PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KLARIFIKASI NILAI BERBASIS MULTIKULTUR TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran klarifikasi nilai berbasis multikultur terhadap karakter dengan mempertimbangkan sikap sosial pada peserta didik Kelas VIII SMP N 3 Tegallalang dengan pendekatan eksperimen post test only control group design. Populasi terdiri dari 158 peserta didik terbagi dalam lima kelas. Pengujian kesetaraan kelas dilakukan dengan uji F dari hasil penilaian tengah semester (PTS), semua kelas setara. Selanjutnya dipilih secara random 4 kelas sebagai sampel, dan dipilih menjadi kelas eksperimen dan kontrol. Selanjutnya diberikan tes sikap sosial untuk memilih kelompok sosial tinggi dan rendah. Kelompok eksperimen diberikan teknik pembelajaran klarifikasi nilai berbasis multikultur dan kelompok kontrol diberikan model pembelajaran konvensional. Data karakter peserta didik dikumpulkan dengan angket menggunakan skala Likert. Analisis data untuk uji hipotesis dengan analisis varians (ANAVA) dua jalur, dilanjutkan uji Tukey pada taraf signifikansi 5%. Diperoleh hasil seperti berikut. 1) Terdapat perbedaan karakter antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran klarifikasi nilai berbasis multikultur dan karakter peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional. 2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan sikap sosial terhadap karakter siswa. 3) Untuk siswa dengan sikap sosial tinggi, karakter peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran klarifikasi nilai berbasis multikultur lebih baik daripada yang mengikuti pembelajaran konvensional. 4) Untuk siswa dengan sikap sosial rendah, karakter peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional lebih baik daripada yang mengikuti pembelajaran klarifikasi nilai berbasis multikultur. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran klarifikasi nilai berbasis multikultur dan sikap sosial berpengaruh terhadap karakter peserta didik.
Rincian Artikel
Referensi
Kawi, K. A. Y. (2021). Pengembangan Instrumen Hasil PPKN dan Sikap Sosial Siswa Kelas V SD. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 61–68. https://doi.org/10.23887/jpepi.v11i1.248
Kusuma, I.P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Resolusi Konflik Terhadap Hasil belajar PKn Ditinjau Dari Sikap Sosial Siswa Denpasar Utara. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha, Vol 1 No. 3
Kurniawan, B. (2020). Implementasi Pendidikan Tekhnohumanistik Berbasis 4C dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 40–46.
Rahmawati, Lia. (2013). Hakikat Norma, Kebiasaan, Adat Istiadat dan Peraturan, Jakarta : Intimedia
Rohmah, N., Hidayat, S., & Nulhakim, L. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin dalam Mendukung Layanan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 150. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.30308
Rusydiyah, E.F. (2017). Desain Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Rajawali Press
Sadia, W. (2013). Model Pendidikan Karakter Terintegrasi Pembelajaran Sains. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2), 209–220. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i2.2165
Setyaningrum, Y., Rais, R., & Setianingsih, E. S. (2020). Peran Guru Kelas dalam Pembentukan Karakter Disiplin pada Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 520. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29752
Setyosari, Punaji. (2016).Mertode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Silkyanti, F. (2019). Analisis Peran Budaya Sekolah yang Religius dalam Pembentukan Karakter Siswa. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(1), 36. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17941
Sujana, M., & Lasmawan, I. W. (2019). Pengaruh Teknik Klarifikasi Nilai terhadap Minat dan Prestasi Belajar IPS. Indonesian Values and Character Education Journal, 1(1), 39. https://doi.org/10.23887/ivcej.v1i1.20307
Surya Brata, Sumadi. (2016). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Press