PENGARUH ASESMEN OTENTIK TERHADAP HASIL BELAJAR TATA RIAS WAJAH CIKATRI DENGAN PENGENDALIAN BAKAT ABSTRAKSI

Main Article Content

N.K.L. Wiartini
M. Candiasa
N.K. Widiartini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh asesmen otentik terhadap hasil belajar tata rias wajah cikatri sebelum dan sesudah pengendalian pengaruh bakat abstraksi. Penelitian eksperimen ini menggunakan post-test only control group design dengan populasi siswa kelas kelas XI Tata Kecantikan SMK Negeri 3 Denpasar yang terdiri dari dua rombongan belajar. Penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh.Data dikumpulkan dengan tes dan dianalisis menggunakan analisis kovarian satu jalur. Hasil analisis  menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar tata rias wajah cikatri antara siswa yang mengikuti pelajaran menggunakan asesmen otentik asesmen konvensional dengan FHitung = 9,128 dan signifikansi (p) = 0,004 (p < 0,05); (2) terdapat perbedaan hasil belajar tata rias wajah cikatri antara siswa yang mengikuti pelajaran menggunakan asesmen otentik dengan asesmen konvensional, setelah diadakan pengendalian pengaruh variabel bakat abstraksi siswa dengan Fhitung = 14,560 dan signifikansi (p) = 0,000 (p < 0,05); dan (3) terdapat kontribusil yang positif dan signifikan antara bakat abstraksi siswa dengan hasil belajar tata rias wajah cikatri sebesar 28,40 %. Berdasarkan temuan-temuan disimpulkan bahwa asesmen otentik berpengaruh terhadap hasil belajar tata kecantikan baik sebelum maupun sesudah variabel bakat abstraksi siswa dikendalikan.

Article Details

Section
Articles

References

Agung, A., Raka, G., Suarni, N. K., & Candiasa, I. M. (2013). Terhadap Hasil Belajar Matematika Dengan Kovariabel Motivasi Berprestasi ( Eksperimen Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Gianyar ) E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–12.
Arikunto, S. (1993). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Campbell D.T., S. J. . (1963). Experimental And Quasi Experimental Design For Research. Rand Mc Nally College Publishing Company.
Candiasa, I. M. (2010). Statistik Univariat Dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Undiksha.
Crow, A. & Crow, L. (1989). Psycologi Pendidikan. Nur Cahya.
Depdiknas. (2003). Draft Kurikukulum SMK 2004: Buku I,II, III. Ditjen Dikdasmen, Dit. Dikmenjur.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Standar Nasional Pendidikan, (2013).
Gregory, R. . (2000). Psychological Testing: History, Principles, And Applications. Allyn And Bacon.
Guilford. (1959). Psychometric Methods. Mcgraw Hill Book.
Made, N., Anggreni, D., Dantes, N., & Candiasa, M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Master Dan Asesmen Autentik Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Payangan. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(2).
Sunarto. (2008). Perkembangan Peserta Didik. PT. Rineke Cipta.
Suryabrata, S. (1995). Metode Penelitian. PT. Grafindo Persada.