PENGARUH PEMBELAJARAN INOVATIF TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VIIIB1 SMP NEGERI 2 GEROKGAK DENGAN PENGENDALIAN KECERDASAN LINGUISTIK
DOI:
https://doi.org/10.23887/gancej.v1i1.328Keywords:
Pembelajaran inovatif, pendekatan inkuiri, pendekatan projek, kecerdasan linguistikAbstract
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk memahami pengaruh inovatif terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan menggunakan rancangan The Posttest-Only Control Group design dengan melibatkan sampel sebanyak 35 orang siswa SMP Negeri 2 Gerokgak yang diambil secara sensus. Pengumpulan data menggunakan 2 tes yaitu yaitu tes kecerdasan linguistik dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis menggunakan analisis kovarian (anakova).
