan, M. S. (2023). Analisis Keabsahan Dan Perlindungan Hukum Bagi Pembeli Perangkata Game Online Menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Universitas Islam Malang.

Hendra, R., & Wibowo, A. (2021). Model Kompensasi Konsumen pada Layanan Digital. Jurnal Hukum dan Teknologi, 8(1), 77–89.

Kadavi, A. (2024). PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEMAIN GAME ONLINE ATAS PEMBELIAN BARANG VIRTUAL DALAM GAME JENIS FREEMIUM MENURUT HUKUM DI INDONESIA (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).

Kurniawan, D. (2021). Server Reliability and Player Satisfaction in Online Gaming. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 15(2), 45–58.

Kusumawati, N., Hamid, A., & Jajuli, A. (2024). Pendidikan Kesehatan Berkelanjutan tentang Diabetes pada Media Sosial Online. Abdimas Universal, 6(2), 278-286.

Lubalu, L., Dewi, A. A. S. L., & Ujianti, N. M. P. (2022). Perlindungan Konsumen terhadap Pembelian Item Digital dalam Aplikasi Game Online di Indonesia. Jurnal Konstruksi Hukum, 3(1), 212-216.

Putra, R., & Rahman, M. (2022). Analisis Kebijakan DRM dalam Platform Distribusi Game Digital. Jurnal Hukum dan Konsumen, 7(1), 99–115.

Ramdhani, A. (2024). Perlindungan Hukum Penawaran Produk Online Dihubungkan Dengan Pasal 9 Undang Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Ridha, I., Maulana, R., Harahap, R. A., Safitri, R., Prayoga, R. A., Wirani, S., Ramadhan, S., Salim, S. A. P., Mahfudhoh, T., Syahputra, W., & Aulia, Y. (2024). ASPEK HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN DIGITAL. Civilia: Jurnal Kajian Hukum Dan Pendidikan Kewarganegaraan, 3(2).

Saragih, A. E., Bagaskara, M. F., & Mulyadi, M. (2023). Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Dalam Transaksi E-Commerce. Civilia: Jurnal Kajian Hukum dan Pendidikan Kewarganegaraan, 2(1), 145-155.

Sari, L., & Nugroho, T. (2022). Bukti Elektronik dalam Persidangan Konsumen. Jurnal Hukum dan Masyarakat, 7(3), 75–90.

Siregar, D. (2020). Batas Waktu Pengembalian Dana dalam UUPK. Jurnal Perlindungan Konsumen, 5(2), 112–120.

Suhardijo, O. (2023). PERLINDUNGAN KONSUMEN PENGGUNA GAME ONLINE TERHADAP SISTEM GACHA/MICROTRANSACTION YANG BERSIFAT PAY TO WIN. Jurnal Fatwa Hukum, 6(4).

Wijaya, E. (2021). Kebijakan Refund Digital: Studi Kasus Steam. Jurnal Ekonomi Digital, 3(4), 50–65.

Peraturan Perundang-Undangan

Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.

Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Lembar Negara Republik Indonesia Tahun 1999 Nomor 42, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3821).

Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2024 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, (Lembar Negara Republik Indonesia Tahun 2024 Nomor 1 Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 6905).

Downloads

Published

2025-09-01

How to Cite

Wedananta, P. R., Ardhya, S. N., & Hadi, I. G. A. A. (2025). ANALISIS YURIDIS PERLINDUNGAN KONSUMEN TERKAIT GAME YANG DI BELI MELALUI APLIKASI DI TINJAU DARI UNDANG-UNDANG NO 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Jurnal Pacta Sunt Servanda, 6(2), 173–187. https://doi.org/10.23887/jpss.v6i2.6070

Most read articles by the same author(s)