PENGARUH MODEL PROBLEM BASED BLENDED LEARNING BERBANTUAN PORTAL MELAJAH.ID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK SMK

Main Article Content

I.N.E. Imawan
I.K. Suartama
I.K. Sudarma

Abstract

Penggunaan teknologi dan model Problem Based Blended Learning berbantuan Portal Melajah.id  dalam dunia pendidikan menjadi solusi inovatif dan relevan dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Blended Learning berbantuan Portal Melajah.id terhadap hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalah dalam mata pelajaran Engine Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Abang. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen yang dilakukan pada peserta didik kelas XI, dengan XI TKR 1 sebagai kelas eksperimen (24 siswa) dan XI TKR 2 sebagai kelas kontrol (26 siswa) yang dipilih menggunakan teknik random kelas. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes objektif (50 butir soal), sedangkan data kemampuan pemecahan masalah diperoleh melalui tes esai (10 soal). Analisis data menggunakan MANCOVA setelah memenuhi uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan signifikan dalam hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalah antara peserta didik yang belajar menggunakan Problem Based Blended Learning berbantuan Portal Melajah.id dan yang belajar secara konvensional (Sig. = 0,000 < 0,05). (2) Model ini berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,018 < 0,05. (3) Model ini juga berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah, dengan nilai signifikansi 0,01 < 0,05. Dengan demikian, model Problem Based Blended Learning berbantuan Portal Melajah.id terbukti lebih efektif dibandingkan metode konvensional dalam meningkatkan hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada mata pelajaran Engine Kendaraan Ringan.

Article Details

Section
Articles

References

Aminah, S., Sembiring, M. G., & Prastiti, T. D. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar pada Pembelajaran Blended Problem-Based Learning. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2773–2787. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1728

Hakim, R. N., Purba, H. S., & Kusumawati, E. (2021). Penerapan Blended Learning Dengan Coursesite Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas X-TKJ 1 SMKN 1 PelaiharI. JURMADIKTA, 1(2), 82–89. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v1i2.803

Nande, M., & Irman, W. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 180–187. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.240

Ndelos, M. M., Komala, E., & Monariska, E. (2023). Penerapan Model Blended Learning Berbantuan Aplikasi Koco Schools untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. PRISMA, 12(2), 446. https://doi.org/10.35194/jp.v12i2.3724

Prima, L., Mustaji, M., & Kristanto, A. (2024). Pengaruh Model Blended Learning terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa pada Materi Faktor-Faktor yang Memengaruhi Laju Reaksi. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 163–168. https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.733

Puspitasari, S., Hayati, K. N., & Purwaningsih, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Model Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Basicedu, 6(1), 1252–1262. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2186

Putri1, N. P. W. P., & Cahayani, N. L. P. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS 2 Di SMA Negeri 1 Blahbatuh Tahun Pelajaran 2021/2022. https://doi.org/10.5281/ZENODO.7122709

Saragih, N. R., Manurung, S., & Purba, Y. O. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning menggunakan Google Classroom terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 1248-1259. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8367

Sari, R. T. P., & Kriswandani, K. (2024). Pengaruh Blended Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smk Diponegoro Salatiga. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 5(2), 1246–1252. https://doi.org/10.46306/lb.v5i2.711

Sukartini, N. N. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Evaluasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 3(1),73-82. https://doi.org/10.5281/ZENODO.6566603

Syahrul, Jaya, H., & Manguling, I. S. W. (2024). Efektivitas Model Blended Learning Menggunakan Cisco Packet Tracer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di SMK Negeri 7 Makassar. JIMU:Jurnal Ilmiah Multidisipliner, 2(04), 898–905. https://doi.org/10.70294/jimu.v2i04.458

Wahyuni, A., Romansyah, R., & Hardi, E. (2022). Pengaruh Implementasi Model Problem Based Learning Berbasis Blended Learning Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 3(3), 576. https://doi.org/10.25157/j-kip.v3i3.8595