PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN LIVEWORKSHEET TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR IPA

Main Article Content

P.M. Parwatha
I.K. Sudarma
I.W. Sukra Warpala

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model Project Based Learning Berbantuan Liveworksheets terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar IPA. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian kuasi eksperimen di SMK Negeri 1 Abang tahun pelajaran 2023/2024. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X di SMK Negeri 1 Abang yang berjumlah 11 kelas. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil random diperoleh kelas X AKL 1 (25 orang) sebagai kelompok eksperimen dan kelas X AKL 2 (25 orang) sebagai kelompok kontrol. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Data kemampuan berpikir dan data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan metode tes. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan statistik multivariat. Sebelum pengujian hipotesis penelitian terlebih dahulu dilakukan uji asumsi data yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, uji kolinearitas, dan uji homogenitas matriks varians kovarian. Setelah uji asumsi terpenuhi dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan statistik multivariat. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar secara bersama-sama antara siswa yang belajar dengan Model Project Based Learning Dan Direct Interaction Berbantuan liveworksheet. Hal ini dibuktikan dengan hasil statistik multivariat Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace, dan Roy’s Largest Root pada model pembelajaran memiliki nilai signifikansi sebesar 0,001 yang lebih kecil dari taraf signifikansi yang ditetapkan sebesar 0,05; 2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara siswa yang belajar dengan Project Based Learning Dan Direct Interaction Berbantuan Liveworksheets. Rata-rata kemampuan berpikir kreatif kelompok Project Based Learning berbantuan Liveworksheets (M=73,20; SD=4,84) lebih besar dari Direct Interaction Berbantuan Liveworksheets (M=69,92; SD=4,67); dan 3) Terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang belajar dengan Project Based Learning Dan Direct Interaction Berbantuan liveworksheet. Rata-rata hasil belajar kelompok Project Based Learning berbantuan Liveworksheets (M=70,60; SD=4,81) lebih besar dari kelompok Direct Interaction Berbantuan Liveworksheets (M=68,84; SD=4,60).

Article Details

Section
Articles

References

Amandus Hutasoit, S. (2021). Pembelajaran Teacher Centered Learning (TCL) dan Project Based Learning (PBL) dalam Pengembangan Kinerja Ilmiah dan Peninjauan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(10), 1775–1799. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i10.294

Apriyani, T. D., Fadiawati, N., Syamsuri, M. M. F., & Lampung, B. (2019). The Effectiveness of Problem-Based Learning on the Hoax Information to Improve Students’ Critical Thinking. International Journal of Chemistry Education Research, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.20885/ijcer.vol3.iss1.art

Astuti, N., Efendi, U., & Fagia Haya, F. (2022). The Impact of Project Based Learning Model on Creative Thinking Ability of Forth Grade Students. International Journal of Elementary Education, 6(3), 440–445. https://doi.org/10.23887/ijee.v6i3.48881

Bahtiar, Ibrahim, & Maimun. (2022). Analysis Of Students’ Scientific Literacy Skill In Terms Of Gender Using Science Teaching Materials Discovery Model Assisted By Phet Simulation. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(3), 371–386. https://doi.org/10.15294/jpii.v11i3.37279

Bédard, D., Lison, C., Dalle, D., Côté, D., & Boutin, N. (2022). Problem-based and Project-based Learning in Engineering and Medicine: Determinants of Students’ Engagement and Persistance. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 6(2), 8–22. https://doi.org/10.7771/1541-5015.1355

Firtsanianta, H., & Khofifah, I. (2022). Efektivitas E-LKPD Berbantuan Liveworksheets Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Conference of Elementary Studies, 140–147. https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/14918

Hartati, M. S., Rahayu, I., & Kashardi. (2023). Critical Thinking Ability Using STEAM-Based PBL Learning at Junior High School Students. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(2), 75–81. http://iocscience.org/ejournal/index.php/Cendikia/article/view/4190%0Ahttps://iocscience.org/ejournal/index.php/Cendikia/article/download/4190/3018

Heong, Y. M., Othman, W. B., Yunos, J. B. M., Kiong, T. T., Hassan, R. Bin, & Mohamad, M. M. B. (2021). The Level of Marzano Higher Order Thinking Skillsamong Technical Education Students. International Journal of Social Science and Humanity, 1(2), 121–125. https://doi.org/10.7763/ijssh.2011.v1.20

