HUBUNGAN MINAT MEMBACA TERHADAP HASIL BELAJAR AFEKTIF PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Minat membaca pada anak harus dibentuk sejak dini baik di rumah maupun di sekolah, Melalui membaca, peserta didik bisa meningkatkan hasil belajar dan prestasi sekolah. Menurunnya minat baca pada anak ditunjukkan dengan kurangnya kunjungan peserta didik ke Perpustakaan. Tujuan penelitian mengetahui hubungan minat membaca terhadap hasil belajar afektif peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas III SDN 2 Kuanyar Jepara. Jenis penelitian adalah kuantitatif, desain penelitian crossectional. Populasi semua peserta didik kelas III SDN 2 Kuanyar Jepara. Teknik pengambilan sampel teknik Purposif sampling sebanyak 15 responden. Instrument penelitian menggunakan kuesioner tentang minat baca dan hasil belajar afektif. Analisis data menggunakan Spearman Rank. Hasil penelitian ada hubungan minat membaca terhadap hasil belajar afektif peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas III SD Negeri 2 Kuanyar Jepara (0, 010 < 0,05). Kesimpulan hasil belajar afektif berhubungan dengan minat membaca peserta didik kelas III pada pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil ini dapat memberikan masukan pada guru untuk meningkatkan minat baca peserta didik dengan memberikan tugas membaca baik di rumah maupun di sekolah.
Rincian Artikel
Referensi
AR, M., Suyono, & Nuchasanah. (2020). Pengaruh Minat Baca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21, 1 (10), 56–63. https://core.ac.uk/download/pdf/267023746.pdf
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.
Ariyes, I., Fitria, H., & Puspita, Y. (2021). The Effect of Reading Interest and Motivation on Student Learning Outcomes at SDN 06 Kisam Tinggi, Kisam Tinggi District. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 5166–5171. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1779
Chairilina, A. (2020). Pengaruh Minat Membaca terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta didik Kelas X SMA Negeri 12 Kota Tangerang Selatan [UIN Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/54088
Dalyono. (2022). Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta.
Dewi, E. H., Khaerunnisa, & Usman, H. (2021). Hubungan Antara Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri 30 Rumaju Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu. Pinisi Journal Of Education, 2(1), 1–11. https://repository.ut.ac.id/4222/1/PUST4421
Dinar, P. W., & Maspuroh, U. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Baca terhadap Hasil Belajar Apresiasi Puisi. LITERASI. Jurnal Ilmiah Pend. Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 9(1), 48–60. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/literasi.v9i1.1779
Eko, B. (2015). Metodologi Penelitian Kedokteran. EGC.
Ilham, B. U. (2023). Harbuknas 2022: Literasi Indonesia Peringkat Ke-62 Dari 70 Negara. Majalah Elektronik BISNISKUMKM.
Kartika, S., Husni, & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113–122. https://doi.org/https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360
Kasiyun, S. (2015). Upaya Meningkatkan Minat Baca Sebagai Sarana untuk Mencerdaskan Bangsa. Jurnal Pena Indonesia (JPI) Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(1), 79–95. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jpi.v1n1.p79-95
Kemendikbud. (2005). Undang-undang Sistem PendidikanNo 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kemendikbud.
Listianingrum, V. (2021). Pengaruh Minat Baca terhadap Hasil Belajar PKN Peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Krikilan, Bayat, Klaten Tahun Pelajaran 2020/2021. Universitas Widya Dharma Klaten.
Lustyantie, N., & Aprilia, F. (2020). Reading Interest and Achievement Motivation: A Study in an EFL Context. TESOL International Journal, 15(4), 147–166. https://www.elejournals.com/tesol-journal/tij-2020/tij-volume-15-issue-4-2020/
Moleong, L. J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Muhaimin, Witono, H., & Jiwandono, I. S. (2021). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Kelas V SDN 42 Ampenan. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(2), 186–194. https://ojs.unm.ac.id/JIKAP/article/view/18883
Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi riset kesehatan. Rineka Cipta.
Paonganan, H. W., G, M. S., & Jaya, A. (2017). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Minat Baca Siswa Sma Negeri 5 Kota Kendari. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO, 2(3), 20–34. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.52423/jikuho.v2i3.2692
PRATIWI, E. (2020). Hubungan Minat Membaca Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ppkn Siswa Kelas Ix Mts. Islamiyah Sunggal Tahun Ajaran 2017/2018 [Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan]. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18870
Safitri, M., Latifah, N. S., & Iqmy, L. O. (2021). Pengaruh Pijat Bayi Terhadap Peningkatan Berat Badan Neonatus. MJ (Midwifery Journal), 1(1), 94–100. https://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/MJ/article/download/3343/pdf
Sari, M. Z., Gunawan, A., Fitriyani, Y., & Hilaliyah, N. (2020). Pengaruh Minat Baca Peserta didik terhadap Hasil Belajar pada Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 1 Ciporang. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 4(2), 197–205. https://jurnal.uns.ac.id/jdc/article/view/42137
Sugiyono. (2016a). Metode Penelitian. Alfabeta.
Sugiyono. (2016b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Sujana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosda Karya.
Triarisanti, R., & Purnawarman, P. (2019). The Influence Of Interest And Motivation On College Students’ Language and Art Appreciation Learning Outcomes. International Journal of Education, 11(2), 130–135. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/ije.v11i2.14745