PENGGUNAAN APLIKASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SELAMA PANDEMI COVID-19

Main Article Content

A.I. Nadia
K.D.A. Afiani
I. Naila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan dan peningkatan hasil belajar, aktivitas guru, serta aktivitas siswa dalam penggunaan aplikasi wordwall siswa kelas V MI Muhammadiyah 1 Ujungpangkah Gresik selama pandemi covid-19. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V MI Muhammadiyah 1 Ujungpangkah Gresik Tahun pelajaran 2021 sebanyak 24 siswa dengan rincian 10 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada tahap prasiklus yaitu 64,7. Setelah dilaksanakan tindakan menggunakan aplikasi wordwall pada siklus I nilai siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata hasil belajar 74,5. Peningkatan ini masih belum mencapai ketuntasan secara klasikal sehingga dilakukan siklus II. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai 88,7. Peningkatan pada siklus II ini sudah mencapai ketuntasan secara klasikal sehingga tidak perlu dilakukan siklus selanjutnya, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi wordwall dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai keterlaksanaan aktivitas guru pada siklus I mencapai 72,5%. Pada siklus II nilai keterlaksanaan aktivitas guru mengalami peningkatan mencapai 92,5%. Nilai keterlaksanaan aktivitas siswa pada siklus I mencapai 75%. Pada siklus II nilai keterlaksanaan aktivitas siswa mengalami peningkatan mencapai 95%.

Article Details

Section
Articles

References

Afiani, K., & Faradita, M. (2021). Analisis Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Ms . Teams pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar, 9(1), 16–27.
Centauri, B. (2019). Efektivitas Kahoot! Sebagai Media Pembelajaran Kuis Interaktif Di SDN-7 Bukit Tunggal. Jurnal: Seminar Nasional Pendidikan Mipa Dan Teknologi (SNPMT II), 1(1), 124–133.
Dwijayani, N. M. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099
Fahrudin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2280
Intan, A., Yuniar, S., Putra, G. A., & Purwati, N. E. (2021). HITARI ( Historical-archaeology Heritage Riddle ): Pemanfaatan Wordwall sebagai Media Ajar Indonesia Zaman Prasejarah di Sekolah Menengah Atas. 1(11), 1182–1190. https://doi.org/10.17977/um063v1i112021p1182-1190
Islami, A. N., Dian, K., Afiani, A., Putra, D. A., Islami, A. N., Dian, K., Afiani, A., Putra, D. A., & Surabaya, U. M. (2021). Penerapan model blended learning berbantuan media benda konkret untuk meningkatkan hasil belajar pada materi bangun ruang siswa kelas 2 sd muhammadiyah 4 surabaya. 5(1), 68–80.
Khotimah, S. K. S. H. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran, Inovasi di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2149–2158.
Muhammad, M., Setiawan, F., & Afiani, K. D. A. (2021). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19 pada Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah Se-Kota Surabaya. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(2), 949. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i2.2194
Nafi’ah, T. (2021). Upaya Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tajwid Melalui Model Card Sort Berbasis Wordwall Siswa Kelas Iv Mi Plus Bunga Bangsa Tahun Ajaran 2020/2021 [Institut Agama Islam Negeri Ponorogo]. http://etheses.iainponorogo.ac.id/15546/
Nurhamida, N., & Putri, F. M. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall Dalam Pembelajaran Daring (Online) Muatan PKN Pada Materi Hak Dan Kewajiban Terhadap Tumbuhan Kelas 4 Di SDN 16 Gunung Tuleh Pasaman Barat Sumatera Barat. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(4), 1249–1255.
Parasamya, C. E., & Wahyuni, A. (2017). Upaya peningkatan hasil belajar fisika siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl). Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 2(1), 42–49.
Putri, M. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daring (online) Matematika Pada Materi Bilangan Cacah. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 145–165.
Saitya, I. (2021). INFONTIKA: Jurnal Pendidikan Informatika. 01(April), 5–9.