EFEKTIVITAS CASE BASED LEARNING BERBANTU TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI INFLASI
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas model pembelajaran case based learning berbantuan tiktok dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi inflasi. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan adalah kelas XI SMA Teuku Umar Semarang yang berjumlah 165 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga kelas XI 2 menjadi kelas eksperimen dan XI 3 menjadi kelas kontrol. Pengumpulan data terdiri dari dokumentasi, observasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis melalui uji paired sample t-test dan uji n-gain score. Berdasarkan hasil penelitian uji paired sample t-test sig. (2-tailed) yaitu 0,000 jika nilai sig. (2-tailed) < 0,05 maka H0 ditolak sedangkan Ha diterima artinya terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kontrol. Hasil uji n-gain score pada kelas eksperimen sebesar 0,5733 termasuk kategori efektivitas sedang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran ekonomi dengan menggunakan case based learning berbantuan TikTok termasuk kategori efektivitas sedang untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis.
Rincian Artikel
Referensi
Arpah, S., & Rarastika, N. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Model Case Based Learning pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 10(3), 260–269. https://doi.org/10.23960/jbt.v10.i3.25835
Azizah, D., & Paksi, H. (2024). Efektivitas Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Norma Kelas 5 SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(1), 2604–2613. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/59200
Azzahra, P. T., Asbari, M., & Nugroho, D. E. (2024). Urgensi Peran Generasi Muda dalam Meningkatkan Pendidikan Berkualitas. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(1), 90–92. https://doi.org/https://doi.org/10.4444/jisma.v3i1.696
Borah, N., Paudel, S., & Stivers, A. (2024). Comparing the effectiveness of case-based learning and problem-based learning in a core finance class. Journal of Education for Business, 99(2), 113–124. https://doi.org/10.1080/08832323.2023.2277272
Bunasri, B. (2021). Characteristics of Students 21 st Century. Social,Humanities,and Education Studies (SHEs) : Conference Series, 4(6), 11–17. https://doi.org/10.20961/shes.v4i6.68393
Cahyono, M. R. (2021). Fungsi komunikasi dan motivasi pengguna tanda tagar (#) di media sosial Indonesia. Islamic Communication Journal, 6(2), 191–210. https://doi.org/10.21580/icj.2021.6.2.7998
Chandra, F. E., Rahman, S., Sari, D. P., & Monalisa, L. A. (2023). Pengembangan Perangkat Case Based Learning (CBL) Dengan Konteks Makanan Khas Ternate Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(4), 3644–3656. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i4.8779
Damiati, M., Junaedi, N., & Asbari, M. (2024). Prinsip Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 11–16. https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/922
Dharmayanthi, N. P. I. (2022). Penerapan Model Case Based Learning (CBL) untuk Mengembangkan Critical Thinking Skills Siswa dalam Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Kuta Utara. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 10(3), 291–300. https://doi.org/10.23887/jjpg.v10i3.50446
Erawati, N. K., & Astarini, M. H. (2022). Penerapan Scaffolding Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 11(1), 54–62. https://doi.org/10.5281/zenodo.7869460
Fadhillah, M., Asbari, M., & Octhaviani, E. M. (2024). Merdeka Belajar : Solusi Revolusi Pendidikan di Indonesia. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 03(01), 19–22. https://doi.org/https://doi.org/10.4444/jisma.v3i2.942
Fatimah, S., & Nurita, T. (2023). Membangun Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Case Based Learning Pada Materi Getaran. PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS, 11(3), 273–277. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/54375
Gesy, S. S., Basuki, A., Churiyah, M., & Agustina, Y. (2023). Meningkatkan Berpikir Kritis Melalui Media Pembelajaran Google Site Model Case Based Learning. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 8(1), 38–53. https://doi.org/10.17509/jpm.v8i1.49216
Ghaffar, A. A. (2024). Analisis Dampak Media Sosial Tiktok Terhadap Pendidikan Karakter di Era Teknologi 4.0. Journal of Instructional Technology (J-INSTECH), 5(2), 105–121.
