PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA BERBASIS AUGMENTED REALITY

Main Article Content

H.B. Safa
O. Hardiyantari

Abstract

Media pembelajaran sangat penting untuk proses pembelajaran di sekolah. Pembelajaran yang hanya mengandalkan teks dianggap kurang optimal, sehingga berdampak pada tingkat pemahaman belajar siswa yang cenderung rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality yang berfokus pada materi sistem pernapasan manusia untuk siswa kelas VIII. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah media pembelajaran yang telah dikembangkan layak dan efektif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan media pembelajaran yang diterapkan adalah ADDIE, yang terdiri dari lima tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memiliki tingkat kelayakan yang sangat baik, dengan skor 87% dari ahli media, 96% dari ahli materi, dan 87,1% dari siswa. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa media ini mampu meningkatkan pemahaman siswa dengan nilai gain sebesar 0,62, yang termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang telah dikembangkan terbukti sangat layak dan efektif dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar.

Article Details

Section
Articles

References

Ade, U. (2023). Potensi Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Efektif Teks Berita Bahasa Indonesia. 1(2). https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/si/article/view/4747

Alfiana, I., & Purbawanto, D. S. (2021). Media Pembelajaran Sistem Pernapasan Manusia dengan Pemanfaatan Augmented Reality Berbasis Android. Edu Elektrika Journal, 10(2), 35–41. https://journal.unnes.ac.id/sju/eduel/article/view/51791

Fajarianingtyas, D. A., & Hidayat, J. N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Biologi Dasar untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa IPA. Jurnal Kiprah, 11(1), 12–20. https://doi.org/10.31629/kiprah.v11i1.5357

Fauzi, J. R. (2023). Algoritma dan Flowchart dalam Menyelesaikan Suatu Masalah. Jurnal Hukum Progresif. https://www.academia.edu/download/65240641/Makalah_20330044_Johan_Reza_Fauzi.pdf

Ferawati, Sirumapea, A., & Zaenuri, A. (2022). Multimedia Interaktif Pembelajaran Matematika SMA Pokok Bahasan Vektor Studi Kasus SMAN 1 Karangtengah Demak. AJCSR [Academic Journal of Computer Science Research], 4(2), 8–19. https://scholar.archive.org/work/qdk4atiqargs3hvyybdlgs3wci/access/wayback/https://journal.global.ac.id/index.php/AJCSR/article/download/529/pdf

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. 2(1), 93–97. https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084

Hanannika, L. K., & Sukartono, S. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis TIK pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6379–6386. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3269

Hesti Ningrum, Y., & Dani Apriyani, D. (2020). Perancangan Media Pembelajaran Mengenal Asmaul Husna Berbasis Android. Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 1(4), 467–474. https://jim.unindra.ac.id/index.php/jrami/article/view/466

Kawete, M., Gumolung, D., & Aloanis, A. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Materi Ikatan Kimia dengan Model ADDIE Sebagai Penunjang Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Oxygenius Journal Of Chemistry Education, 4(1), 63–69. https://doi.org/10.37033/ojce.v4i1.374

Muqdamien, B., Puji Raraswaty, D., & Sultan Maulana Hasanuddin Banten, U. (2021). Tahap Definisi Dalam Four-D Model Pada Penelitian Research & Development (R&D) Alat Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains dan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Intersections, 6(1), 23–33. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/intersections/article/view/589

Nadzif, M., & Irhasyuarna, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Sistem Tata Surya SMP. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(3), 17–27. https://jurnal.jomparnd.com/index.php/jp/article/view/69/198

Renaldy, J. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Materi Proses Masuk dan Perkembangan Bangsa Eropa di Lampung Kelas XI IPS SMAN 2 Gadingrejo [Skripsi, Universitas Lampung]. http://digilib.unila.ac.id/75221/

Risdiana Chandra, D. (2022). Pelatihan Analisis Data Kuantitatif Untuk Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 4575–4578. http://bajangjournal.com/index.php/J-ABDI

Sari, I. P., Batubara, I. H., Hazidar, A. H., & Basri, M. (2022). Pengenalan Bangun Ruang Menggunakan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran. Hello World Jurnal Ilmu Komputer, 1(4), 209–215. https://doi.org/10.56211/helloworld.v1i4.142

Terezian, B., & Fatmawati, S. (2024). Aplikasi Pengenalan Perangkat Keras CPU Komputer Berbasis Augmented Reality. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 14(2), 183–194. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v14i2.4146

Wardani, K. K., Alwiyanti, N. A., & Widodo, T. (2024). Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Memvisualisasi Perubahan Wujud Benda Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Informatika & Rekayasa Elektronika, 7(1), 132–139. http://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jireISSN.2620-6900

Wardani, S. (2015). Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality (AR) Untuk Pengenalan Aksara Jawa Pada Anak. Jurnal Teknologi, 8(2), 104–111. https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/1119

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 05(02), 3928–3936. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1074