PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KECERDASAN INTERPERSONAL DAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA PELAJARAN IPA TERINTEGRASI SEKOLAH DASAR

Main Article Content

I.G.A.R. Pratiwi
I.B. Putrayasa
I.N. Suastika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas pada instrumen penilaian kecerdasan interpersonal dan keterampilan sosial siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Validitas diukur menggunakan uji validitas ekspert dan uji validitas empirik.,sedangkan untuk validitas empirik menggunakan rumus Korelasi Product Moment. Reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach.  Instrumen penilaian kecerdasan interpersonal dan keterampilan sosial di uji kepada 60 siswa kelas V berupa angket kecerdasan interpersonal dan untuk instrumen keterampilan sosial di uji cobakan pada guru kelas V. Hasil penelitian: 1) Instrumen penilaian kecerdasan interpersonal dan keterampilan sosial memenuhi syarat validitas konstruk dengan nilai CVR 1.00 (sangat baik); 2) Instrumen penilaian kecerdasan interpersonal dan keterampilan sosial dengan nilai rhitung > rtabel sehingga semua butir pernyataannya valid; 3) Instrumen penilaian kecerdasan interpersonal dan keterampilan sosial memenuhi syarat reliabilitas dengan kategori sangat baik. Kesimpulan: instrumen penilaian kecerdasan interpersonal dan keterampilan sosial layak digunakan pada pembelajaran.

Article Details

Section
Articles

References

Armstrong, T., & Prabaningrum, D. W. (2013). Kecerdasan multipel di dalam kelas / Thomas Armstrong ; penerjemah, Dyah Widya Prabaningrum. Jakarta : Indeks. https://doi.org/CB-D.9 2013-5215/10687-2013
Djemari Mardapi, P. P. . (2008). Teknik penyusunan Instrumen tes dan nontes (M. P. Ari Setiawan (ed.)). ogyakarta : Parama Publisihing.
Herayanti, L., Fuaddunnazmi, M., & Habibi, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(3), 205–209. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i3.260
Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid- 19). Diakses 28 Maret 2020, dari https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/SE%20Menteri %20Nomor%204%20Tahun%202020%20cap.pdf.
Lawshe, C. H. (1975). a Quantitative Approach To Content Validity. Personnel Psychology, 28(4), 563–575. https://doi.org/10.1111/j.1744-6570.1975.tb01393.x
Maretayani, N. W., Dantes, N., & Lasmawan, I. W. (2020). Pengembangan Instrumen Kemampuan Membaca Pemahaman Dan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas Iv Sd. 4(2), 42–50.
Maryani, E. (2011). Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk Peningkatan Keterampilan Sosial. Bandung: Alfabeta, 9(1), 1–111. http://scholar.google.co.id/scholar?q=keterampilan+sosial++pembelajaran+++IPS&btnG=&hl=id&as_sdt=0%2C5#0
Sudijono. (2011). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan : Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&. Bandung : Alfabeta.
Suhada, I. (2017). Ilmu Sosial Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wilson, F. R., Pan, W., & Schumsky, D. A. (2012). Recalculation of the Critical Values for Lawshe’s Content Validity Ratio. Measurement and Evaluation in Counseling and Development, 45(3), 197–210. https://doi.org/10.1177/0748175612440286