Habsy, B. A., Christian, J. S., M, S. U. S. P., & Unaisah, U. (2023). Memahami Teori Pembelajaran Kognitif dan Konstruktivisme serta Penerapannya. Tsaqofah, 4(1), 308–325. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i1.2177
Habsy, B. A., Zakirah, A., Rahmah, M. A., & Nafisah, C. A. (2023). Implementasi Teori Kognitif dan Konstruktivisme dalam Pembelajaran bagi Peserta Didik. Tsaqofah, 4(1), 326–342. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i1.2182
Hanisyah, W. A., & Noriza, D. (2024). Systematic Literature Review : Teori Belajar Konstruktivisme pada Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional, 7, 731–738. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma/article/view/3024
Lestari, D., Asbari, M., & Yani, E. E. (2023). Kurikulum Merdeka: Hakikat kurikulum dalam pendidikan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 85–88. https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/840
Lukman, M. T., & Tantu, Y. R. P. (2022). Guru Sebagai Fasilitator dalam Mengasah Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Daring. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 62–73. https://doi.org/10.23969/jp.v7i1.5375
Ma, C., & Zhou, W. (2022). Nurse Education in Practice Effects of unfolding case-based learning on academic achievement , critical thinking , and self-confidence in undergraduate nursing students learning health assessment skills. Nurse Education in Practice, 60(February), 103321. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2022.103321
Nasution, A. K. P. (2020). Integrasi Media Sosial Dalam Pembelajaran Generasi Z. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 13(1), 80–86. https://doi.org/10.24036/tip.v13i1
Nugroho, S. A., Nasir, M., & Islami, N. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Case Based Learning Berbantuan Smokeles Incinerator Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Suhu, Kalor, dan Pemuaian. Silamprari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 6(1), 97–111. https://doi.org/10.31540/sjpif.v6i1.2661
Obidovna, D. Z. (2024). Advincing Critical Thinking Proficiency Through Optimized Pedagogical Approaches. Central Asian Journal of Multidiciplinary Research and Management Studies, 1(1), 24–29. https://doi.org/10.5281/zenodo.10675325
Pramana, P., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2024). Relevansi Teori Belajar Konstruktivisme dengan Model Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Imiah Guru, 9(2), 487–493. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.875
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7911–7915. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498
Pujiono, A. (2021). Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z. Didache: Journal of Christian Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.46445/djce.v2i1.396
Rapti, S., & Sapounidis, T. (2024). “Critical thinking, Communication, Collaboration, Creativity in kindergarten with Educational Robotics”: A scoping review (2012–2023). Computers and Education, 210(December 2023), 104968. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2023.104968
Rihadatul, A. G., & Hidayati, N. (2022). Case-Based Learning In Improving Critical Thinking Skill On Reading Comprehension for The Eleventh Grade Students at SMA N 2 Semarang. Jurnal Ilmiah Sultan Agung, 1(1), 46–55. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/JIMU/article/view/24999
Rizkianti, P. A., Asbari, M., Priambudi, N. P., & Asri, S. A. J. (2024). Pendidikan Indonesia Masih Buruk ? Journal of Information Systems and Management (JISMA), 03(02), 35–38. https://doi.org/https://doi.org/10.4444/jisma.v3i2.942
Safitri, Y. A., Pamuti, P., Amelia, R. N., & Salam, R. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Geografi Pada Implementasi Case Based Learning dalam Mata Kuliah Geomorfologi Dasar. Jurnal Spatial :Wahana Komunikasi Dan Informasi Geografi, 23(1), 1–9. https://doi.org/10.21009/spatial.231.6
Simarmata, R. J., Gea, E. D., Purba, G. F., & Hutahuruk, A. J. . (2022). Impelementasi Media Sosial sebagai Media Pembelajaran untuk Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 364–370. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3054
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. ALFABETA,cv.
Wahyuni, R. S., Arifin, S., Astiwijaya, N., Santika, N. W. R., Oktaviane, Y., Zahro, U. C., Lestariani, N., Nurlaela, E., Sari, A. S. D., & Kusumastiti, W. (2024). Model-Model Pembelajaran (Pertama). Widinia Media Utama. https://repository.penerbitwidina.com/publications/567168/model-model-pembelajaran
Zahwa, A. A., & Indah, N. K. (2024). Pengembangan E -Lkpd Berbasis Contextual Teaching and Learning Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Keanekaragaman Hayati. Bioedu, 13(1), 105–116. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu