PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD

Isi Artikel Utama

K.T. Marselina
I.W. Lasmawan
N. Dantes

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan tingkat validitas isi instrumen kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPS  pada siswa kelas V SDN 3 Kawan Bangli; 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan tingkat validitas emperik instrument kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPS  pada siswa kelas V SDN 3 Kawan Bangli; 3) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan tingkat reliabilitas instrument pengembangan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN 3 Kawan Bangli. Penelitian ini tergolong penelitian pengembangan, pengembangan yang dilakukan adalah pengembangan instrument kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPS. Tahap pengembangan yang digunakan adalah tahap pengembangan instrument tes oleh Djamari Mardapi. Data dianalisis dengan menggunakan Content Validity Ratio (CVR) untuk validitas expert yang diuji expert sebanyak lima orang orang dosen untuk instrument kemampuan berpikir dan dua dosen tiga guru untuk instrument hasil belajar IPS, Korelasi Poin Biserial untuk validitas empiric, dan uji statistic KR20 untuk reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) instrument kemampuan berpikir kritis, berdasarkan uji expert dikatagorikan valid dengan nilai CVR 1 dan 0,6 dan instrument hasil belajar IPS, berdasarkan uji expert dikatagorikan valid dengan nilai CVR 1; 2) validitas empiric instrument kemampuan berpikir kritis dinyatakan valid sesuai dengan analisis korelasi poin biserial yang ditunjukan dengan setiap butir memperoleh rhitung ≥ rtabel (0,3008 untuk signifikansi 5%) dan hasil validitas empiric instrument hasil belajar IPS juga dinyatakan valid sesuai dengan analisis korelasi poin biserial yang ditunjukan dengan setiap butir memperoleh rhitung ≥ rtabel (0,3008 untuk signifikansi 5%); 3) Hasil uji reliabilitas pada instrument kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPS diperoleh bahwa semua indikator memiliki nilai Corrected Item-Total Correlation lebih besar dari nilai R-tabel (0,3008) sehingga dapat dinyatakan bahwa soal tersebut reliabel.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Alghafri, A. S. R., & Ismail, H. N. Bin. (2014). The Effects of Integrating Creative and Critical Thinking on Schools Students’ Thinking. International Journal of Social Science and Humanity, 4(6), 518–525. https://doi.org/10.7763/ijssh.2014.v4.410
Cooke, A., Cavanagh, R., Hurst, C., & Sparrow, L. (2011). Situational Effects Of Mathematics Anxiety In Pre-service Teacher Education. AARE 2011 Conference Proceedings, 1–14. http://aare.edu.au/11pap/papers_pdf/aarefinal00501.pdf
Hidayati, K., & Listyani, E. (2013). IMPROVING INSTRUMENTS OF STUDENTS’ SELF-REGULATED LEARNING Kana Hidayati and Endang Listyani FMIPA UNY Mathematics Education Department. Jurnal Pendidikan Matematika Univertias Negeri Yogyakarta.
Juandi, A. (2019). Standar Penilaian Pendidikan. https://doi.org/10.31227/osf.io/munp2
Kurniati, I. D., Setiawan, R., Rohmani, A., Lahdji, A., Tajally, A., Ratnaningrum, K., Basuki, R., Reviewer, S., & Wahab, Z. (2015). Buku Ajar.
Mahanal, S., & Zubaidah, S. (2017). Model Pembelajaran RICOSRE yang Berpotensi Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(5), 676–685. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9180
Mastur, Sughirato, S. (2015). Jurnal Bimbingan Konseling. Jurnal Bimbingan Konseling, 4(1), 23–29. https://doi.org/10.24036/XXXXXXXXXX-X
Nurjan, S. (2016). Psikologi Belajar Edisi Revisi. BuatBuku.com
Thamaria, N. (2003). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Zitteliana, 18(1), 22–27.
Wijaya, H. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Teologi. E-Modul, 09(January), 1–8. https://www.researchgate.net/profile/Hengki_Wijaya3/publication/338230653_Metode_Penelitian_Pendidikan_Teologi/links/5e16f3bb92851c8364bd72d9/Metode-Penelitian-Pendidikan-Teologi.pdf