ANALIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DITINJAU DARI GROWTH MINDSET, EFIKASI DIRI, DAN SELF-REGULATED LEARNING: SEBUAH ANALISIS JALUR

Main Article Content

A.A.G.A.K. Yudha
I.G.N. Pujawan
I.M. Sugiarta

Abstract

Berpikir kritis selain diperlukan dalam pemecahan masalah, dapat pula membantu seseorang dalam memilah dan menyaring berbagai informasi yang tersebar dengan sangat cepat di era digital. Sehingga berpikir kritis menjadi satu keahlian yang sangat penting di abad 21. Pentingnya pengembangan kemampuan berpikir kritis telah disampaikan oleh banyak ahli, akan tetapi upaya pengembangan kemampuan berpikir kritis selama ini belum memberikan hasil yang optimal. Beberapa penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih tergolong rendah. Kerterampilan berpikir kritis dapat dikembangkan melalui latihan pemecahan masalah. Sedangkan growth mindset dan efikasi diri dapat memengaruhi kinerja seseorang dalam memecahkan masalah. Beranjak dari permasalahan tersebut, penelitian ini dimaksudkan untuk mengeksplorasi pengaruh growth mindset dan efikasi diri pada kemampuan berpikir kritis melalui self-regulated learning. Penelitian ini menggunakan analisis jalur untuk menganalisis dampak langsung dan tidak langsung antar variabel dengan mengambil sampel sebesar 350 siswa. Data dari keempat variabel dikumpulkan melalui tes dan kuisioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil analisis data menunjukkan bahwa growth mindset memberi pengaruh langsung sebesar 37% pada kemampuan berpikir kritis dan 24% pada self-regulated learning. Efikasi diri juga memiliki dampak langsung yang signifikan pada kemampuan berpikir kritis (18%) dan self-regulated learning (53%). Dampak tidak langsung growth mindset pada kemampuan berpikir kritis melalui self-regulated learning adalah 6%, sementara efikasi diri memiliki dampak tidak langsung sebesar 13%. Penelitian ini menunjukan bahwa growth mindset dan efikasi diri memiliki dampak yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis secara langsung maupun tidak langsung. Semakin tinggi tingkat growth mindset dan efikasi diri siswa berdampak pada semakin tinggi pula regulasi diri dan kemampuan berpikir kritis siswa bersangkutan. Penelitian ini telah berhasil mengungkap fakta terkait pengaruh growth mindset dan efikasi diri terhadap kemampuan berpikir kritis, namun dalam penelitian ini peneliti hanya mengambil data apa adanya tanpa ada perlakuan khusus terhadap subjek, sehingga disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk mengkaji permasalahan ini dalam kerangka eksperimen.

Article Details

Section
Articles

References

Abduhalimovna, A. S., & Rahbar, I. (2022). Critical Thinking in Education. International Cenference on Educational Discoveries and Humanities, 1(3), pp. 179-183. Texas. Retrieved 03 04, 2023, from https://econferenceseries.com/index.php/icedh/article/view/480

Adinda, A., & Hamka. (2019). Critical Thinking Skills of Students From The Aspect of Strategy and Tactics in Solving Mathematics Problems. International Journal of Insights for Mathematics Teaching, 2(1), 47-56.

As'ari, A. R., Mahmudi, A., & Nuerlaelah, E. (2017). Our Prospective Mathematic Teacher Are Not Critical Thinkers Yet. Journal on Mathematics Education, 8(2), 145-156.

Bandura, A. (1977). Self-efficacy: Toward a Unifying Theory of Behavioral Change. Psuchological Review, 191-215.

Bandura, A. (1995). Self-Efficacy in Changing Societies. New York: Cambridge University Press.

Bandura, A. (1998). Self-Efficacy The Exercise of Control. New York: W. H. Freeman and Company.

Bay, B., & Wang, J. (2023). The Role of Growth Mindset, Self-Efficacy and Intrinsic Value in Self-Regulated Learning and English Language Learning Achievement. Language Teaching Research, 27(1), 207-228. doi:ps://doi.org/10.1177/1362168820933190

Blackwell, L. S., Trzesniewski, K. H., & Dweck, C. S. (2007, February). Theories of Intelligence Predict Achievement Across an Adolescent Transition: A Longitudinal Study and an Intervention. Child Development, 78, 246 - 263.

Cavanagh, A. J., Chen, X., Bathgate, M., Frederick, J., Hanauer, D. I., & Graham, M. J. (2018, March). Trust, Growth Mindset, and Student Commitment to Active Learning in a College Science Course. CBE-Life Science Education, 1-8. doi:10.1187/cbe.17-06-0107

Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Dehghani, M., Sani, H. J., Pkmehr, H., & Malekzadeh, A. (2011). Relationship between Students' Critical Thinking and Self-efficacy. Procedia Social and Behavioral Sciences, 15, 2952-2955.

Duron, R., Limbach, B., & Waugh, W. (2006). Critikal Thinking Framework For Any Discipline. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 17(2), 160-166.

Dweck, C. S. (2000). Self Theories. (M. Lubis, Trans.) New York: Routledge.

Dweck, C. S. (2017). Mindset Changing The Way You Think To Fulfil Your Potential. New York: Robinson.

