PENGARUH DUKUNGAN DOSEN PENDIDIKAN TINGGI TERHADAP KETERLIBATAN BELAJAR MAHASISWA DENGAN ACADEMIC SELF-EFFICACY SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh dukungan dosen terhadap keterlibatan belajar mahasiswa, dan menggunakan academic self-efficacy sebagai variabel penengah untuk menganalisis mekanisme kerjanya dalam pendidikan tinggi. Penelitian ini didasarkan pada sampel 399 mahasiswa dari enam perguruan tinggi di Kunming, Tiongkok. Metode kuantitatif digunakan, data dikumpulkan melalui survei kuesioner, dan hipotesis diuji menggunakan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan dosen (termasuk dukungan belajar, dukungan kemampuan, dan dukungan emosional) memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keterlibatan belajar mahasiswa, dan academic self-efficacy berperan sebagai variabel penengah sebagian. Secara khusus, dukungan belajar, dukungan kemampuan, dan dukungan emosional masing-masing dapat meningkatkan academic self-efficacy mahasiswa, sehingga meningkatkan keterlibatan belajar mereka. Penelitian ini tidak hanya memperkaya kerangka teori hubungan antara dukungan dosen dan keterlibatan belajar mahasiswa, tetapi juga memberikan panduan praktis bagi pengelola pendidikan perguruan tinggi dan dosen, yang dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan.
Article Details
References
Banas, J. R., & Polly, D. (2016). Desain instruksi dan tren teknologi dalam pendidikan guru: Edisi khusus divisi pendidikan guru AECT dari TechTrends. TechTrends, 60, 2-3.https://link.springer.com/article/10.1007/s11528-015-0007-2
Parsons, J., & Taylor, L. (2011). Meningkatkan keterlibatan siswa. Current Issues in Education, 14(1).https://cie.asu.edu/ojs/index.php/cieatasu/article/view/745
Schunk, D. H., & DiBenedetto, M. K. (2022). Academic self-efficacy. In Handbook of Positive Psychology in Schools (pp. 268-282). Routledge.https://www.taylorfrancis.com/chapters/edit/10.4324/978100301377821/academic-self-efficacy-dale-schunk-maria-dibenedetto
Schunk, D. H., & Pajares, F. (2002). Pengembangan academic self-efficacy. In Pengembangan motivasi prestasi (pp. 15-31). Academic Press.https://doi.org/10.1016/B978-012750053-9/50003-6
Honicke, T., & Broadbent, J. (2016). Pengaruh academic self-efficacy terhadap prestasi akademis: Tinjauan sistematis. Educational Research Review, 17, 63-84.https://doi.org/10.1016/j.edurev.2015.11.002
Wu, B., Li, Z., Zhang, H., & Wang, J. (2024). Penelitian tentang mekanisme pengaruh keterlibatan perilaku belajar mahasiswa terhadap perkembangan kemampuan dan mekanisme peningkatannya. Jurnal Universitas Kereta Api Selatan Barat (Edisi Ilmu Sosial), (02), 105-123.https://www.cnki.net/KCMS/detail/detail.aspx?dbcode=CJFD&dbname=CJFDLAST2024&filename=XNJS202402007&uniplatform=OVERSEA&v=EdGvhTy2iu9ZiVisYEvm59RtWlVZEy2-520QY0y0SubtqrpU4hBkzgaPUOVzxhVh
Yang, Y., & Chen, N. (2018). Studi empiris tentang keterlibatan belajar kognitif siswa sekolah dasar dan menengah — Berdasarkan data pengawasan kualitas pendidikan dasar di Kecamatan L, Shenzhen. Pendidikan Pengukuran dan Evaluasi (09), 58-64.https://chn.oversea.cnki.net/KCMS/detail/detail.aspx?dbcode=CJFD&dbname=CJFDLAST2018&filename=PJYC201809008&uniplatform=OVERSEA&v=0W29aKEM9SGnyfaiZEOsnePfi_nLYUTqtPyUlXQhp7-eaYoeEfAPsgRGDkox7q4
Chen, P., & Bai, J. (2024). Studi meta-analisis tentang dampak umpan balik belajar terhadap keterlibatan belajar siswa. Penelitian Pendidikan Tinggi Heilongjiang (08), 139-146. https://doi.org/10.19903/j.cnki.cn23-1074/g.2024.08.018.
