PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERBANTUAN APLIKASI CANVA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis proyek berbantuan canva terhadap motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas VI SD Negeri Gugus I Gusti Ngurah Rai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri Gugus I Gusti Ngurah Rai sebanyak 249 orang. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Desain penelitian yang digunakan, yaitu post-test only kontrol group design. Metode dalam mengumpulkan data menggunakan non tes dengan instrumen kuesioner untuk motivasi belajar dan tes obyektif pilihan ganda untuk hasil belajar IPS. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh secara simultan model pembelajaran berbasis proyek berbantuan canva terhadap motivasi dan hasil belajar belajar IPS pada nilai Sig. 0,001 < 0,05; (2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis proyek berbantuan canva terhadap motivasi belajar pada nilai Sig. 0,001 < 0,05; (3) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis proyek berbantuan canva terhadap hasil belajar IPS pada nilai Sig. 0,001 < 0,05. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek berbantuan canva terhadap motivasi dan hasil belajar IPS kelas VI SD Negeri Gugus I Gusti Ngurah Rai baik secara simultan maupun terpisah. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran tersebut dapat dijadikan sebagai rekomendasi dalam peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa SD.
Rincian Artikel
Referensi
Artini, K. (2021). MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA CANVA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 2 KINTAMANI. Jurnal Biologi Kontekstual, 3(1), 2656–9043. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/JBK/article/view/8056
Dantes, N. (2017). Desain Eksperimen dan Analisis Data. PT Rajagrafindo Persada.
Dewi, N. L. P. S., Suardana, I. N., & Putra, I. G. M. A. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Canva terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 125–134.
Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394.Men. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237
Mulyani, S. (2022). Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Alfabeta.
Nasikin, Setyowati, N., & Musyahadah. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA-2 SMA Negeri 1 Mojosari Melalui Model Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 16024–16032. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8909
Pamungkas, F. S., & Wibawa, S. (2024). Peningkatan Mutu Pembelajaran PKn SD Menggunakan Model Project Based Learning (Pembelajaran Berbasis Proyek) Terintegrasi Window Shopping dan Aplikasi Canva. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2). https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.12110
Putri, R. D., Santoso, H., & Anwar, C. (2022). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Pemahaman Konseptual Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(3), 234–245.
Ramadhan, E. H., & Hindun, H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Membantu Siswa Berpikir Kreatif. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya, 2(2), 43–54. https://doi.org/10.55606/protasis.v2i2.98
Setiawan, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Bantuan Media Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 21(2), 189–198.
Setiawan, A., & Hidayati, N. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Teknologi terhadap Motivasi dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Teknologi, 15(2), 45–58.
Suraiya, N., Mustofa, A., Razak, A., Zara, W., & Sofiya, A. (2024). Penggunaan Aplikasi Canva Pada Model Project-based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 11 Banda Aceh. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.23917/blbs.v6i1.4526
Wahyuni, P., Amaliyah, N., & Irdalisa. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Pjbl Berbantuan “ Canva ” Terhadap Motivasi Belajar Dan Kreativitas Siswa Pada Materi Ipa (Pelestarian Tumbuhan Dan Hewan). DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 4(3), 167–178. https://doi.org/https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.1267