PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DENGAN PENGENDALIAN MOTIVASI BELAJAR

Isi Artikel Utama

N.W. Pastini
I.N. Jampel
N.K. Widiartini

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) perbedaan hasil belajar PPKn antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran learning cycle 7E  dan siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis konvensional siswa kelas VIII  SMP Negeri 2 Ubud sebelum dan sesudah pengendalian pengaruh variabel motivasi belajar, dan (2) besar kontribusi motivasi belajar terhadap hasil belajar PPKn pada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran learning cycle7E dengan siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis konvensional siswa kelas VIII   SMP Negeri 2 Ubud. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan “post-test only control group design”.Data dianalisis dengan analisis varians satu jalur dan analisis kovarian satu jalur dengan uji-F.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ubud yang terdiri dari sepuluh rombongan belajar.Teknik sampling yang digunakan untuk menentukan sampel adalah teknik random sampling, dari sepuluh rombongan belajar satu kelas diambil sebagai kelompok eksperimen (kelas yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model learning cycle 7E) dan satu kelas sebagai kelompok kontrol (kelas yang mengikuti model pembelajaran konvensional) dengan teknik undian.Dari hasil analisis  menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar PPKn antara siswa yang mengikuti pelajaran menggunakan model learning cycle 7E dan model pembelajaran konvensionaldengan FHitung = 17,008 dengan signifikansi = 0,000 (p < 0,05), (2) terdapat perbedaan hasil belajar PPKn antara siswa yang mengikuti pelajaran menggunakan model learning cycle 7E dan model pembelajaran konvensional, setelah diadakan pengendalian pengaruh variabel motivasi belajar siswa dengan Fhitung = 22,578; dan (3) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar PPKn dengan kontribusi sebesar 25,20 %. Berdasarkan temuan-temuan disimpulkan bahwa model learning cycle 7E berkontribusi terhadap hasil belajar PPKn baik sebelum maupun sesudah variabel motivasi belajar siswa dikendalikan.


 


Kata kunci:Hasil Belajar PPKn; Model Learning Cycle 7E; Motivasi Belajar; Pembelajaran Konvensional

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Bodner, G. M. (1986). Constructivism A Theory of Knowledge. Purdue University. Journal of Chemical Education., Vol. 63 No.10
Bungin., B. (2009). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Raja Grafindo.
Djamarah, S. B. dan A. Z. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Dorlince. (2008). Pembelajaran Model Siklus Belajar (Learning cycle). Jurnal Kewarganegaraan :, 10(01), 62-70.
Hamalik, O. (2007). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.
Hamzah B. Uno, E. al. (2001). Pengembangan Instrumen untuk Penelitian. Dilema Press.
Hardiansyah, D. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Learning cycle 7E untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa SMA. Jurnal. Jurnal Pengajaran Fisika Sekolah Menengah, Vol 5, No.1.
Marfilinda, R. (2019). Pengaruh Model Learning Cycle 7E Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Konsep Dasar Ipa …. Jurnal Pendidikan Dan …, 01(02), 79–92.
Susanti, Y., Zohdi, A., & Meiliyadi, A. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Peningktan Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Di Sma Negeri 8 Mataran Tahun Ajaran 2018/2019. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 2(1), 20. https://doi.org/10.29103/relativitas.v2i1.1791
Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu Konsep,Strategi Dan Implementasinya. Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). : Bumi Aksara.
Yamin, M. (2007). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Gaung Persada Press.