Hidayah, N. (2017). Implementation of Project-Based Learning Model in the Inclusive Education Perspective. Proceeding of Ahmad Dahlan International Conference on Mathematics And Mathematics Education, October, 13–14. https://seminar.uad.ac.id/index.php/adintercomme/article/view/107

Hudha, M. N., Aji, S., & Rismawati, A. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. SEJ (Science Education Journal), 1(1), 36–51. https://doi.org/10.21070/sej.v1i1.830

Kamali, M. A., Utami, C. T., Palefi Ma’Ady, M. N., Salman, & Amifia, L. K. (2023). IoT-Based Flood Early Warning System For Remote Deployment and an Integrated Social Media. 2023 IEEE Asia-Pacific Conference on Geoscience, Electronics and Remote Sensing Technology: Global Challenges in Geoscience, Electronics, and Remote Sensing: Future Directions in City, Land, and Ocean Sustainable Development, AGERS 2023, December 2023, 215–219. https://doi.org/10.1109/AGERS61027.2023.10490838

Lattimer, H., & Riordan, R. (2011). Project-Based Learning Engages Students in Meaningful Work: Students at High Tech Middle Engage in Project-Based Learning. Middle School Journal, 43(2), 18–23. https://doi.org/10.1080/00940771.2011.11461797

Magelo, C., Hulukati, E., & Djakaria, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Open-Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jambura Journal of Mathematics, 2(1), 15–21. https://doi.org/10.34312/jjom.v2i1.2593

Novikova, Y. (2020). Using Liveworksheets To Diversify Language Lessons. Bulletin of Kharkov National Automobile and Highway University, 0(91), 221. https://doi.org/10.30977/bul.2219-5548.2020.91.0.221

Octaviani, R. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Stem Untuk Sekolah Dasar Materi Perubahan Wujud Benda. 1(5), 109–123. http://repository.uinsu.ac.id/23643/

Prakoso, N. A., & Rusnilawati, R. (2024). Analisis Model Project Based Learning Berbantuan Liveworksheets Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Dan Keterampilan Literasi Sains. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 9(2), 88. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v9i2.14304

Putri, Y. S., & Alberida, H. (2022). Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas X Tahun Ajaran 2021/2022 di SMAN 1 Pariaman. Biodik, 8(2), 112–117. https://doi.org/10.22437/bio.v8i2.17356

Ramadhani, R. P. (2024). Pengembangan Lkpd Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpkir Kreatif Matematis Siswa. Euclid, 11(2), 89–101. https://doi.org/10.33603/e.v11i2.8962

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1). https://www.researchgate.net/publication/371279776_MENGEMBANGKAN_KETERAMPILAN_ABAD_KE-21_DALAM_PEMBELAJARAN_KIMIA

Rusnawati, M., Santyasa, I. W., & Tegeh, I. M. (2021). The Effect of Project Based E-Learning Models toward Learning Outcomes and Critical Thinking Skills of Vocational High School Students. JPP (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran), 27(2), 57–64. https://doi.org/10.17977/um047v27i22020p057

Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Romlie, M. (2020). Implementation of Project-Based Learning Model and Workforce Character Development for the 21st Century in Vocational High School. International Journal of Instruction, 14(1), 181–198. https://doi.org/10.29333/IJI.2021.14111A

Suhirman, S., Prayogi, S., & Asy’ari, M. (2021). Problem-Based Learning with Character-Emphasis and Naturalist Intelligence: Examining Students Critical Thinking and Curiosity. International Journal of Instruction, 14(2), 217–232. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14213a

Sumarni, W., Wijayati, N., & Supanti, S. (2019). Kemampuan Kognitif Dan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Berpendekatan Stem. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 4(1), 18–30. https://doi.org/10.17977/um026v4i12019p018

Viona, V. O., Junaedi, I., & Ardiansyah, A. S. (2022). Telaah Model Challenge Based Learning Terintegrasi STEAM berbantuan Sevima Edlink terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 557–565. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66789

Zubaidah. (2024). Pemberdayaan Keterampilan Penemuan dalam Scientific Approach Melalui Pembelajaran Berbasis Remap Coople. Seminar Nasional XI Pendidikan Biologi FKIP UNS Biologi, Sains, Lingkungan, Dan Pembelajarannya, 1000–1011. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/7970