PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS MATA PELAJARAN KIMIA SMA

Main Article Content

I.G.A.S. Prasetya
K. Agustini
I.K. Sudarma

Abstract

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui  Perbedaan Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Multimedia  Dan Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis LKPD Terhadap Motivasi Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa; Mengetahui Perbedaan Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Multimedia  Dan Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis LKPD Secara Bersama-Sama Terhadap Motivasi Belajar Siswa; Mengetahui Perbedaan Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Multimedia  Dan Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis LKPD Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Penelitian Ini Menggunakan Metode Quasi Experiment. Variabel Bebas Dalam Penelitian Ini Adalah Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia, Sedangkan Variabel Terikat Dalam Penelitian Ini Adalah Motivasi Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pelajaran Kimia. Jumlah Sampel Dalam Penelitian Ini Adalah 94 Orang Yang Diambil Dengan Metode Random Sampling . Desain Penelitian Yang Digunakan Adalah Pretest-Posttest Non-Equivalent Control Group Design. Untuk Menguji Hipotesis, Digunakan Metode Multivariate Analysis Of Covariate (Mancova). Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa: 1) Ada Perbedaan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kritis Secara Bersama-Sama Antara Siswa Yang Belajar Dengan Model Pembelajaran PBL Berbantuan Multimedia Dan Siswa Yang Belajar Dengan Model Pembelajaran PBL Berbantuan LKPD, 2) Terdapat Perbedaan Motivasi Belajar Antara Siswa Yang Belajar Dengan Model Pembelajaran PBL Berbantuan Multimedia Dan Siswa Yang Belajar Dengan Model Pembelajaran PBL Berbantuan LKPD, Dan 3) Terdapat Perbedaan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Yang Belajar Dengan Model Pembelajaran PBL Berbantuan Multimedia.  Dan Siswa Yang Belajar Dengan Model Pembelajaran PBL Berbantuan LKPD.

Article Details

Section
Articles

References

Agung, A.A.G. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Amalia, Hasri, Sulastry, T. 2018. Pengaruh Penggunaan LKPD Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA SMA NEGERI 6 Maros (Studi Pokok Hidrolisis Garam). Chemistry Education Review (CER). Tersedia pada https://ojs.unm.ac.id/CER/article/view/7454. Diakses 5 April 2020.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ayu, I., Susanti, L.R.R., Wiyono, K., 2019. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbantuan Saintifik dalam Mata Pelajaran Kimia Materi Reaksi Redoks di Kelas X. Jurnal Inovasi Pendidikan. 9(2): 57-67. Tersedia pada http://sij-inovpend.ejournal.unsri.ac.id/index.php/sij-inovpend/index. Diakses 22 Januari 2020.
Binanto, I. 2010. Multimedia Digital – Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Andi.
Candiasa, I. M. 2010. Statistik Univariat dan Bivariat disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Chang, R. 2004. Kimia Dasar Konsep-Konsep Inti, Jilid 1 edisi 3. Jakarta: Erlangga.
Cicilia, Y., Vebrianto, R. 2020. Survei Penilaian LKPD Untuk Meningkatkan Pemahaman Pada Materi Siklus Makhluk Hidup Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 4(1): 83-94. Tersedia pada trilogi.ac.id. Diakses 5 April 2020.
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Dirjen Dikdasmen Depdiknas.
Ennis, R. H. 2011. The nature of critical thinking: An outline of critical thinking dispositions and abilities. 1-8. Tersedia pada pada http://faculty.education.illinois. edu/rhennis/documents/TheNatureofCriticalThinking_51711_000. Diakses 19 Februari 2019
Esti, S. 1989. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grafindo
Fitriawati. 2010. Penerapan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pelajaran IPS terpadu kelas VIII di MTsN. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Diakses 17 Desember 2018
Harapit, S. 2018. Peranan problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai. 2(4). 912-917. Tersedia pada https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/41. Diakses pada 25 Desember 2019.
Hidayat, R. 2013. Pengembangan LKS Beracuan Pendekatan Penemuan Terbimbing pada Materi Segi Tiga untuk Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Lampung: Jurnal UNLA.
Hofstetter, Fred T. 2001. Multimedia Literacy. Third edition. McGraw-Hill International Edition”: New York.
Ihsan, M.S., Ramdani, A., Hadisaputra, S. 2019. Pengembangan E-Learning Pada Pembelajaran Kimia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pijar MIPA. 14(2): 84-87. Tersedia pada http://jurnalfkip.unram.ac.id/. Diakses 5 April 2020.
Kalinggoru, D.K., Budiningsih, D.N., Arjaya, I.B.A., 2018. Pembelajaran E-Learning Berbantuan Edmodo Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Santiaji Pendidikan. 8(1): 28-36. Tersedia pada e-journal.unmas.ac.id. Diakses 5 April 2020
Kim, N., Belland, B. R., Axelrod, D. 2018. Scaffolding for Optimal Challenge in K–12 Problem-Based Learning. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 13(1). Tersedia pada: htps://doi.org/10.7771/1541-5015.1712. Diakses pada 13 November 2018.
Konca, A. S., & Tasdemir, A,. 2018. Faculty Technology Mentoring Program
Facilitates- A Case Study. Malaysian Online Journal of Educational Technology 2018. 6(3). Tersedia pada http://dx.doi.org/10.17220/mojet.2018 .03.003. Diakses pada 13 November 2018.
Kemendikbud. 2013. Konsep Pendekatan Scientific. Tersedia pada http://stkipsingkawang.ac.id/downlot.php?file=PENDEKATAN%20SCIENTIFICT.pdf
Liliasari. 2003. Peningkatan mutu guru dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi melalui model pembelajaran kapita selekta kimia sekolah lanjutan. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. 3(8): 175. Diakses 19 Desember 2018
Linggarjati, L. 2017. Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Multimedia Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang. Skripsi. Tidak Diterbitkan.
Nasution. 1982. Teknologi Pendidikan. Bandung: Bumi Aksara
Nurkancana, W & Sunartana, PPN. 1992. Evaluasi pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional
Pannen, Paulina, dkk. 2001. Konstruktivisme Dalam Pembelajaran. Jakarta: UT.
Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press
Priyitno, E. 1989. Motivasi Dalam Belajar. Jakarta: P2LPTK
Purnamasari, L.E., Suratman, D., Umar, S. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Kimia Untuk Perolehan Belajar Konsep Ikatan Kimia Kelas X IPA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 4(9): 1-14. Tersedia pada http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11299. Diakses 22 Januari 2020
Putra, P.D.A & Sudarti. 2015. Pengembangan sistem e-learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa pendidikan fisika. Jurnal Fisika Indonesia Vol.19 (55): 45:48.
Rahayu, S., & Hidayat, A. 2017. Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPA SMAN 1 Sukawangi pada materi pencemaran lingkungan. Jurnal Skripsi Pendidikan Biologi. 1-8. Diakses 10 Desember 2019.
Raykov, T., & Marcoulides, G. A. (2008). An Introduction to Applied Multivariate Analysis. New York, NY: Taylor & Francis.
Santyasa, I. W. 2014. Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran Fisika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sardiman, A,M. 1990. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.
Sianturi, S.R., Lisum, K. 2018. Peningkatan Motivasi Belajar melalui Evaluasi E-Learning pada Institusi Keperawatan di Jakarta dan Depok. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia. 4(2): 122-130. Tersedia pada ejournal.upi.edu. Diakses 5 April 2020
Simanjuntak, M.F., Sudibjo, N. 2019. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Melalui Pembelajaran Berbantuan Masalah [Improving Students’ Critical Thinking Skills And Problem Solving Abilities Through Problem-Based Learning]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education. 2(2): 108 – 118. Tersedia pada https://ojs.uph.edu/index.php/JOHME/ article/view/1331/pdf. Diakses 22 Januari 2020.
Suastra, I. W. 2017. Pembelajaran Sains Terkini: Mendekatkan Siswa dengan Lingkungan Alamiah dan Sosial Budayanya. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Sudijono, A. 2008. Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sumiati. 2017. Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Kimia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). JURNAL IDEGURU. 3(1). Tersedia pada https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id. Diakses 24 Juli 2021.
Tambunan, L., Rusdi, R., Miarsyah, M. 2018. Efectiveness Of Problem Based Learning Models By Using E-Learning And Learning Motivation Toward Students Learning Outcomes On Subject Circullation Systems. Indonesian Journal of Science and Education. 2(1). Tersedia pada http://jurnal.untidar.ac.id/index.php/ijose/ article/view/598. Diakses 22 Januari 2020.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana Prenada Media Group.
Tumini. 2019. Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar dengan Multimedia pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial. 4(2): 93-101. Tersedia pada http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/gulawentah. Diakses 22 Januari 2020.
Widjajanti. 2008. Makalah Kualitas Lembar Kerja Siswa. Makalah disampaikan dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat di Ruang Sidang Utama FMIPA UNY. Pada tanggal 22 Agustus 2008.
Wulandari, I.A.P.F., Pujani, N.M., Juniartina, P.P. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Information and Communication Technologies Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. JPPSI: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia. 2(2): 139-150. Tersedia pada https://ejournal. undiksha.ac.id/index.php/JPPSI/article/view/19383. Diakses 25 Desember 2019.