PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA SIMULASI PHET DENGAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA

Main Article Content

N.N. Ernawati
I.G. Sudirtha
N.M.S. Mertasari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pemanfaatan media simulasi PhET (Physics Education Technology) dengan Blended Learning terhadap hasil belajar Fisika ditinjau dari kemampuan awal siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah 434 siswa Kelas XI di SMAN 7 Denpasar tahun ajaran 2021/2022. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling, yang mengambil empat kelas secara acak sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini merupakan eksperimen semu menggunakan desain treatment by level 2 x 2 dengan posttest only control group. Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan tes kemampuan awal dan tes hasil belajar yang masing-masing terdiri dari 25 soal pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan uji Anava dua jalur menggunakan aplikasi SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa (1) Terdapat perbedaan hasil belajar Fisika antara siswa yang mengikuti pembelajaran blended learning dengan media simulasi PhET dan siswa yang mengikuti pembelajaran blended learning dengan media konvensional 0,009 < 0,05 (2) Terdapat pengaruh interaksi antara pembelajaran blended learning dengan media pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar Fisika ditunjukkan oleh harga signifikansi 0,000 < 0,05. (3) Pada siswa berkemampuan awal tinggi, hasil belajar Fisika yang mengikuti pembelajaran blended learning dengan media simulasi PhET lebih baik dibandingkan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan media konvensional ditunjukkan oleh harga signifikansi 0,000 < 0,05 (4) Pada siswa berkemampuan awal rendah, hasil belajar Fisika yang mengikuti pembelajaran blended learning dengan media simulasi PhET lebih rendah dibandingkan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan media konvensional  ditunjukkan oleh perolehan harga signifikansi 0,014 < 0,05.

Article Details

Section
Articles

References

Adesoji, Francis A. 2008. “Students’ Ability Levels and Effectiveness of Problem-Solving Instructional Strategy.” Journal of Social Sciences 17(1):5–8.
Asriyadin, Ice Puspitasari, and Endang Susilawati. 2018. “Pengaruh Penggunaan Software Phet Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 1 Palibelo Tahun Ajaran 2017/2018.” Jurnal Pendidikan Mipa 8(1):29–38.
Astuti, Siwi Puji. 2015. “Pengaruh Kemampuan Awal Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 5(1):68–75.
Herawati, Rosita Fitri, Sri Mulyani, and Tri Redjeki. 2013. “Pembelajaran Kimia Berbasis Multiple Representasi Ditinjau Dari Kemampuan Awal Terhadap Prestasi Belajar Laju Reaksi Siswa SMA Negeri I Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012.” Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) 2(2):38–43.
Insani, Shofi Nurul, Andik Purwanto, Eko Risdianto, Jl W. R. Supratman, Kandang Limun, Kec Muara, and Bangka Hulu. 2021. “Jurnal Pendidikan Fisika COVID-19 PANDEMIC.” 10:104–11.
Juniartini, Ni Wayan, M. P. Dr. A. A.Istri Agung Rai Sudiatmika, and M. Si Drs. Rai Sujanem. 2017. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PERUBAHAN KONSEPTUAL BERBANTUAN SIMULASI PhET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA.” Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha 7(2):109–19.
Masita, Siti Ita, Pujianti Bejahida Donuata, Agustinus A. Ete, and Muhamad Epi Rusdin. 2020. “Penggunaan Phet Simulation Dalam Meningkatan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik.” Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika 5(2):136.
Purwaningrum, Dewi, and Sumardi Sumardi. 2016. “Efek Strategi Pembelajaran Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas XI IPS.” Manajemen Pendidikan 11(2):155.
Rahmadani, Nur, Sri Wardhani, and Astrid Sri Wahyuni Sumah. 2022. “Hubungan Kemampuan Awal, Pemahaman Konsep, Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Di SMAN Sumatera Selatan.” Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi 11(1):1–9.
Sari, Annisa Ratna. 2013. “Strategi Blended Learning Untuk Peningkatan Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Critical Thinking Mahasiswa Di Era Digital.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 11(2):32–43.
Sudirtha, I. Gede, I. Wayan Widiana, Komang Setemen, Ni Wayan Sukerti, Ni Ketut Widiartini, and Nyoman Santiyadnya. 2022. “The Impact of Blended Learning Assisted with Self-Assessment toward Learner Autonomy and Creative Thinking Skills.” International Journal of Emerging Technologies in Learning 17(6):163–80.
Sumiyati, Sumiyati, Ana Fitrotun Nisa, Muammar Muammar, Mariana Sri Rahayu, Yuli Astuti, and Purwati Purwati. 2021. “Pengaruh Model Belajar Blended Learning Menggunakan Phet Simulation Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar.” El Midad 13(2):66–75.