PENGARUH MODEL PROBLEM BASED E-LEARNING TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI DAN HASIL BELAJAR INFORMATIKA PADA SISWA SMP

Main Article Content

N.M.S.N. Hita
N.N. Parwati
I.M. Tegeh

Abstract

Motivasi berprestasi dan hasil belajar merupakan salah satu kompetensi yang harus dicapai oleh siswa dalam setiap mata pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaan pengaruh model problem based e-learning terhadap motivasi berprestasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran informatika. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran yang dibagai menjadi 2 (dua), yaitu model problem based e-learning yang diterapkan pada kelas eksperimen dan model ekspositori e-learning yang diterapkan pada kelas kontrol. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah motivasi berprestasi dan hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 76 orang yang diambil dengan metode random assignment. Data penelitian ini data motivasi berprestasi yang dikumpulkan dgn kuesioner dan data hasil belajar dikumpulkan dgn tes hasil belajar. Penelitian ini menggunakan dua instrumen, yaitu kuesioner motivasi berprestasi dan tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan adalah Multivariate Analysis of Covariate (Mancova) dengan pengujian hipotesis menggunakan taraf signifikansi 0,05. Hasil uji Mancova mendapatkan nilai signifikansi 0,000, hal ini menunjukkan nilai sig. lebih kecil dari 0,05. Hasil tersebut berarti terdapat perbedaan motivasi berprestasi dan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan model problem based e-learning dan ekspositori e-learning. Karena ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran dengan motivasi berprestasi dan hasil belajar, berarti ada pengaruh model problem based e-learning terhadap motivasi berprestasi dan hasil belajar. 

Article Details

Section
Articles

References

Erda, V., Razak, A., Hardeli, & Sumarmin, R. (2018). The Effect of Model Problem Based Learning of Learning Outcomes Student Course on Animal Ecology Based on Learning Styles. 6(2), 533–538. https://doi.org/10.2991/aisteel-18.2018.98
Ermayulis, S. (2020). Penerapan Sistem Pembelajaran Daring Dan Luring Di Tengah Pandemi COVID-19. Sumber Intelektual Negeri Serumpun. https://www.stit-alkifayahriau.ac.id/penerapan-sistem-pembelajaran-daring-dan-luring-di-tengah-pandemi-covid-19/
Fitri, A. N. (2020). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Google Classroom terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Informatika Materi Teknik di SMA Negeri 2 Kuningan. Journal of Informatics and Vocational Education (JOIVE), 3(1), 13–20.
Hadis, A., & Nurhayati. (2017). The Implementation of E-Learning Model in Science Class to Enhance Learning Achievement and Learning Motivation of Students with Physical Disability. International Journal of Environmental & Science Education, 12(8), 1945–1958.
Ilmi, N., & Chatri, M. (2019). The Effect of Problem Based Learning Model Multimedia Assisted on Cognitive and Affective Learning Outcomes in Class XI Students in Material Coordination Systems. International Journals of Sciences and High Technologies, 15(2), 167–170.
Kaharuddin, A. (2018). Effect of Problem Based Learning Model on Mathematical Learning Outcomes of 6th Grade Students of Elementary School Accredited B in Kendari City. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 1(2), 43–46.
Mansur, A. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika Dengan Mengontrol Motivasi Belajar Peserta Didik. Tesis Pada Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.
Paradina, D., Connie, & Medriati, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 169–176.
Parwati, N., Suryawan, P. P., & Apsari, R. A. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. PT Rajagrafindo Persada.
Pelawi, H. S., & Sinulingga, K. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas X SMA Swasta Sinar Husni. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 32–37.
Ramlawati, & Yunus, S. R. (2017). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Jurnal Sainsmat, 6(1), 1–14.
Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
Slavin, R. E. (2011). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. PT Indeks.
Sumitro, A., Setyosari, P., & Sumarmi. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan, 2(9), 1188–1195.
Yunianto, T., Suyadi, & Suherman. (2020). Pembelajaran Abad 21: Pengaruhnya terhadap pembentukan karakter akhlak melalui pembelajaran STAD dan PBL dalam kurikulum 2013. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 203–214.
Yusuf, N. R., Bektiarso, Si., & Sudarti. (2020). Pengaruh Model PBL Dengan Media Google Classroom Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 230–235.