EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI MODEL CIPP
Main Article Content
Abstract
Evaluasi satuan pendidikan jenjang menengah di kota Semarang masih jarang ditemukan secara menyeluruh dari awal perencanaan sampai akhir pembelajaran. Salah satunya evaluasi kurikulum merdeka yang dilakukan satuan pendidikan cenderung lebih terfokus terhadap pelaksanaan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengasilkan suatu keputusan dalam mengavalusi program kurikulum merdeka dalam satuan Pendidikan tepatnya pada pembelajaran Biologi. Penelitian ini menggunakan metode Mixed Method dengan data yang diambil secara kuantitatif an kualitatif dengan merapkan tahapan dari model CIPP (Context, Input, Process, Produk). Teknik pengambilan sampel yang digunakan yakni purposive sampling dengan sample yang berada pada fase E pada kelas X dan F pada kelas XI. Jumlah sampel yang terlibat yakni 108 sampel. Tempat penelitian di SMA Negeri 2 Semarang, Jawa Tengah. Instrument pengumpulan data yang dibutuhkan mencakup lembar dokumentasi, lembar wawancara, lembar observasi, lembar tes, maupun lembar angket. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif melalui triangulasi data. Software yang mendukung analisis data diantaranya SPSS dan Microsfof Excel. Hasil penelitian menujukkan pada aspek context hasil evaluasi berada pada tahap siap begitupun aspek input hasil evaluasi berada pada tahap siap. Sedangkan aspek proses dan produk berada pada kategori baik. Dengan demikian evaluasi program yang kurikulum merdeka pada satuan Pendidikan tepatnya pembelajaran biologi masih perlu ditingkatkan menjadi kriteria tahap mahir dan sangat baik dalam mengimplementasikannya demi kebutuhan dan kemajuan peserta didik.
Article Details
References
Azzahra & Supriatno. (2023). Evaluasi Desain Kegiatan Praktikum Materi Transpor Zat dan Implementasi Hasil Rekonstruksinya pada Kurikulum Merdeka. BEST Journal (Biology Education, Science, & Technology, 6(1), 571–577. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/7104%0Ahttps://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/viewFile/7104/5277
Bahri, M. S. (2023). Problematika Evaluasi Pembelajaran dalam Mencapai Tujuan Pendidikan di Masa Merdeka Belajar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2871–2880. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1954
Baiti, N. N., Wahyuni, S. S., Anwar, H., Amin, M., & Halimah, S. (2024). Kesiapan Sekolah dalam Evaluasi Model CIPP pada Kurikulum Merdeka di SMP Shafiyyatul Amaliyyah Medan. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 4(1), 52–63. https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v4i1.4474
BSKAP Kemendikbudristek. (2022a). Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini Jenjang Pendidikan Dasar dan Mengeah pada Kurikulum Merdeka. In Kemendikbudristek (Issue 021).
BSKAP Kemendikbudristek. (2022b). Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan. In Kemendibudristek. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/07/Tahapan-Implementasi-Kurikulum-Merdeka.pdf
Firdaus, H., Laensadi, A. M., Matvayodha, G., Siagian, F. N., & Hasanah, I A. (2022). Analisis Evaluasi Program Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 686–692. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5302
Fitriyani, Y., Fauzi, I. & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal HAsil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran, & Pembelajaran, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973
Gusteti & Neviyarni. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180
Hattarina & Agustin. (2024). Evaluasi Kurikulum Merdeka Menggunakan Model CIPP pada Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia Pendidikan, 19–29. https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v3i1.4117
Harianto, B. T. (2023). Problematika Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Khazanah Intelektual, 7(1), 1567–1583. https://doi.org/10.37250/newkiki.v41.184
Indriyanti, Basukiyatno, & Suriswo. (2023). Evaluasi Model Cipp ( Context , Input , Proces , Product ) Kurikulum 2013 Spirit Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Aliyah Subulul Ikhsan Kersana. Journal of Education Research, 4(4), 2312–2319. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.640
Nurhalimah, Lestiana, H. T., Nursuprianah, H. I. (2022). Analisis Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka di SMA Dengan Menggunakan Model CIPP. Polynom: Journal in Mathematic Education, 2(3), 180–188. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/Polynom/article/view/023-06/2966
Minarti, I. B. Dewi, L. R., Kasanah, E. (2023). Analisis Penerapan Asesmen Kompetensi Minimum Pada Pembelajaran Biologi Kurikulum Merdeka Di SMA Negeri Kabupaten Brebes. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 635–643. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18469
Rahmayumita, R. & Hidayati, N. (2023). Kurikulum Merdeka : Tantangan dan Implementasinya pada Pembelajaran Biologi. Bioogy and Education Journal, 3(1), 1–9. https://journal.uir.ac.id/index.php/baej/article/view/12758
Sijabat. (2023). Persepsi Guru Tentang Penerapan Pembelajaran Mandiri Kurikulum Pendidikan Sains. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP MATARAM, 11(1), 76–84.
Usman, Lestari, I. D., Rahmah, R. A., Handayani, P., Yuliasari, A., Lukmansyah, U., Aliyah, H. S., Hartati, T., & Widiya, Y. (2022). Proses Pembelajaran Biologi Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Di Sman 7 Tangerang. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 3(2), 56–60. https://doi.org/10.51673/jips.v3i2.1044
Wahid, A., Afni, N., & Suarni (2022). Development Of Blended Learning Models To Improve The Learning Effectiveness In Higher Education. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 1–21. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.3073
Wiguna & Tristaningrat. (2022). Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 17. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2296
Zarkasi, T. Haris, M., Muslihatun, Fajri, M., & Jamaluddin. (2023). Evaluasi Pembelajaran Berbasis Quizizz Di Mts Nw 2 Kembang Kerang Sebagai Upaya Menyongsong Kurikulum Merdeka. Empowerment: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 57–64. https://doi.org/10.51700/empowerment.v3i1.441