EVALUASI PELAKSANAAN TEACHING FACTORY

Isi Artikel Utama

P.B.P. Aryana
N.K. Widiartini
N.M.S. Mertasari

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesesuaian teaching factory di SMKN 1 Seririt dengan aspek context, input, process, dan product. Responden dalam penelitian ini terdiri dari guru dan siswa yang terlibat dalam pelaksanaan teaching factory. Data dikumpulkan melalui angket yang melibatkan  penilaian terhadap indikator-indikator yang relevan dengan masing-masing aspek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden guru menganggap teaching factory sangat sesuai dengan nilai pencapaian kualitas yang signifikan. Sementara itu, responden siswa juga menganggap teaching factory sesuai, meskipun dengan nilai pencapaian kualitas yang sedikit lebih rendah. Hasil penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa aspek yang masih perlu diperhatikan, seperti kesesuaian pelaksanaan teaching factory dengan tuntutan dan kondisi masyarakat, faktor penunjang dan sarana ruang produksi, pengaturan waktu pelaksanaan, serta kegiatan Quality Control (QC). Dalam meningkatkan kesesuaian teaching factory, disarankan untuk memperkuat pemahaman tentang kebutuhan industri dan pasar kerja lokal, memperhatikan faktor penunjang dan sarana produksi, meningkatkan kegiatan QC yang sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), serta melakukan pembaruan dan kerja sama yang erat dengan industri dan pemangku kepentingan terkait. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi SMKN 1 Seririt dalam meningkatkan kualitas dan kesesuaian teaching factory. Hasil penelitian ini dapat menjadi dasar untuk mengembangkan strategi dan program yang lebih efektif dalam mempersiapkan siswa untuk dunia kerja di industri.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Aulia, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 24-30. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099

Direktorat PSMK. (2020). Roadmap pengembangan SMK 2020-2025. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Darodjat, T. A. (2015). Konsep-konsep Dasar Manajemen Personalia. Surabaya: Refika Aditama.

F. Syauqi. (2018). Efektivitas Penyelenggaraan Pembelajaran Schedjule Blok Pada Jurusan Elektronika Di SMK Negeri 1 Kota Magelang Tahun Ajaran 2017/2018. Universitas Negeri Yogyakarta.

Fajaryati Nuryake. (2015). Evaluasi Pelaksanaan Teaching Factory SMK di Surakarta. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. FT UNY, 2, 325–337. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i3.1040

Fuadi, A., Diklat, B., Sukamandi, A., Kelautan, K., Perikanan, D., Raya, J., Ciasem, S., & Barat, J. (2016). Evaluasi Program Pembelajaran Teaching Factory Di Sekolah Usaha Perikanan Menengah. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 30(2), 113-124. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pip/article/view/2659/2018

Hasanah, H., & Purnamawati, P. 2017. "Kesiapan Unit Produksi Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Teaching Factory Di Sekolah Menengah Kejuruan Kota Makassar" dalam Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar, 573-578. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/4101

L. Syukroni. (2019). Pelaksanaan Teaching Factory di Program Keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti SMK N 1 Magelang. Universitas Negeri Yogyakarta.

Mavrikios, D., Georgoulias, K., & Chryssolouris, G. (2019). The Teaching Factory Network: A new collaborative paradigm for manufacturing education. Procedia Manufacturing, 31, 398–403. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2019.03.062

Mourtzis, D., Vlachou, E., Dimitrakopoulos, G., & Zogopoulos, V. (2018). CyberPhysical Systems and Education 4.0 -The Teaching Factory 4.0 Concept. Procedia Manufacturing, 23(2017), 129–134. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2018.04.005

Muyasaroh, S. (2014). Pengembangan Instrumen Evaluasi Cipppadaprogram Pembelajaran Tahfizal-Qur’an Di Pondok Pesantren. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 18(2) 215-233. https://doi.org/10.21831/pep.v18i2.2862

Rukmana, A. R., Rahmawati, A., Murni, J. S., & Adzani, V. H. (2021). Evaluasi Program Bantuan Pelaksanaan Teaching Factory di SMK Jakarta Pusat 1. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 959. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.959-966.2021

Stufflebeam, D. L., & Coryn, C. (2014). Evaluation: Theory, Models, & Application (Second Edition). San Francisco: Jossey-Bass.

Sudiyanto, S., Sampurno, Y. G., & Siswanto, I. (2017). Teaching Factory di SMK ST. Mikael Surakarta. TAMAN VOKASI, 1(1). https://doi.org/10.30738/jtv.v1i1.134

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Supriatna, A. (2013). Rancangan Model Evaluasi Implementasi Standar Mutu Pendidikan Menggunakan Model Cipp (Context, Input, Procces, Product)(Study Kasus Di Smk Negeri 1 Kota Cimahi). Unpas.

Tseng, K.-H. (2010). Using the Context, Input, Process and Product model to assess an engineering curriculum. Jurnal World Transactions on Engineering and Technology Education, 3. http://www.wiete.com.au/journals/WTE&TE/Pages/Vol.8,%20No.3%20%282010%29/2-02-Tseng.pdf