PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN BENTUK ASESMEN FORMATIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Isi Artikel Utama

I.W. Sucipta
I.M. Candiasa
I.G. Sudirtha

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan bentuk asesmen formatif yang berbeda terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu posttes saja dengan kelompok kontrol non-ekuivalen. Populasi penelitian terdiri dari 161 siswa kelas XII SMAN 1 Petang pada tahun pelajaran 2022/2023, yang terbagi dalam 5 kelas. Metode pemilihan acak digunakan untuk memilih sampel sebanyak 4 kelas. Kemampuan berpikir kritis dalam fisika diukur melalui tes dan dianalisis menggunakan ANOVA dua jalur, diikuti uji Beda Nyata Terkecil (LSD). Temuan penelitian adalah sebagai berikut: 1) Terdapat perbedaan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis masalah dibandingkan dengan yang menerima pembelajaran konvensional. 2) Variasi ditemukan dalam kemampuan berpikir kritis siswa yang dievaluasi dengan asesmen formatif dalam bentuk terbuka dan objektif. 3) Terdapat efek interaksi antara model pembelajaran dan bentuk asesmen formatif yang berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. 4) Di antara siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis masalah dan mendapatkan asesmen formatif dalam bentuk terbuka, kemampuan berpikir kritis mereka lebih unggul dibanding rekan-rekan mereka yang menerima pembelajaran konvensional. Sebaliknya, dalam konteks asesmen formatif berbentuk objektif, siswa yang belajar dengan pendekatan berbasis masalah menunjukkan kemampuan berpikir kritis yang lebih lemah dibanding siswa dalam pembelajaran tradisional. 5) Siswa dalam pembelajaran berbasis masalah, ketika dinilai melalui evaluasi formatif berbentuk terbuka, memiliki kemampuan berpikir kritis yang lebih baik dibanding yang dinilai melalui asesmen formatif berbentuk objektif. Namun, dalam pembelajaran konvensional, siswa yang dinilai melalui evaluasi formatif berbentuk terbuka menunjukkan kemampuan berpikir kritis yang lebih rendah dibanding yang dinilai melalui asesmen formatif berbentuk objektif.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Amin, S., Utaya, S., Bachri, S., dan Susilo, S. (2020). Effect of Problem-Based Learning on Critical Thinking Skills And Environmental Attitude. Journal for the Education of Gifted. 8(2),743–755. http://repository.uin-malang.ac.id/6350/1/jegys.pdf

Arikunto, S. (2011). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. PT. Bumi Aksara.

Barrows. (1996). Problem-based learning in medicine and beyond: A brief overview. New Directions for Teaching and Learning. San Francisco: Jossey-Bass Publisher.

Brown-Martin, G. (2017). Education and the fourth industrial revolution.

Bruce W. Tuckman, & Harper, B. E. (1992). Conducting Educational Research. Rowman & Littlefield Publishers, Inc.

Campbell, H. B. (2001). Developmental Continuums. Christopher Gordon.

Candiasa, I. M. (2004). Statistik Multivariat Dilengkapi Aplikasi dengan SPSS. Unit Penerbitan IKIP Negeri Singaraja.

Cicmanec, K. M. (2009). Measuring Up: What Educational Testing Really Tells Us by Koretz, D. . Journal of Educational Measurement, 46(3), 363–366. https://doi.org/10.1111/j.1745-3984.2009.00086_1.x

Divayana, D. G. H., Ariawan, I. P. W., Adiarta, A., Parmiti, D. P., Sanjaya, D. B., Kertih, I. W., & Wibawa, S. C. (2018). Design of Countenance Evaluation Model Based on ANEKA-Tri Hita Karana in Computer Learning for Vocational Students of Information Technology in Bali. Journal of Physics: Conference Series, 1108(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1108/1/012003

Elabbar, D. A. A. (2018). Contextualizing the First Two Years of the Libyan Education Reform Proposed Strategies (2020-2026): Targeted Candidates and Reflective Activities. American Journal of Educational Research, 6(6), 664–672. https://doi.org/10.12691/education-6-6-13

Ennis, R. H. (2013). The nature of critical thinking: Outlines of general critical thinking dispositions and abilities. http://criticalthinking.net/wp-content/uploads/2018/01/The-Nature-of-Critical-Thinking.pdf

Gholami, H. (2016). Self Assessment and Learner Autonomy. Theory and Practice in Language Studies, 6(1), 46-51. https://doi.org/10.17507/tpls.0601.06

Iskandar, A., & Rizal, M. (2018). Analisis kualitas soal di perguruan tinggi berbasis aplikasi TAP. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 12–23. https://doi.org/10.21831/pep.v22i1.15609

Kemendikbud Republik Indonesia. (2020). Model penilaian formatif. 64.

Kerlinger, F. N. (2000). Asas-asas penelitian behavioral. Gadjah Mada University Press.

Moestofa. M. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Pada Standar kompentensi Memperbaiki Radio Penerimaan Di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 255–261. https://doi.org/10.26740/jpte.v2n1.p%25p

Nurochman. R & Diniya. (2022). Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan blended learning terhadap higher order thingking skill siswa SMP/MTS pada materi sistem gerak manusia. Journal of Natural Science Learning., 1(1), 61–67. https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/JNSL

Pearson, D., & Gallagher, M. C. (2007). Pearson and Gallagher p32-35.

Wahyudi, A. (2015). the Correlation Between Reading Habit and Reading Comprehension Achievement of 12Th Grade Students of Ma. Pp. Qodratullah Langkan. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 93–106. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/edukasi/article/view/601

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Pranada Media Group.

Secolsky, C. (2018). 1Measurement, Assessment, and Evaluation in Higher Education. Handbook on Measurement, Assessment, and Evaluation in Higher Education, 2(2), 1–31. https://doi.org/10.4324/9781315709307-1

Suastra. I W, D. (2019). The effectiveness of Problem Based Learning - physics module with authentic assessment for enhancing senior high school students’ physics problem solving ability and critical thinking ability. Journal of Physics : Conf. Series 1171 (2019) 012027IOP. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1171/1/012027

Wibawa, S. C., Wahyuningsih, Y., Sulistyowati, R., Abidin, R., Lestari, Y., Noviyanti, & Maulana, D. A. (2018). Online test application development using framework CodeIgniter. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 296(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/296/1/012041

Wiersma, W. & Jurs, S. G. (1990). Educational measurement and testing (Second Edition (ed.)). Allyn and Bacon.
Yusuf. M. (2015). Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan. Prenadamedia.