PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA BERDASARKAN TIPE POLA ASUH ORANG TUA PADA SISWA KELAS V DITINJAU DARI EFIKASI DIRI STUDI KASUS PADA SD NEGERI DI GUGUS DR. SOETOMO DENPASAR SELATAN

Main Article Content

P.P.D. Laksmi
N.K. Widiartini
I.G. Sudirtha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa ditinjau dari efikasi diri siswa kelas V. Penelitian menggunakan pendekatan ex postfacto dengan studi komparasi. Populasi terdiri dari 132 peserta didik tersebar dalam 4 sekolah di Gugus Dr. Soetomo Kecamatan Denpasar Selatan. Data pola asuh orang tua dan efikasi diri dikumpulkan dengan angket menggunakan skala Likert dan data prestasi belajar matematika diambil dari pencatatan dokumen nilai semester I kelas V. Analisis data untuk uji hipotesis dilakukan dengan analisis kovarian satu jalur, pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian efikasi diri memiliki hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar matematika siswa. Hasil pengujian mengatakan bahwa 18,6% variasi prestasi belajar matematika ditentukan oleh efikasi diri siswa. Prestasi belajar matematika antara siswa yang mengalami pengasuhan pola pengasuhan authoritative lebih baik dibanding pola asuh authoritarian dan permissive. Prestasi belajar matematika antara siswa yang mengalami pola asuh orang tua authoritative lebih baik dari pada pola asuh authoritarian. Prestasi belajar matematika anak yang mengalami pola asuh authoritative lebih baik dari pola asuh permissive.

Article Details

Section
Articles

References

Apriani, I. D. (2020). Pengaruh Perfeksionisme Siswa dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 48. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4857
Bandura A. (1999). Self Efficacy; The Exercis of contorol.
Baumrind, D. (1966). Baumrind , D . ( 1966 ). Effects of authoritative parental control on child. Child Development, 37(1966), 887–907.
Baumrind, D. (1967). Diana Baumrind’s (1966) Prototypical Descriptions of 3 Parenting Styles. Psychology, 37(1966), 1967–1967.
Depdiknas. (2003). UU No. 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional.
Diah Fitasari, N. P., Suniasih, N. W., & Sastra Agustika, G. N. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhdap Hasil Belajar Matematika dengan Efikasi Diri Sebagai Intervening. International Journal of Elementary Education, 3(4), 404. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21313
Gloria A. Tangkeallo, Rijanto Purbojo, & Kartika S. Sitorus. (2014). Hubungan Antara Self-Efficacy Dengan Orientasi Masa Depan Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 10(Juni), 25–32.
Jannah, H. (2012). Perilaku Moral Pada Anak Usia Di Kecamatan Ampek. Bentuk Pola Asuh Orang Tua Dalam Menanamkan Perilaku Moral Pada Anak Usia Di Kecamatan Ampek Angkek, 1, 257–258.
Mulyadi, S. (2016). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Teori-Teori Baru dalam Psikologi. Rajawali Pers.
Oktarini, K., Suarjana, I. M., & Arini, N. W. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Percaya Diri dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2), 76. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19326
Rahmawati, F., Sudarma, I. K., & Sulastri, M. (2014). Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Kelas IV Semester Genap di Kecamatan Melaya-Jembrana. Jurnal: MIimbarPGSD Undiksha, 2(1), 1–11.
Santrock, J. W. (2007). No Title (B. Widyasinta (ed.); 2nd ed.). Erlangga.
Studi, P., Fakultas, P., & Universitas, K. (2016). Efikasi Diri: Tinjauan Teori Albert Bandura. Buletin Psikologi, 20(1–2), 18–25. https://doi.org/10.22146/bpsi.11945
Tam, C.-L., Chong, A., Kadirvelu, A., & Khoo, Y.-T. (2012). Parenting styles and self-efficacy of adolescents: Malaysian scenario. Global Journal of Human Social Sciences, 12(14), 19–25.
Widiartini, N. K., & Laksmi, P. P. D. (2020). The Effect of Parenting Style Authoritative on Self-Efficacy of Class V Students of Sd Gugus I Gusti Ngurah Rai Kecamatan Denpasar Selatan Academic Year …. Index. https://www.asian-efl-journal.com/wp-content/uploads/AEJ-GCTALE-Volume-3.pdf#page=82
Widiartini, N. K., & Laksmi, P. P. D. (2021). Development of Classroom Assessment Tests Based on Higher Order Thinking Skills (HOTS). Proceedings of the 5th Asian Education Symposium 2020 (AES 2020), 566(Aes 2020), 404–409. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210715.085
Wulanningtyas, M. E., & Ate, H. M. (2012). Pengaruh Percaya Diri Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 3(1), 83–110. https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/download/1095/671
Zimmerman, B. J., & Zimmerman, B. J. (2010). Becoming a Self-Regulated Learner : An Overview Becoming a Self-Regulated Learner : An Overview. Theory Into Practice, 5841(2002), 64–70. https://doi.org/10.1207/s15430421tip4102