PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 4 SINGARAJA PADA MATA PELAJARAN PPKN

Authors

  • I Dewa Ayu Indah Maharani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nengah Suastika Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Ketut Santya Isana Pertiwi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/gancej.v7i1.5008

Keywords:

Project Based Learning, Hasil Belajar Siswa, Pendidikan Kewarganegaraan

Abstract

Penelitialn inli bertuljuan untulk meningkatkan halsil belaljar silswa kelalls VIII Hatta SMP Negerli 4 Singaraja melallui Model Pembelajaran Project Based Learning dalam pembelajaran PPKn. Metode yalng dilgunakan pada penelitian ini adalah penelitialn tindalkan kelals (PTlK) yalng dilalkukan dallam dula tindakan. Sulbjek penelitialn ini adallah 32 silswa kelas VIII Hatta SMlP Negerli 4 Singaraja. Hlasil belaljar silswa dinillai pada ketiga ralnah yaitu, pengetahuan (kognlitif), sikap (afekltif), daln keterampilaln. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan mengevaluasi hasil belajar siswa pada ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan. Data dianalisis secara deskriptif (kualitatif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam dua kali siklus tindakan telah terjadi peningkatan hasil belajar secara signifikan dari ketiga ranah yakni, pengetahuan, sikap dan keterampilan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn.

Downloads

Published

18-04-2025

How to Cite

Maharani, I. D. A. I., Suastika, I. N., & Pertiwi, N. K. S. I. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 4 SINGARAJA PADA MATA PELAJARAN PPKN. Ganesha Civic Education Journal, 7(1), 70–76. https://doi.org/10.23887/gancej.v7i1.5008

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.