PENINGKATAN LITERASI TULIS DAN BACA SISWA KELAS III MI MELALUI PENERAPAN CTL

Main Article Content

N. Hasanah
L. B. Mirnawati
D.A. Putra

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan proses penerapan pendekatan pembelajaran CTL dalam meningkatkan literasi tulis dan baca siswa, dan 2) untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan literasi tulis dan baca siswa dengan penerapan pendekatan pembelajaran CTL. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas karena permasalahan yang didapat ada pada proses pembelajaran di kelas bukan masalah individu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III C MI Roudlotul Ulum Kota Surabaya tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 28 orang siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan tes, dengan teknik analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) proses penerapan pendekatan CTL dalam pembelajaran peneliti mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan nyata siswa dan 2) dengan penerapan pendekatan CTL, keterampilan menulis dan membaca siswa mengalami peningkatan. Pada pra siklus nilai persentase tuntas klasikal keterampilan menulis siswa hanya mencapai 35,71% dan keterampilan membaca siswa hanya mencapai 10,71%. Pada siklus I persentase tuntas klasikal keterampilan menulis siswa meningkat mencapai 57,14% sedangkan keterampilan membaca siswa meningkat mencapai 60,71%. Pada siklus II nilai persentase tuntas klasikal keterampilan menulis dan keterampilan membaca siswa meningkat secara signifikan sama-sama mencapai 100%.    

Article Details

Section
Articles