PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN IMPLEMENTASI DALAM SUASANA FLIPPED CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS PERCETAKAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas video pemebelajaran berbasis proyek dan implementasinya menggunakan flipped classroom pada mata pelajaran Desain Grafis Percetakan. Pendidikan akan bekembang jika pembelajaran yang dilakukan bisa dimana saja, namun pembelajaran yang bisa dilakukan dimana-mana harus menggunakan bahan ajar tertentu karena bahan ajar merupakan salah satu alternatif yang bisa dilakukan untuk melaksanakan pemblajaran dimana saja. Video pembelajaran merupakan salah satu alternatif untuk menyampaikan materi melalui teknologi sebagai prantaranya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas video pembelajaran berbasis proyek dan menggunakan google classroom sebagai sarana penyampaianya kepada peserta didik untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Multimedia di SMK Negeri 2 Kintamani tahun ajaran 2020/2021. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif, dan statistik inferensial (uji t). Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rerata uji Pretest dengan rerata uji Posttest berturut-turut yaitu 67,3 dan 84,78, serta jika diakumulasikan kedalam nilai Kriteria Ketuntasan Minimal sebesar 73 maka dapat disimpulkan video pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Article Details
References
Creswell, John W. (2014). Research Design: Pendekatan Kualitatif Kuantitatif dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Handayani.S. (2018). Penerapan media video pembelajaran pada kompetensi dasar membuat pola dasar rok secara konstruksi di kelas x tata busana 3 smk negeri 6 surabaya. e-Journal UNESHA. 07(02). 18-21.
Johnson, Graham Brent. (2013). Student Perceptions Of The Flipped Classroom. Columbia: The University Of British Columbia.
Mukherjee.S. (2018). Role of multimedia in education. Edelweiss applied science and technology, 2, (576-8484). Diakses pada: Mukherjee S. Edelweiss Applied Science and Technology, 2018 PDF: 149, 2:1
Muna.H., NIzarudin., & Murtianto.Y.H. (2017). Pengembangan video pembelajaran matematika berbantuan macromedia flash 8 dengan pendekatan kontekstual pada materi program linier kelas XI. Aksioma. 8(2). 2579-7646.
Novauli, feralys.M. (2015). Kopetensi guru dalam peningkatan prestasi belajar pada SMP dalam kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan. Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. 03(01). 45-67.
Rachmadtullah, Reza, dkk. (2018). Development of computer-based interactive multimedia: study on learning in elementary education. International Journal of Engineering & Technology, 7 (4) (2018) 2051-2054. Tersedia pada: https://www.researchgate.net/publication/327477020.
Sutama., Herry. N. D., & Suyatmini. (2013). Dampak flipped classroom pada pembelajaran matematika di smk. Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah, 4, (49-54).
Yusup, M. M., Amin. M., & Nugraningsih. (2017). Developing of instructional media-based animation video on enzyme and metabolism material In senior high school. Indonesian Journal of Biology Education, 3(3), 254-257. Tersedia pada http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jpbi