ANALISIS SOAL ASESMEN SUMATIF PEMBELAJARAN FIQIH DITINJAU BERDASARKAN TIPE HOTS MENGGUNAKAN TAKSONOMI BLOOM
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pendidikan memiliki peranan vital dalam membentuk generasi yang cerdas, kritis, dan berkarakter. Asesmen sumatif merupakan penilaian yang dilakukan di akhir periode pembelajaran untuk mengevaluasi pencapaian peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis soal asesmen sumatif pembelajaran Fiqih di MTs Thawalib Padang berdasarkan taksonomi Bloom dan konsep Higher Order Thinking Skills (HOTS). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan analisis dokumen terhadap 20 butir soal dari 50 butir soal. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari 20 soal yang dianalisis, terdapat 9 soal (45%) yang dikategorikan sebagai soal HOTS, 10 soal (50%) dikategorikan sebagai soal MOTS, dan 1 soal (5%) dikategorikan sebagai soal LOTS. Soal HOTS yang ditemukan berada pada tingkatan menganalisis (C4) dan tidak ada soal yang mencapai tingkatan mengevaluasi (C5) atau mencipta (C6). Hasil penelitian ini menyoroti perlunya peningkatan kemampuan guru dalam menyusun soal yang lebih bervariasi dan menantang, terutama dalam ranah HOTS, untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam peningkatan kualitas penilaian dan pembelajaran Fiqih, sehingga mampu menghasilkan peserta didik yang berpikir kritis, kreatif, dan aplikatif dalam kehidupan sehari-hari.
Rincian Artikel
Referensi
Dewi, N. L., & Prasetyowati, D. (2023). Analisis Hasil Asesmen Diagnostik Pada mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4979–4994. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1127
Harahap, M. R. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Materi Fiqih Mawaris Pada Siswa Kelas XI MAN 1 Aceh Besar Tahun 2022 [PhD Thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31218/
Hasanah, U. B. (2019). Pengembangan Instrumen Tes Mengacu Pada Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dengan KD 3.5 dan 3.6 Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS 1 Di SMA Negeri 8 Pekanbaru [PhD Thesis, Universitas Islam Riau]. http://repository.uir.ac.id/id/eprint/5532
Helmawati, S. E. (2020). Pembelajaran Dan Penilaian Berbasis Hots: Higher Order Thinking Skill. https://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/17906
Hidayat, U. S. (2021). Urgensi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Menyiapkan Generasi Emas 2045: Strategi Membangun Generasi Cerdas, Berkarakter dan Berdaya Saing di Abad 21. Nusa Putra Press.
Himmah, W. I. (2019). Analisis soal penilaian akhir semester mata pelajaran Matematika berdasarkan level berpikir. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 55–63. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.698
Imanina, K. (2020). Penggunaan Metode Kualitatif dengan Pendekatan Deskriptif Analitis dalam Paud. JURNAL AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 5(1), 45–48. https://doi.org/10.33061/jai.v5i1.3728
Jailani, M., & Ismunandar, I. (2022). Implementasi Higher Order Thingking berbasis Neurosain: Implikasinya terhadap Pendidikan Agama Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 8(2), 238–247. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/potensia/article/view/19619
Lie, A., Tamah, S. M., Gozali, I., & Triwidayati, K. R. (2020). Mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. PT Kanisius.
Magdalena, I. (2022). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher).
Magdalena, I., Islami, N. F., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga ranah taksonomi bloom dalam pendidikan. EDISI, 2(1), 132–139. https://core.ac.uk/reader/327208746
Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(2), 151–172. http://dx.doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252
Nasional, I. D. P. (2003). Undang-undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. http://digilib.itbwigalumajang.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1088
Ramadhanti, S., & Utami, R. D. (2020). Analisis Kemampuan Guru Membuat Soal Hots Muatan Pelajaran Ips Kelas Tinggi Di Sd Muhammadiyah Plus Malangjiwan [PhD Thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta]. https://eprints.ums.ac.id/id/eprint/87976
Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kualitatif (Qualitative research approach). Deepublish.
Saputra, H. (2016). Pengembangan mutu pendidikan menuju era global: Penguatan mutu pembelajaran dengan penerapan hots (high order thinking skills). Smile’s.
Setiawati, S. (2019). Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2. https://rumahpublikasi.com/index.php/prokaluni/article/view/143
Silaban, P. J., Sinaga, B., & Syahputra, E. (2024). The Effectiveness Of Developing The Realistic Mathematics Education Based On Toba Batak Culture Learning Model To Improve The HOTS Capabilities Of Prospective Elementary School Teachers. Educational Administration: Theory and Practice, 30(5), 5625–5644. https://doi.org/10.53555/kuey.v30i5.3184
Thomas, A., Thorne, G., & Small, B. (2001). Higher order thinking it’s HOT! Plan Talk, 1, 1–12.
Widana, I. W. (2017). Higher order thinking skills assessment (HOTS). JISAE: Journal of Indonesian Student Assessment and Evaluation, 3(1), 32–44. https://doi.org/10.21009/jisae.v3i1.4859
Wulandani, T., Kasih, A. C., & Latifah, L. (2019). Analisis butir soal HOTS (high order thinking skill) pada soal ujian sekolah kelas XII mata pelajaran bahasa indonesia di SMK An-Nahl. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(4), 485–494. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/2895
Yusuf, A. M. (2017). Asesmen dan evaluasi pendidikan. Prenada Media.