PENGARUH KONSEP DIRI, POLA ASUH ORANG TUA, DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Isi Artikel Utama

S.P. Dewi
N.M.S. Mertasari
K. Setemen

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh konsep diri, pola asuh orang tua, dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan analisis data menggunakan analisis jalur. Penelitian dilakukan terhadap 199 siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Denpasar yang diambil dengan teknik slovin. Pengambilan data dilakukan dengan teknik tes dan kuisioner. Beberapa temuan hasil penelitian: (1) koefisien jalur pengaruh konsep diri terhadap motivasi berprestasi sebesar 0,530. (2) koefisien jalur pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi berprestasi sebesar 0,423. (3) koefisien jalur pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika sebesar 0,555. (4) koefisien jalur pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar matematika sebesar 0,144. (5) koefisien jalur pengaruh langsung pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar matematika sebesar 0,166. (6) koefisien jalur pengaruh tidak langsung konsep diri terhadap prestasi belajar matematika melalui motivasi berprestasi sebesar 0,294. (7) koefisien jalur pengaruh tidak langsung pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar matematika  melalui motivasi berprestasi sebesar 0,235.Berdasarkan temuan tersebut dapat ditarik simpulan (1) terdapat pengaruh konsep diri terhadap motivasi berprestasi. (2) terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi berprestasi. (3) terdapat pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika. (4) terdapat pengaruh langsung konsep diri terhadap prestasi belajar matematika. (5) terdapat pengaruh langsung pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar matematika. (6) terdapat pengaruh tidak langsung konsep diri terhadap prestasi belajar matematika melalui motivasi berprestasi. (7) terdapat pengaruh tidak langsung pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar matematika melalui motivasi beprestasi.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Afni, N., & Jumahir. (2020). Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak. Musawa: Journal for Gender Studies, 12(1), 108–139. https://doi.org/10.24239/msw.v12i1.591
Apriyanto, M. T., & Herlina, L. (2020). Analisis Prestasi Belajar Matematika pada Masa Pandemi Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika, 6, 135–144. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4774
Bangung, P., Hariani, L. S., & Walipah, W. (2020). Motivasi Berprestasi: Konsep Diri, Kecerdasan Emosional dan Efikasi Diri. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 5(1), 24–31. https://doi.org/10.21067/jrpe.v5i1.4340
Ginanjar, A. Y. (2019). Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika Dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 121–129. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/822
Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 905–910. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29305
Nur, A. S., & Massang, B. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Konsep Diri, Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Ix Smp Negeri Di Kota Merauke. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 89. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i2.2067
Shidik, M. A. (2020). Pengaruh Konsep Diri dan Motivasi Beprestasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 8(2), 553–569. https://doi.org/https://doi.org/10.36052/andragogi.v8i2.177
Srirahmawati, I. (2017). Hubungan Pengasuhan Orangtua dan Konsep Diri dengan Motivasi Berprestasi Siswa SDN di Kecamatan Wera Kabupaten Bima. In Universitas Negeri Makassar. http://eprints.unm.ac.id/12962/
Sugiyanto. (2012). Pentingnya motivasi berprestasi dalam mencapai keberhasilan akademik siswa. In Universitas Negeri Yogyakarta. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132319838/penelitian/pentingnya-motivasi-berprestasi-dalam-mencapai-keberhasilan-akademik-siswa.pdf
Sukardi, H. . (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya (R. Damayanti (ed.)). Bumi Aksara.
Tuslina, T. (2015). Peranan Ilmu Pengetahuan Alam Dan Teknologi Dalam Memenuhi Kebutuhan Kehidupan Manusia. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/tanamilmu/55107aed813311d438bc675b/peranan-ilmu-pengetahuan-alam-dan-teknologi-dalam-memenuhi-kebutuhan-kehidupan-manusia