PENGARUH ADAPTIVE E-LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR SISWA KELAS X DI SMK
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar, dan pemahaman konsep siswa dengan membandingan penerapan model pembelajaran adaptive e-learning dengan pembelajaran secara konvensional. Penelitian ini secara khusus dilakukan pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar pada siswa kelas X di SMK. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Denpasar semester genap tahun ajaran 2018/2019. Siswa kelas X SMK Negeri 1 Denpasar berjumlah 216 orang. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random assignment dengan jumlah siswa 108 orang. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian quasi experimental dengan desain penelitian pretest-posttest non-equivalent control group design. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes prestasi belajar, dan pemahaman konsep dengan multiple choice extended respons. Data dianalisis menggunakan Multivariate Analysis of Covariate (Mancova) dengan pengujian hipotesis menggunakan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar dan pemahaman konsep siswa yang belajar melalui adaptive e-learning daripada menerapkan model pembelajaran konvensional, (2) terdapat perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar siswa yang belajar dengan adaptive e-learning daripada menerapkan model pembelajaran konvensional, (3) terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep siswa yang belajar dengan adaptive e-learning daripada menerapkan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan, bahwa adaptive e-learning dapat meningkatkan prestasi belajar dan pemahaman konsep siswa.
Article Details
References
Bloom, B. S. (2007). Taxonomy of educational objective cognitiv domain. David Mc. Kay.
Brusilovsky, P. (2001). Adaptive hypermedia. User Modeling and User Adapted Interaction, 11, 87–110.
Bungin, B. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Kencana.
De Bra, P. (2002). Adaptive educational hypermedia on the web. Communication of the ACM, 45(5), 60–61.
Deporter, B., Reardon, M., & Singer-Nourie, S. (2002). Mempraktikkan quantum learning di ruang-ruang kelas. Kaifa.
Duffin, J. M., & Simpson, A. P. (2000). A search for understanding. Journal of Mathematical Behavior, 18(4), 415–427. http://dro.dur.ac.uk/14504/
Giyanto, S. (2017). Pengaruh penerapan metode pembelajaran adaptif dan penggunaan internet terhadap prestasi belajar PKn (studi pada: siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kalipare Tahun Pelajaran 2016-2017). Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 11(2), 281–295. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/download/1898/1500/
Hakim, T. (2008). Belajar Secara Efektif. Puspa Swara.
Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif Dan Mixed Methode. Hidayatul Quran Kuningan.
Kostolanyova, K., & Sarmanova, J. (2014). Use of adaptive study material in education in e-learning environment. Electronic Journal of E-Learning, 12(2), 172–182. https://eric.ed.gov/?id=EJ1034392
Mertayasa, I. N. (2018). Pengembangan e-modul berorientasi modalitas vak (visual-auditorial-kinestetik) mata pelajaran komunikasi data kelas XI TKJ di SMK Negeri 3 Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha.
Mukhtazar. (2020). Prosedur Penelitian Pendidikan. Guepedia.
Oppermann, R., Rashev, R., & Kinshuk. (1997). Adaptability and adaptivity in learning system. Paper Presented at the Knowledge Transfer.
Pendidikan, T. P. I. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. PT Imperial Bhakti Utama.
Perdana, I., & Misnawati. (2021). Evaluasi Pembelajaran. Guepedia.
Pratisti, W. D., & Yuwono, S. (2018). Psikologi Eksperimen: Konsep, teori, dan aplikasi. Muhammadiyah University Press.
Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara (CMN).
Saleng, Z. A. (2022). Kecerdasan Emosional Profesionalisme Guru Dan Prestasi Belajar Siswa. MNC Publishing.
Sanjaya, W. (2009). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Kencana Prenada Media Group.
Santyasa, I. W. (2014). Asesmen dan evaluasi pembelajaran fisika. Graha Ilmu.
Sudira, P., Sarbiran, & Priyanto. (2012). Pembelajaran Inovatif di SMK.
Suryani, E. (2019). Analisis Pemahaman Konsep? Two-tier Test sebagai Alternatif. CV. Pilar Nusantara.
Syam, S., Subakti, H., Kristianto, S., Chamidah, D., Suhartati, T., Haruna, N. H., Harianja, J. K., Joni Wilson, S., Yurfiah, Purba, S., & Arhesa, S. (2022). Belajar dan Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Uyun, M., & Warsah, I. (2021). Psikologi Pendidikan. Deepublish.
Verdu, E., Regueras, L. M., Verdu, M. J., Castro, J. P., & Perez, M. A. (2008). Is adaptive learning effective? a review of research. 7th WSEAS Int. Conf. on APPLIED COMPUTER & APPLIED COMPUTATIONAL SCIENCE, 710–715. https://www.researchgate.net/publication/228689326
Wardani, D. K. (2020). Pengujian Hipotesis (Deskriftif, Komparatif dan Asosiatif). LPPM Universitas KH.A Wahab Hasbullah.
Winkel, W. (2007). Psikologi pengajaran. Grasindo.