IMPLEMENTASI RANCANGAN ASESMEN PORTOFOLIO PADA MATA PELAJARAN KEBUTUHAN DASAR MANUSIA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah mengimplementasikan rancangan asesmen portofolio pada mata pelajaran Kebutuhan Dasar Manusia di SMK Kesehatan Surya Medika Singaraja. Subyek perancangan pada penelitian ini adalah guru mata pelajaran Kebutuhan Dasar Manusia berjumlah 2 (dua) orang guru yang diimplementasikan kepada 24 (dua puluh empat) orang siswa di kelas XI Keperawatan. Penelitian ini dirancang dalam wujud penelitian dan pengembangan ( Research and Development) dengan model 4-D. Analisis data dilakukan melalui tahapan: analisis kebutuhan diperoleh informasi semua kompetensi dasar yang terdapat pada mata pelajaran Kebutuhan Dasar Manusia di semester I membutuhkan asesmen portofolio serta bentuk dari asesmen portofolio, menganalisis silabus mata pelajaran Kebutuhan Dasar Manusia sesuai dengan bentuk asesmen portofolio, membuat kisi-kisi instrument yang terdiri dari 7 (tujuh) butir, melakukan uji validitas isi semua butir yang hasilnya dinyatakan valid, hasil uji validitas isi yang dianalisis menggunakan formula Gregory diperoleh validitas hitung sebesar 1,00, sedangkan data uji coba validitas empiris dianalisis menggunakan formula korelasi Product Moment sehingga diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,7577. Berdasarkan analisis tersebut diinterpretasikan bahwa instrument memiliki nilai koefisien korelasi antara variabel X1 dan variabel X2. Dua variabel dikorelasikan bergerak antara 0,600 sampai dengan 0,800 sehingga dapat disimpulkan instrument yang sudah dirancang memiliki kategori tinggi.
Rincian Artikel
Referensi
Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto. S. 1990. Manajemen Penelitian. Jakarta: Bina Aksara
Arikunto, S dan Cepi S.A.J 2007. Evaluasi Program Pendidikan. Pedoman Teoritis dan Praktik. Jkt: Rineka Cipta
Borg, W.R dan Gall, M.D. 1983, Educational Research and Intruduction. New York: Longma
Budumansyah, D. (2002). Model Pembelajaran dan Penilaian Berbasis Portofolio. Bandung: PT Ganesindo
Dantes, 2012. Metoda Penelitian. Yogyakarta: Andi Yogyakarta
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian.Singaraja:
Program Pasca Sarja Universitas Ganesha
Depdiknas . 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta
Depdiknas, 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Fajar, A.2005. Portofolio Dalam Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Hadi, S.2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Hamalik, O. 2001. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Hamzah, B.U.2012. Assesment Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Lise, Chamisijatin dkk. Pengembangan Kurikulum (Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Departemen Pendidikan Nasional 2008)
Marhaeni, A.A.I.N. 20013. Portofolio Dalam Pembelajaran. Suatu Pendekatan Asesmen Berbasis Kompetensi (Makalah). Singaraja: IKIP Negeri Singaraja
Marhaeni, A.A.I.N. 2013. Asesmen Portofolio Dalam Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Bahan Pelatihan Bagi Guru-Guru Kabupaten Badung Dan Kota denpasar Pada Kegiatan Pengabdian Masyarakat Program Pasca Sarjana Undiksha. Singaraja
Marhaeni, A.A.I.N. 2005. Pengaruh Asesmen Portofolio dan Motivasi Berprestasi Dalam Belajar Bahasa Inggris Terhadap Kemampuan Menulis Dalam Bahasa Inggris. Desertasi, Universitas Negeri Jakarta. Diunduh 25 Januari 2015.
Moya,SS. & O’Malley, J.M 1994. A Portofolio Model For ESL; The Jurnal Of Education
Rahmat T, dkk. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Santayasa, T.W. 2004. Pengantar Asesmen Dalam Portofolio. Singaraja: Fakultas Pendidikan MIPA IKIP Singaraja.
Sanjaya, H.2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Teori dan Praktik Pengembangan KTSP. Jkt: Kencana Pers
Surapranata, S & Hatta, M. 2004. Penilaian Portofolio Implementasi Kurikulum. 2004. Bandung: PT. Remaja
Selvia , J. & J.E Ysseldike, 1996. Asesmen. New Jersey: Houghto Miffin Compani
Undiksha. 2011. Pedoman Penulisan Tesis. Singaraja: Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha
Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Yamin, H.M.2007. Profesi Analisasi Guru&Implementasi KTSP Dilengkapi UU No.19 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jkt: Gudang Persada Pers