PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS HOTS PADA MATERI PENGOLAHAN DATA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI UNTUK SISWA KELAS VI SD

Main Article Content

I.W. Puwardana
Sariyasa
I.N. Suastika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Instrumen Penilaian Berbasis HOTS pada Materi Pengolahan data dalam Kehidupan Sehari-hari yang valid, reliabel, objektiv, praktis, dan norma. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (research and development) model 4D yang dipelopori oleh Thiagarajan terdiri atas 4 tahap yaitu define, design, develop dan desimination. Akan tetapi tahap desimination tidak dapat dilakukan karena adanya pandemi Covid 19 yang berdampak pada kesehatan masyarakat dan siswa. Penelitian ini menghasilkan instrumen Penilaian berbasis HOTS dalam bentuk soal pilihan ganda. Instrumen tersebut kemudian divalidasi oleh tim ahli yang berasal dari 2 dosen ahli matematika dan 3 orang praktisi guru Kelas VI SD. instrumen selanjutnya diujicobakan pada 30 siswa. Berdasarkan hasil validasi ahli maka instrumen dinyatakan valid dengan kategori sangat baik. Validitas isi tes dianalisis menggunakan analisis CVR didapatkan hasil valid untuk semua soal. Hasil validitas butir dianalisis menggunakan rumus point biserial diperoleh rhitung > rtabel sehingga semua butir soal valid. Hasil uji reliabilitas tes diperoleh nilai sebesar 0,75 pada pengujian pertama dan 0,76 pada pengujian kedua. Hasil uji berada pada rentang 0,60 < r1.1 < 0,80 dengan kategori derajat reliabilitas yang “tinggi”. Berdasarkan hasil uji objektivitas, praktikalitas dan norma didapat hasil instrument tes adalah objektif, sangat praktis dan norma. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Instrumen berbasis HOTS yang dikembangkan valid, reliabel, Objektif, praktis, dan norma sehingga layak digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Article Details

Section
Articles

References

Candiasa, I Made. 2010. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Undiksha Press.
Hanifah, N. (2017). Persepsi Guru sekolah Dasar dalam mengembangkan Intrumen penilaian berbasis HOTS. Laporan Hasilan Penelitian UPI Kampus Sumedang. Tidak diterbitkan.
Harmurni, Lindri. 2019. Instrumen Penilaian dan Validasinya. Ponorogo. Uwais Inspirasi Indonesia. Hal. 16.
Hidayati, Arini Ulfah. 2017. Melatih Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pembelajaran Matematika pada siswa Sekolah Dasar. Yogyakarta. Jurnal
Janah, Siti Riyadhotul dkk. 2019. Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. Universitas Negeri Semarang. Proseding Seminar Nasional Matematika. ISSN 2613-9189. Open Acces : ttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29305/12924
Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Volume 4 Nomor 2 Oktober 2017, p-ISSN 2355-1925, e-ISSN 2580-8915 https: // edukasi. kompas.com /read/2019/12/04/13002801/ skor-pisa-terbaru- indonesia-ini-5-pr-besar-pendidikan-pada-era-nadiem-makarim (diakses Tanggal 5 Februari 2021)
Koyan. 2012. Statistik Pendidikan teknik analisis data kuantitaif. Singaraja: UNDIKSHA.
Lawshe, C. H. (1975). A quantitative approach to content validity. Jurnal Personnel psychology, Vol 28, No. 4.
Masitoh, Lisda Fitriana, dan Weni Gurita Aedi. 2020. Pengembangan instrumen asesmen Higher order thinking skills (HOTS) matematika Di SMP kelas VII. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 04, No. 02, November 2020, pp. 886-897. E-ISSN : 2579-9258. P-ISSN : 2614-3038
Mirawati. (2017). Matematika Kreatif: Pembelajaran Matematika Bagi Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Yang Menyenangkan Dan Bermakna. 3.
Ndiung, Sabina dan Mariana Jediut. 2020. Pengembangan Instrumen Tes Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar Berbasis pada Berpikir Tingkat Tinggi. Premiere Education : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. Volume 10 (1) 94 – 111 Juni 2020 ISSN 2528-5173 Doi : 10.25273.
Prasetyo, Eko. 2015. Ternyata Penelitian Itu Mudah. Lumajang. Edunomi. Hal. 42
Poerwanti, Jeni Indrastoeti Siti dan Tribudhiarto. 2020. Pelatihan Merancang Instrumen Higher Order Thinking Skills pada Guru-guru SD di Kecamatan Laweyan Surakarta. Surakarta. Jurnal Widya Laksana Vol. 9 No. 1 Januari 2020. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPKM/article/view/16660/15314
Rusdianto, Andy. 2020. Pengembangan instrumen penilaian berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pelajaran matematika kelas IV Sekolah Dasar. JP3D (Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar). Vol. 3 No. 1, 2020. ISSN (print): 2654-2870; ISSN (online) 2686-5483 Available online at https://ejournal.unib.ac.id/index.php/dikdas/index; doi: http://dx.doi.org/10.33369/
Sani, Akhmad Hasan. 2015. Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik Dan Kaitannya Dengan Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY. ISBN. 978-602-73403-0-5.
Riduwan. 2004. Belajar Mudah untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung. Alfabeta.

Saraswati, Putu Manik Sugiari & Gusti Ngurah Sastra Agustika. 2020. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTSS Mata Pelajaran Matematika. Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Volume 4, Number 2, 2020 pp. 257-269. P-ISSN: 2579-3276 E-ISSN : 2549-6174 Open Access: ttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/index

Sarmadan dan La Alu. 2019. Bahasa Indonesia dan Karya Tulis Ilmiah. Yogyakarta. Depublish (Grup Percetakan CV. Budi Utama). Hal. 75.
Sofyan, Fuaddilah Ali. 2019. Implementasi HOTS pada Kurikulum 2013. UIN Raden Patah Palembang. Jurnal Inventa Vol. 3 No. 1 Maret 2019. ISSN : 2598-6244. P-ISSN : 2622-819X. Open Acces : http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_inventa/article/view/1803
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: ALFABETA.
Sumardjan. 2017. Desain Pembelajaran MTK SD Menyenangkan. Semarang. Formaci Pres. Hal. 14.
Susilawati, Dewi. 2018. Tes dan Pengukuran. Sumedang. UPI Sumedang Press.
Thiagarajan.(1974) Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children A sourcebook. Indiana University, Bloomington: Indiana.
Wicaksono, Anggit Grahito dan Jumanto. (2019). Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) bagi Guru Sekolah Dasar. Universitas Slamet Riyadi. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Volume 3, No. 2, November 2019. Open Acces : http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/adiwidya/article/view/3352

Widjono Hs. 2007. Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Keperibadian di Perguruan Tinggi. Jakarta. PT. Grasindo. Hal. 209.
Yuliandini, Nurul dkk. 2019. Pengembangan Soal Tes Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Taksonomi Bloom Revisi di Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 6 No. 1 (2019) 37-46. Open Acces : https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/12563