Chen, C., He, Z., Zhang, B., & Tan, Z. (2023). Studi tentang hubungan kemampuan belajar digital mahasiswa, keterlibatan belajar, dan hasil belajar dalam pembelajaran daring. Pendidikan Sains Tinggi (02), 72-80.http://www.cnki.net/KCMS/detail/detail.aspx?dbcode=CJFD&dbname=CJFDLAST2023&filename=GDLK202302010&uniplatform=OVERSEA&v=VtS6dNrnk8pfUPLk_jCGGtsMv_uZ_EYZTJ9LynATw0vpe-xWtHqPzUpnmI3Gwfbo
Tong, Y., Wu, H., & Huang, Z. (2016).Studi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keterlibatan belajar mahasiswa di Perguruan Tinggi Sarjana Aplikasi. Jurnal Akademi Teknologi Keilmuan Pertanian Liaoning (03), 50-51.https://chn.oversea.cnki.net/KCMS/detail/detail.aspx?dbcode=CJFD&dbname=CJFDLAST2016&filename=LNNJ201603019&uniplatform=OVERSEA&v=nWMuP_qFBD8BKZPy1CBMKwRamtfmEfIeQ0bbsZ6PtRviUFmXU35UG6oeHfDBnJu2
Yu, Q., Liu, J., & Zhao, Y. (2017). Studi tentang mekanisme dampak dukungan guru terhadap motivasi belajar siswa dan prestasi akademis. Jurnal Universitas Tianjin (Edisi Ilmu Sosial), (06), 542-547.https://chn.oversea.cnki.net/KCMS/detail/detail.aspx?dbcode=CJFD&dbname=CJFDLAST2016&filename=LNNJ201603019&uniplatform=OVERSEA&v=nWMuPqFBD8BKZPy1CBMKwRamtfmEfIeQ0bbsZ6PtRswARZTqiEIfS6JiMf6m8w8
Peng, J., Wang, L., & Jiang, L. (2022).Studi tentang situasi saat ini dan solusi keterlibatan belajar mahasiswa–Berdasarkan survei jurusan pendidikan di Universitas H. Jurnal Akademi Pendidikan Dewasa Universitas Hebei (04), 81-87.https://chn.oversea.cnki.net/KCMS/detail/detail.aspx?dbcode=CJFD&dbname=CJFDLAST2023&filename=HDCJ202204011&uniplatform=OVERSEA&v=aEDFgD56etO6IR6Ax-OmLOKe-ImQMiq9NJSYG9hJFUgO1XvJ0PWRkRHemjpDcdao
Ji, C., Zhang, Y., & Yu, J. (2023).Hubungan antara dukungan guru dan keterlibatan belajar siswa Sekolah Menengah Pertama–Efek mediator berantai konsep diri akademis dan keefikasian diri akademis. Jurnal Lembaga Penelitian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Tianjin, (01), 67-77.https://chn.oversea.cnki.net/KCMS/detail/detail.aspx?dbcode=CJFD&dbname=CJFDLAST2023&filename=TJJK202301007&uniplatform=OVERSEA&v=zcZI5rebcM5e70lY3pF7aNMYKFaiUsarjYckEtqa4Yosb9x8Rl6cy67mmm5Q4ph
Chen, X., Qian, H., & Li, L. (2023). Hubungan antara kepercayaan diri akademis mahasiswa dengan strategi belajar dan atributi akademis. Jurnal Universitas Pendidikan Xianyang, (06), 103-109. https://www.cnki.net/KCMS/detail/detail.aspx?dbcode=CJFD&dbname=CJFDLAST2024&filename=XYSF202306017&uniplatform=OVERSEA&v=8egESlRnffrCEkKJqYgLS34YbL1PIreiCbXS-ub6z8MQBlOH5MqW7xNODSIoN4NM
Sun, Y., Ren, Y., Jia, C., Jiang, X., & Liu, J. (2023). Pengaruh gaya penanaman modal orang tua terhadap prestasi akademis siswa: Peran mediator kepercayaan diri akademis. Psikologi Kampus, (06), 388-397.https://www.cnki.net/KCMS/detail/detail.aspx?dbcode=CJFD&dbname=CJFDLAST2023&filename=YXXL202306002&uniplatform=OVERSEA&v=ZLD4zsweAwM-yT cCcCTZhUFxNue7Uy2EuufU7Fsc-eiIKWsWLYUMOzhsMnLalsq
Bandura, A. (1977). Self-efficacy: Toward a unifying theory of behavioral change. Psychological Review, 84(2), 191–215.https://doi.org/10.1037/0033-295X.84.2.191
Chong, W. H., Liem, G. A. D., Huan, V. S., Kit, P. L., & Ang, R. P. (2018). Student perceptions of self-efficacy and teacher support for learning in fostering youth competencies: Roles of affective and cognitive engagement. Journal of Adolescence, 68, 1-11.https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2018.07.002
Strati, A. D., Schmidt, J. A., & Maier, K. S. (2017). Perceived challenge, teacher support, and teacher obstruction as predictors of student engagement. Journal of Educational Psychology, 109(1), 131–147.https://doi.org/10.1037/edu0000108
Klem, A. M., & Connell, J. P. (2004). Relationships matter: Linking teacher support to student engagement and achievement. Journal of school health, 74, 262-273.https://doi.org/10.1016/j.edurev.2024.100638
Ansong, D., Okumu, M., Bowen, G. L., Walker, A. M., & Eisensmith, S. R. (2017). The role of parent, classmate, and teacher support in student engagement: Evidence from Ghana. International Journal of Educational Development, 54, 51-58.https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2017.03.010