METODE PEMBELAJARAN STEAM UNTUK MENGEMBANGKAN KONSEP MATEMATIKA DAN KREATIVITAS ANAK
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh metode pembelajaran STEAM terhadap perkembangan konsep matematika anak di kelompok B TK Negeri Model Terpadu dan, (2) pengaruh metode pembelajaran STEAM terhadap perkembangan kreativitas anak di kelompok B TK Negeri Model Terpadu Madani. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment research dengan desain post-test only control group. Populasi pada penelitian ini adalah 60 anak TK kelompok B di TK Negeri Model Terpadu Madani. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling sehingga jumlah sampel pada penelitian ini adalah 60 anak TK kelompok B. Data Konsep Matematika dan Kreativitas Anak diambil menggunakan lembar checklist rating dengan skala penilaian 1-4. Data kuantitatif yang diperoleh dianalisis dengan uji t dua sampel berpasangan (two sample paired t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode STEAM yang diterapkan berpengaruh signifikan terhadap konsep matematika anak usia dini Kelas B di TK Negeri Model Terpadu Madani dengan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 < α (0,05) (2) Metode STEAM yang diterapkan berpengaruh signifikan terhadap kreatifitas anak usia dini Kelas B di TK Negeri Model Terpadu Madani dengan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 < < α (0,05).
Rincian Artikel
Referensi
Anizal, D. R., & Hartati, S. (2022). Penerapan Pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art & Math) di Taman Kanak-Kanak Hang Tuah Padang. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 9(1), 33–45. https://doi.org/10.24036/116776
Arib, M. F., Rahayu, M. S., Sidorj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Experimental Research Dalam Penelitian Pendidikan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1). https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.8468
Ayuningtias, S. A. (2024). Menemani Tumbuh Kembang Anak Usia Dini : Layanan Bimbingan Konseling di PAUD. AL-THIFL:Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 33–43. https://www.jurnal.stainusantara.ac.id/index.php/jpa/article/view/96/66
Faoziyah, N., & Dalimarta, F. F. (2024). Mengenalkan Matematika Yang Menyenangkan Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(3), 549–554. https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i3.858
Fifi Nurfajariyah, A., & Risfaula Kusumawati, E. (2023). Implementasi dan Tantangan Pembelajaran Tematik Terintegrasi STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics). Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO, 8(1), 49–63. https://doi.org/10.24127/jlpp.v8i1.2646
Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. UNDIP.
Karlina, T., Purwanti, D., & Femica, N. A. (2023). Pendekatan Pembelajaran STEAM Untuk Mengoptimalkan Perkembangan Anak Usia Dini di SKB Kota Serang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Non Formal, 1, 584–595. https://ejournal.untirta.ac.id/SNPNF/article/download/86/70
Maarang, M., Khotimah, N., & Maria Lily, N. (2023). Analisis Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Pembelajaran STEAM Berbasis Loose Parts. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 309–320. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.215
Motimona, P. D., & Maryatun, I. B. (2023). Implementasi Metode Pembelajaran STEAM pada Kurikulum Merdeka pada PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6493–6504. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4682
Nur, N., & Nugraha, M. S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran STEAM Dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Di RA Al-Manshuriyah Kota Sukabumi. Bahasa Dan Matematika, 1(5), 73–93. https://doi.org/10.61132/arjuna.v1i5.158
Nurhikmayati, I. (2019). Implementasi STEAM Dalam Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 1(2), 41–50. https://doi.org/10.31949/dmj.v1i2.1508
Oktaviani, V. A., Lyesmaya, D., & Maula, L. H. (2020). Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, dan Mathematics). Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 5(2), 139–149. https://doi.org/10.26618/jkpd.v5i2.3677
Pitaloka, N., & Sinaga, S. I. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Steam Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Anak. Kumara Cendekia, 11(1), 85–91. https://jurnal.uns.ac.id/kumara/article/view/70172%0Ahttps://jurnal.uns.ac.id/kumara/article/download/70172/40869
Qomariyah, N., & Qalbi, Z. (2021). Pemahaman Guru PAUD Tentang Pembelajaran Berbasis STEAM dengan Penggunaan Media Loose Parts di Desa Bukit Harapan. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 3(1), 47–52. https://doi.org/10.15642/jeced.v3i1.995
Raniah, D. A., & Rakhmawati, N. I. S. (2023). Meningkatkan Kemampuan Numerasi Anak Usia 5-6 Tahun melalui Pembelajaran STEAM dan Bahan Loose Parts. Journal on Education, 06(01), 7030–7040. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3928
Sa’ida, N. (2021). Implementasi Model Pembelajaran STEAM pada Pembelajaran Daring. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(2), 123–128. https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n2.p123-128
Salamah, S., Hidayat, R., & Herniawati, A. (2024). Analisis Pembelajaran Steam Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis (Hots) Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Intisabi, 1(2), 50–61. https://doi.org/10.61580/itsb.v1i2.10
Sianipar, A., Octavia, M., Yuslia, F., Nursihab, M., Juliarti, R., & Deni, R. (2022). Efektivitas Ape Maze Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. ABATA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 210–223. https://doi.org/10.32665/abata.v2i1.559
Sukmawati, N. I., Ika, N., & Rakhmawati, S. (2023). Pengaruh Pembelajaran Steam (Science, Technology, Engineering, Art, And Mathematic) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Critical Thinking And Problem Solving) Pada Anak Usia Dini. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(1), 127–141. https://doi.org/10.55606/concept.v2i1.238