Dweck, C. S., Walton, G. M., & Cohen, G. L. (2014). Academic Tenacity Mindset and Skills that Promote Long-Term Learning. Seattle: Bill & Melinda Gates Foundation.

Dwiyanti, C., Arnasik, S., & Srigustini, A. (2021). Pengaruh Efikasi Diri terhadap Kemampuan Metakognitif Melalui Self-Regulated Learning. Prospek, 2(1), 89-96.
Ennis, R. H. (1996). Critical Thinking Dispositions: Their Nature and Assesability. Informal Logic, 18(2 & 3), 165-182.

Facione, P. (2015). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Retrieved 2 28, 2023, from https://www.researchgate.net/publication/251303244_Critical_Thinking_What_It_Is_and_Why_It_Counts

Hidayati, D. W., & Kurniati, L. (2018). The Influence of Self Regulated Learning to Mathematics Critical Thinking Ability on 3D-Shapes Geometry Learning using Geogebra. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 40-48. doi:10.25273/jipm.v7i1.2965

Jiang, Y., Liu, H., Yao, Y., Li, Q., & Li, Y. (2023). The Positive Effects of Growth Mindset on Students’ Intention toward Self-Regulated Learning during the COVID-19 Pandemic: A PLS-SEM Approach. Sustainability, 15, 2180. doi:https://doi.org/10.3390/su15032180

Ningsih, S., & Dukalang, H. (2019). Penerapan Metode Suksesif Interval pada Analisis Regresi Linier Berganda. Jambura Journal of Mathematics, 1(1), 43-53.

Paunesku, D., Walton, G. M., Romero, C., Smith, E. N., Yeager, D. S., & Dweck, C. S. (2015, April 10). Mind-Set Interventions Are a Scalable Treatment for Academic Underachievement. Psychological Science, 1-10. doi:10.1177/0956797615571017

Rahmawati, E., & Alaydrus, F. M. (2021). Pengaruh Self-Regulated Learning Terhadap KEmampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Blended Learning. Al-Hikmah, 9(1), 122-129.

Redana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1). doi:https://doi.org/10.15294/jipk.v13i1.17824

Safrida, L. N., Ambarwati, R., Adawiyah, R., & Albirri, E. R. (2018). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. Edu-Mat Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 10-16.

Schunk, D. H. (2017). Handbook of Self-Regulation of Learning and Performance, 2nd Edition. New York: Routledge.

Suarjana, I., Lasmawan, I., & Gunamantha, I. (2020). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berfikir Kritis dan Sikap Peduli Lingkungan Tema 8 Peserta Didik Kelas IV SD. PENDASI, 4(2), 101-111.

Suciono, W. (2021). Berfikir Kritis (Tinjauan Melalui Kemandirian Belajar, Kemampuan Akademik dan Efikasi Diri). Indramayu: Penerbit Adad.

Sukma, Y., & Priatna, N. (2021). Pengaruh Self-Efficacy terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada. Soulmath, 9(1), 75-88. doi:http://dx.doi.org/10.25139/smj.v9i1.3461

Wang, D., Gan, L., & Wang, C. (2023). The effect of growth mindset on reasoning ability in Chinese adolescents and young adults: the moderating role of self-esteem. Current Psychology, 42, 553-559.

Wangid, M. N. (2013). Developing Students Character Through Self-Regulated Learning. International Seminar on Primary Education (ISPE) (pp. 216-223). Yogyakarta: Yogyakarta State University.

Winiari, L. P., Santyasa, I. W., & Suswandi, I. (2019). Pengaruh Model Self-Regulated Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Fisika Kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Tembuku. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 9(1), 24-33.

Wulandari, P. N., & Swandi, N. L. (2020). Pola Asuh Autoritatif dan Efikasi Diri pada Self-Regulated Learning Siswa Remaja. Intuisi, 210-220. doi:https://doi.org/10.15294/intuisi.v12i2.24654

Yan, V. X., Thai, K.-P., & Bjork, R. A. (2014). Habits and beliefs that guide self-regulated learning: Do they vary with mindset? Journal of Applied Research in Memory and Cognition, 2, 140-152. doi:https://doi.org/10.1016/j.jarmac.2014.04.003

Yeager, D. S., & Dweck, C. S. (2012). Mindsets That Promote Resilience: When Students Believe That Personal Characteristics Can Be Developed. Educational Psychologist, 302-314. doi:10.1080/00461520.2012.722805

Zaozah, E. S., Maulana, M., & Djuanda, D. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Problem-Based Learning (PBL). Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 781-790.

Zimmerman, B. J. (1990). Self-Regulated Learning and Academic Achievement: An Overview. Educational Psychologist, 3-17. doi: 10.1207/s15326985ep2501_2

Zimmerman, B. J. (2002, June). Becoming a Self-Regulated Learner: An Overview. Theory Into Practice, 41, 64-70. doi:DOI: 10.1207/s15430421tip4102_2

Zimmerman, B. J. (2008). Investigating Self-Regulation and Motivation: Historical Background, Methodological Developments, and Future Prospects. American Educational Research Journal, 45(1), 166-183. doi:10.3102/0002831207312909

Zimmerman, B. J. (2013). From Cognitive Modeling to Self-Regulation: A Social Cognitive Career Path. Educational Psychologist, 48(3), 135-147. doi:1 0. 1 08