EFEKTIFITAS MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Masih terbatasnya media pembelajaran yang valid dan efektif, khususnya untuk topik perbandingan dan skala di kelas V SD, menuntut pengembangan media yang mampu menunjang pemahaman siswa secara optimal. Kebutuhan akan media video pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar secara signifikan menjadi alasan penting dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk merancang dan menghasilkan media video pembelajaran yang valid untuk topik perbandingan dan skala pada siswa kelas V SD. Metode yang digunakan adalah model penelitian 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Uji coba dilakukan terhadap ahli mata pelajaran, ahli desain, ahli media, serta siswa dalam berbagai skala. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan tes, lalu dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan statistik inferensial. Hasil validasi menunjukkan media sangat baik dengan persentase tinggi dari berbagai ahli dan uji coba siswa. Uji efektivitas menggunakan uji-t menunjukkan perbedaan signifikan dalam hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan media, dengan t-hitung (8,814) lebih besar dari t-tabel (2,003), sehingga media ini terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Article Details
References
Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan : Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Undiksha.
Agung, A. A. G. (2017a). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Universitas Pendidikan Ganesha.
Agung, A. A. G. (2017b). Statistika Inferensial untuk Pendidikan (Disertai Aplikasi SPSS). Singaraja.
Anisensia, T., Bito, G. S., & Wali, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SDI Blidit Kabupaten Sikka. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 61–69. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i1.351
Apiyati, S. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Pokok Bahasan Pecahan. Jurnal Cakrawala Pendas, 1(2). http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v1i2.327
Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281–288. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941
Awalia, Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan media pembelajaran animasi Powtoon pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49–56. http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534
Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis keterampilan berpikir kritis Siswa sekolah dasar pada pembelajaran matematika kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 61–70. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.13529
Dewi, N. K. R., Tastra, I. D. K., & Pudjawan, K. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Mata Pelajaran Bahasa Bali Untuk Siswa Kelas III. Jurnal Edutech Undiksha, 4(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v4i2.7630
Gantiny Ida. (2018a). Buku Guru Senang Belajar Matematika. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Gantiny Ida. (2018b). Senang Belajar Matematika. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Hanifah, N. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Materi Elastisitas Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Student Archievment Division (STAD) Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 1(3). https://jim.usk.ac.id/pendidikan-fisika/article/view/316/0
Heruman. (2007). Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. PT Remaja Rosdakarya.
Jesmita, J. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2137–2143. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.291
Kamarullah, K. (2017). Pendidikan matematika di sekolah kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21–32.
Krisnayanti, R., & Wiarta, I. W. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Berbasis Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Matematika. Journal on Teacher Education, 3(3), 414–427. https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4867
Kristanti, D., & Julia, S. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model 4-D untuk Kelas Inklusi sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).
Kusumawati, H., & Mawardi, M. (2016). Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan STAD Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 251–263. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p251-263
Lestari, W., Pratama, L. D., & Jailani, J. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 29–36. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2332
Mahadewi, L. P. P. (2012). Media Video Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.
Nuritha, C., & Tsurayya, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 66–74. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.430
Panje, M., Sihkabuden, S., & Toenlioe, A. J. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Bahasa Indonesia Teknik Membaca Puisi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(8), 1473–1478. https://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6617
Prasetyawati, V. (2021). Metode Cooperative Learning dalam Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Epistema, 2(2), 90–99. http://dx.doi.org/10.21831/ep.v2i2.41275
Primadewi, N. M. A., & Agustika, G. N. S. (2022). Video Animasi Berorientasi Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 167–177. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.46477
Riyana, C. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. P3AI Universitas Pendidikan Indonesia.
Salsabila, A. H., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2023). Penerapan Model 4D Dalam Pengembangan Video Pembelajaran Pada Keterampilan Mengelola Kelas. Jurnal Pendidikan West Science, 1(8), 495–505. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i08.553
Septian, A., Agustina, D., & Maghfirah, D. (2020). Model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 10–22. https://doi.org/10.33365/jm.v2i2.652
Septiani, A., & Kejora, M. T. B. (2021). Tingkat Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Online Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2594–2606. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.914
Sholikhakh, R. A., Pujiarto, H., & Suwandono, S. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 33–39. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.561
Solviana, M. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19: Penggunaan Gamifikasi Daring di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v1i1.2082
Sudarma, I. K. (2015). Desain Pesan Kajian Analitis Desain Visual Teks dan Images. Graha Ilmu.
Suparmini, M. (2021). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Journal of Education Action Research, 5(1), 67–73. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31559
Sutarna, N. (2016). Penerapan Metode Penugasan Untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Peta Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Geografi Gea, 16(1), 34–43. https://doi.org/10.17509/gea.v16i1.3466
Tegeh, I. M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmu, 24(2), 158–166. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262
Tegeh, I. M., & Sudatha, I. G. W. (2019). Model-model Desain Pembelajaran: Seri Buku Teks Teknologi Pendidikan. Undiksha.
Tegeh I Made. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Universitas Pendidikan Ganesha.
Tyas, R. (2017). Kesulitan penerapan problem based learning dalam pembelajaran matematika. Jurnal Tecnoscienza, 2(1), 43–52. https://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/TECNOSCIENZA/article/view/26
Waluyo, S. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Materi Faktorisasi Suku Aljabar Siswa SMP [Disertasi]. Universitas Muhammadiyah Malang.
Wibowo, A. (2017). Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dan saintifik terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis dan minat belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10066
Widiari, L. E. R., & Astawan, I. G. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Topik Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education, 5(2), 231–239.
Widiarti, N. K., Sudarma, I. K., & Tegeh, I. M. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Melalui Media Video Pembelajaran. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 195–205. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38376
Wiryanto, W. (2020). Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(2), 125–132. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p125-132
Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda, 4(1). https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikandasar/article/view/1785
Wuryanti, U., & Kartowagiran, B. (2016). Pengembangan media video animasi untuk meningkatkan motivasi belajar dan karakter kerja keras siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2). http://dx.doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12055