Evaluasi Pelaksanaan Program Magang Guru Produktif Bersertifikat Industri Pada SMK Pusat Keunggulan Di Kota Denpasar

  • I.G. Sudiarta Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.G.K.A. Sunu Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.W. Widiana Universitas Pendidikan Ganesha
Kata Kunci: evaluasi, magang guru produktif, CIPP

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas pelaksanaan program magang guru produktif bersertifikat industri pada SMK Pusat Keunggulan di Kota Denpasar dilihat dari variabel, yaitu: konteks, input, proses, produk. Kemudian evaluasi secara bersama-sama yang ditinjau dari konteks, input, proses, dan produk, serta kendala- kendala yang dihadapi dan solusinya terhadap pelaksanaan program magang guru produktif bersertifikat industri pada SMK Pusat Keunggulan di Kota Denpasar. Subjek dalam penelitian ini adalah 56 orang guru produktif yang telah melaksanakan program magang guru bersertifikat industri yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan kuantitatif menggunakan model CIPP (context, input, process, dan product). Data dikumpulkan dengan kuisioner, dokumentasi, dan wawancara dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Analisis data dilakukan dengan mengubah skor mentah kedalam skor Z (z-skor) dilanjutkan ke arah skor T kemudian di konversikan ke dalam kuadran Glickman. Hasil penelitian menunjukkan efektifitas pelaksanaan program magang guru produktif bersertifikat industri dari konteks diperoleh hasil efektif (+), efektifitas pelaksanaan program magang guru produktif bersertifikat industri ditinjau dari input diperoleh hasil efektif (+), efektifitas pelaksanaan program magang guru produktif bersertifikat industri ditinjau dari proses diperoleh hasil kurang efektif (-), efektifitas pelaksanaan program magang guru produktif bersertifikat industri ditinjau dari produk diperoleh hasil efektif (+). Secara keseluruhan evaluasi variabel context, input, process, dan product pada pelaksanaan program magang guru produktif bersertifikat industri pada SMK pusat keunggulan di kota denpasar tergolong efektif (+ + - +).

Referensi

Agung, A. A. G., & Koyan, I. W. (2020). Evaluasi Program Pendidikan. Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha.

Darmana. (2020). Evaluasi Penerapan Sistem Layon Sari (Layanan Online Satu Jari) Di Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Adiministrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 20–31. https://repo.undiksha.ac.id/4499/

Kemdikbud. (2020). Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 Dan Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2020-2024.

Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 36 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Pemagangan Di Dalam Negeri Pasal 5: Penyelenggara Pemagangan Harus Memiliki: Antara Lain Tenaga Pelatihan Dan Pembimbing Pemagangan, (2016).

Nanda, G., & Ningrum, T. A. (2019). Pengelolaan Magang Guru SMK Paket Keahlian Teknik Sepeda Motor Berbasis Kemitraan. INA-Rxiv, 2(1), 1–11. https://www.researchgate.net/publication/337809049_Pengelolaan_Magang_Guru_SMK_Paket_Keahlian_Teknik_Sepeda_Motor_Berbasis_Kemitraan

Nur Kholifatur, R. (2021). Evaluation of the Use of Public High School Digital Libraries in Buleleng Regency. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Undiksha, 13(1), 83–93. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ap/article/view/961

Sabon, Sili, S., Listiawati, N., & Relisa. (2020). Model Magang Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Smk. Jakarta: puslitjakdikbudkemdikbud.

Stufflebeam, D. L., & Zhang, G. (2017). The CIPP Evaluation Model How to Evaluate for Improvement and Accountability. The Guilford Press.

Sunardi, & Sudjimat, D. A. (2016). Magang Guru Untuk Meningkatkan Relevansi Kompetensi Profesional Guru Produktif SMK. Teknologi Dan Kejuruan, 39(2), 171–182. http://journal.um.ac.id/index.php/teknologi-kejuruan/article/view/7791

Sunu, I. G. K. A. (2015). Manajemen Kelas. Singaraja: Media Akademi.

Usep. (2017). Pengelolaan Magang Guru Produktif SMK Paket Keahlian Teknik Sepeda Motor Berbasis Kemitraan. Jurnal Administrasi Pendidikan STAIPI Garut, 21(1), 81–92. https://ejournal.upi.edu/index.php/JAPSPs/article/view/6527

Yunizar, A. (2021). Pelaksanaan Program Guru Magang Kerja Sama Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Palembang Dengan Pt.Semen Baturaja (Persero) Tbk. Angkatan I Tahun 2021. Jolma, Jurnal Online Laporan Magang, 1(1), 1–4. https://www.researchgate.net/publication/357418927_Pelaksanaan_Program_Guru_Magang_Kerja_Sama_Sekolah_Menengah_Kejuruan_Negeri_4_Palembang_Di_PTSemen_Baturaja_PerseroTbk_Angkatan_I_Tahun_2021

Yustiana, M. (2020). Pembinaan Untuk Mengoptimalkan Hasil Kegiatan Magang Guru Produktif SMK Negeri 3 Magelang Melalui Learning Community. Syntax Idea V, 2(1), 59–66. https://jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/127

Diterbitkan
2023-06-30
Bagian
Articles