PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING

Isi Artikel Utama

G.P. Abdi
G.S. Airlanda

Abstrak

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui  apakah terdapat peningkatan kreativitas belajar siswa pada pembelajaran tematik menggunakan pendekatan Project Based Learning. Bentuk penelitian ini yakni penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas III SD Tegalrejo 04 yang berjumlah 17 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kreativitas belajar peserta didik pada pembelajaran tematik menggunakan pendekatan Project Based Learning ditunjukkan dengan meningkatkan perolehan nilai pada setiap siklus. Pada siklus I rata-rata persentase setiap aspek mendapatkan 69% dengan katagori kurang kreatif. Kemudian setelah dilakukan refleksi dan evaluasi dilanjutkan dengan pelaksanaan siklus II yang memperoleh peningkatkan rata-rata setiap aspek menjadi 80% dengan katagori sangat kreatif. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas dalam belajar peserta didik kerlas III SD Tegalrejo 04 Salatiga.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Apriany, W. A., Winarni, E. W., & Muktadir, A. M. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 5 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(1), 88–97. https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i1.12308

Dari, O. W., & Taufina, T. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar (Studi Literatur). Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 98. https://doi.org/10.24036/jippsd.v4i1.109461

Fahrezi, I., Taufiq, M., Akhwani, A., & Nafia’ah, N. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 408. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28081

Mubarokah, N. L., & Wahyudi. (2019). Peningkatan Berpikir Kreatif Pembelajaran Tematik Melalui Penerapan Model Pembelajaran PjBL Siswa SD. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE, 5(1), 49–57. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya/article/view/5666

Rusadi, B. E., Widiyanto, R., & Lubis, R. R. (2019). Analisis Learning and Inovation Skills Mahasiswa Pai Melalui Pendekatan Saintifik Dalam Implementasi Keterampilan Abad 21. Conciencia, 19(2), 112–131. https://doi.org/10.19109/conciencia.v19i2.4323

Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan kreativitas siswa pada pembelajaran tematik menggunakan pendekatan project-based learning. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 8(1), 1879–1887. https://doi.org/10.21831/jppfa.v8i2.40574

Sugiono, P. D. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta