PENGEMBANGAN MEDIA PPT INTERAKTIF MATERI PERKALIAN UNTUK SISWA SD KELAS 2 SELAMA MASA PPKM DARURAT

Main Article Content

N. Jazlina
K.D.A. Afiani
M.N. Faradita

Abstract

Pembelajaran matematika sudah dikenal sebagai pelajaran yang cukup sulit untuk dipahami anak anak khususnya anak bangku sekolah dasar. Salah satu materi pembelajaran matematika adalah penjumlahan bilangan bulat. Pembelajaran materi penjumlahan bilangan bulat yang dianggap sulit dibutuhkan strategi baru yang dilakukan oleh guru contohnya dengan menggunakan media yang efektif agar siswa mudah mempelajari dan memahami penjumlahan bilangan bulat. Penelitian ini dilakukan karena masih banyak guru yang membutuhkan media pembelajaran berbasis TIK yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas, terutama untuk siswa sekolah dasar kelas 2. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengembangkan produk media pembelajaran PPT Interaktif materi Perkalian Untuk Siswa SD Kelas 2 Selama Masa PPKM Darurat ; 2) Mendiskripsikan kualitas produk media pembelajaran PPT Interaktif materi Perkalian berdasarkan hasil belajar siswa dan peningkatan nilai pelajaran matematika khususnya materi perkalian siswa SD Kelas 2 Selama Masa PPKM Darurat. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 2 SD. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah daftar pertanyaan wawancara dan kuisioner. Kuisioner digunakan untuk melakukan validasi media pembelajaran beupa powerpoint interaktif. Hasil penelitian ini adalah uji validitas secara keseluruhan mendapat skor tinggi dengan kategori sangat layak. uji berdasarkan respons guru menunjukan 85% dan respons peserta didik menunjukkan 85,2% peserta didik merespons sangat positif terhadap PPT interaktif yang dikembangkan, dan efektivitas PPT dinyatakan efektif dengan perolehan skor rata-rata 80% dengan kategori efektif. Dengan demikian, pengembangan media PPT interaktif materi perkalian Untuk Siswa SD Kelas 2 Selama Masa PPKM Darurat telah layak, praktis, dan efektif, sehingga layak untuk diterapkan di pembelajaran matematika untuk materi perkalian.

Article Details

Section
Articles

References

Abdullah, R. (2016). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Journal Lantanida, 4(1), 35–49.
Afiani, Mu, T. Y. E. S. (2015).Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pengajuan masalah untuk melatih kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SD pada materi sudut. Jurnal review pendidikan dasar, 51-57.
Afiani, K. D. A., & Faradita, M. N. (2020). Hasil Belajar Mahasiswa Pgsd Pada Masa Pandemi Covid-19. Penggunaan Aplikasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pgsd Pada Masa Pandemi Covid-19.Proceeding Universitas Muhammadiyah Surabaya, 209–218.
Agustina, I. K. P., Lasmawan, I. W., & Dantes, G. R. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Prestasi Belajar PKn Ditinjau Dari Sikap Demokrasi Siswa Kelas V Gugus I Kecamatan Abang I. E- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 5, 1–12.
Akbar, S., & Anwar, H. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran (Cet. 2).
Anisa, F., & Yuliyanto, E. (2017). Analisis faktor yang mempengaruhi pembelajaran kimia di sma teuku umar semarang. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Sains, Dan Teknologi, 476–482.
Annisa, MZ, Z. A., & Vebrianto, R. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika di SD Muhammadiyah Kampa Full Day School. Journal of Primary Education, 4(1), 95–105.
Anwar, Z. (2009). Pelaksanaan Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Negri Kalangan Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen. UniverSitas Srebelas Maret Surakarta, 1-194.
Egziabher, T. B. G., & Edwards, S. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2006 Tentang. Africa’s Potential for the Ecological Intensification of Agriculture, 53(9), 1689–1699.
Herliandry, L. D., & Suban, M. E. (2020). Jurnal Teknologi Pendidikan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. 22(1), 65–70.
Kurniawan, D., Dewi, S. V., & Kerja, L. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Screencast- O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D. Jurnal Siliwangi Vol. 3. No.1, 2017 Seri Pendidikan, 3(1).
Maharani, D. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 217–226.
Mediyanti, S., Eliana, Zarman, N., & Yusuf, Y. H. (2021). Efektivitas Komunikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Pada Mahasiswa. Jurnal Stiesabang, 12(1), 23–29.
Nurlaili. (2011). Pendidikan seks pada anak. Jurnal Perempuan,Agama Dan Jender, 1–15.
Purwanti, L., Widyaningrum, R., & Melinda, S. A. (2020). Analisis Penggunaan Media Power Point dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Materi Animalia Kelas VIII. Journal Of Biology Education, 3(2), 157. https://doi.org/10.21043/jobe.v3i2.8446
Sanaky, AH, H. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Materi Sumber Daya Alam Berbasis Lectora Inspire Pada Siswa Kelas IV SD Pundung Imogiri Bantul. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1–8.
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (R. Rosdakarya (ed.), 168.
Sulistiani, I. R. (2016). Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Dengan Menggunakan Media Benda Konkret (Manik –Manik Dan Sedotan) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. VICRATINA : Jurnal Kependidikan Dan Keislaman, 10(2), 22–23.
Tusriyanto. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Terpadu Berbasis Budaya Lokal di SD Kota Metro. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 59–72.
Yanuar, A. R., & Purwanggono, B. (2015). Usulan Program Perawatan Yang Optimal Dengan Metode Reliability Centered Maintenance II (RCM II) Pada Sistem P1 Filling Point II Filling Shed I (Studi Kasus TBBM Semarang Group PT. Pertamina (Persero) Supply & Distribution Region IV Area Jawa Bagian Tenga. Jurnal Teknik Industri, 4(1), 1–7.