EFEKTIVITAS PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN

Main Article Content

A.W. Doni
N.A.A. Thaariq
A. Ponda
Suhaimi
I. Bahar

Abstract

Proses pembelajaran yang baik memerlukan media untuk memudahkan dalam memberikan informasi dan memudahkan peserta didik untuk menerima informasi. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat mempengaruhi minat dan motivasi belajar mahasiswa. Permasalahan yang ditemukan yaitu kurangnya kemampuan dosen dalam penguasaan teknologi yang mengakibatkan kurangnya kreativitas dalam menyusun rancangan pembelajaran dalam menunjang kegiatan belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektivitas pelatihan pengembangan media pembelajaran bagi dosen di Poltekkes Kemenkes Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah study quasy eksperiment dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Penelitian ini menggunakan kelompok yang diberikan intervensi berupa pelatihan pengembangan media pembelajaran. Teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan jumlah 35 responden. Pengolahan data menggunakan uji T test berpasangan. Nilai rata-rata sebelum diberikan pelatihan pengembangan media pembelajaran 11,94 dan setelah diberikan pelatihan meningkat menjadi 17,31 yang berarti terjadi peningkatan rata-rata skor pengetahuan 5,37 dengan nilai p value= 0,000. Sebelum diberikan pelatihan, mayoritas dosen (46%) mempunyai keterampilan praktik kurang sedangkan setelah diberikan pelatihan, mayoritas dosen (63%) mempunyai keterampilan praktik baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pelatihan pengembangan media pembelajaran efektif meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dosen dalam menggunakan media pembelajaran. Diharapkan dosen dapat menerapkan pelatihan penggunaan media pembelajaran untuk mendukung proses belajar mengajar.

Article Details

Section
Articles

References

Firdaus, M. R., Irawan, R. R., Mahardika, C. H. Y., Gaol, P. L., & Prinaryanto, B. A. (2023). Tantangan Teknologi Artificial Intelligence pada Kegiatan Pembelajaran Mahasiswa. Sindoro Cendekia Pendidikan, 1(9), 101–112. https://doi.org/10.9644/sindoro.v1i9.1174

Gunawan, I. K. G. W., Putrayasa, I. B., & Wendra, I. W. (2017). Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Teks Ulasan. Jurnal Keterapian Fisik, 2(2), 1689–1699. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v7i2.11278

Herayanti, L., Safitri, B. R., Sukroyanti, B. A., & Putrayadi, W. (2019). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran bagi Guru-Guru di SDN 1 Ubung dengan Memanfaatkan Bandicam. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(4), 1–6. https://doi.org/10.29303/jppm.v2i4.1552

Jatmoko, D., & Faizun, M. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelayanan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 6(1), 104–113. https://doi.org/DOI: 10.37729/jpse.v6i1.6495

Jauhari, M. I. (2018). Peran Media Pembelajaran dalam Pendidikan Islam. Journal PIWULANG, 1(1), 54. https://doi.org/10.32478/ngulang.v1i1.155

Kharissidqi, M. T., & Firmansyah, V. W. (2022). Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran yang Efektif. Indonesian Journal of Education and Humanity, 2(4), 108–113. https://ijoehm.rcipublisher.org/index.php/ijoehm/article/view/34

Larasati, S. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Deepublish Publisher.

Lisa, J. L., & Ariesta, R. (2019). Analisis Interaksi Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(3), 270–282. https://doi.org/10.33369/jik.v2i3.6782

Mawardi. (2018). Merancang Model dan Media Pembelajaran. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 26–40. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p26-40

Mila, N., Nuralamsyah, Alisyahbana, A. N. Q. A., Arisah, N., & Hasan, M. (2021). Efektivitas Pemanfaatan Canva sebagai Media Pembelajaran Daring. Penelitian Dan Pengabdian Inovatif Pada Masa Pandemi Covid-19, 181–188. https://prosiding.rcipublisher.org/index.php/prosiding/article/view/132

Mutaqin, F. M., Jubaedah, I., Koestianto, H., & Setiabudi, D. I. (2023). Efektif Artificial Intelligence (AI) dalam Belajar dan Mengajar. Jurnal Pendidikan: SEROJA, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.572349/seroja.v1i2.582

Myori, D. E., Chaniago, K., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(2), 102–109. https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.106832

Ningrum, C. C. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di SD Negeri Kaliputih.

Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta.

Nurahman, A., & Pribadi, P. (2022). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan pada Media Pembelajaran Berbantuan Google Assistant. Jurnal Genesis Indonesia (JGI), 1(1), 24–32. https://doi.org/10.56741/jgi.v1i01.17

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171–120. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Padillah, I., Sholih, S., & Naim, M. (2019). Analisis Program Pelatihan Keterampilan di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(2), 185–196. https://doi.org/10.15294/jnece.v3i2.40988

Palupi, D. A. P., & Cahjono, M. P. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran dan Lingkungan Akademis Terhadap Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 212–222. https://doi.org/10.24246/j.jk.2022.v9.i2.p212-222

Prasetya, B. (2022). Penerapan Video Pembelajaran Berbasis Bandicam dengan Pendekatan Ekspositori. DHABIT: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 74–78. https://dhabit.web.id/index.php/dhabit/article/view/40

Saputra, V. H., & Febriyanto, E. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Anak Tuna Grahita. Methema Journal, 1(1), 15–23. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/350/247

Setiawan, B., & Purnomo, E. (2019). Pelatihan Media Pembelajaran Multimedia dengan Powerpoint dan Wondershare untuk Pengembangan Soft Skills Siswa Bagi Guru SD &TK. WARTA, 6(1), 64–73. https://doi.org/10.23917/warta.v19i1.1985

Sinsuw, A. A. E., & Sambul, A. M. (2017). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Guru-guru SMP. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 6(3), 105–110. https://doi.org/10.35793/jtek.v6i3.18070

Somantri, D. W. (2015). Pelaksanaan Pembelajaran Menggunakan Media Modul. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 1–11. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fiptp/article/view/700

Sriwijaya, N., Machdalena, Sriwijaya, Lailatin, M., & Sriwijaya. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Desain dan Produksi Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva for Education bagi Guru Bahasa di Kota Palembang. DINAMISIA, 6(1), 171–180. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.8340

Suhelayanti, Emda, A., Misbah, Oviana, W., & Ilahi, R. (2024). Pemanfaatan AI dalam Pembuatan Media dan Asessment Pembelajaran IPAS. Bansigom: Jurnal Kolaboratif Akademika, 1(1), 1–7.

Sulistiani, H., Darwis, D., Silaen, D. S. M., & Marlyna, D. (2020). Pengembagan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Multimedia (Studi Kasus: SMA Bina Mulya Gading Rejo, Pringsewu). Jurnal Komputer Dan Informatika, 15(1), 127–136. https://journal.untar.ac.id/index.php/JKI/article/view/7195

Syahroni, M., Dianastiti, F. E., & Firmadani, F. (2020). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 170–178. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.28847

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(2), 79–85. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/article/view/104261/101751

Wijayanto, G., Rivai, Y., Jusatria, Parta, I. B. M. W., & Archristhea, A. (2023). Pelatihan Teknis Penggunaan Aplikasi Artificial Inteligences (AI) Mentimeter bagi Dosen Pemula untuk Meningkatkan Kualitas Perkuliahan yang Interaktif dan Inovatif. Journal of Human And Education, 3(3), 1–9. https://doi.org/10.31004/jh.v3i3.328