PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DENGAN GOOGLE MEET DAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL DOSEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR DENGAN MINAT BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Main Article Content

K.A. Wirawan
K. Agustini
I.M. Tegeh

Abstract

Tujuan dari riset ini adalah untuk menganalisa pengaruh langsung pembelajaran daring dengan google meet, technological pedagogical dosen terhadap minat belajar dan prestasi belajar mahasiswa serta untuk mengetahui peran minat belajar dalam memediasi pengaruh pembelajaran daring dengan google meet dan technological pedagogical dosen terhadap prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik kausalitas. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Pendidikan Nasional Program Sarjana (S1) yang mengambil mata kuliah financial technology financial technology sebanyak 100 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner untuk variabel pembelajaran daring, technological pedagogical knowlwdge dosen dan minat belajar. Sedangkan untuk variabel prestasi belajar menggunakan test objektif. Uji validitas dan reliabilitas instrument menggunakan uji judges dan uji eksternal dengan korelasi product moment. Untuk test objektif menggunakan uji tingkat kesukaran butir. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur atau path analysis dengan program AMOS. Dari Hasil penelitian didapatkan pembelajaran daring dengan google meet secara langsung berpengaruh positif terhadap minat belajar dengan nilai regresi sebesar 0,325 serta signifikan dengan nilai probability di bawah 0,05. Technological pedagogical knowlwdge dosen berpengaruh positif terhadap minat belajar dengan nilai regresi sebesar 0,414 serta signifikan dengan nilai probability di bawah 0,05. Pembelajaran daring dengan google meet secara langsung berpengaruh positif terhadap prestasi belajar dengan nilai regresi sebesar 0,241 serta signifikan dengan nilai probability di bawah 0,05. Technological pedagogical knowlwdge dosen berpengaruh positif terhadap prestasi belajar dengan nilai regresi sebesar 0,113 serta signifikan dengan nilai probability di bawah 0,05. Minat belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar dengan nilai regresi sebesar 0,263 serta signifikan dengan nilai probability di bawah 0,05. Minat belajar secara signifikan memediasi pengaruh pembelajaran daring terhadap prestasi belajar dengan nilai z hitung = 2,8429 > dari nilai z mutlak (1,96). Selain itu ninat belajar juga secara signifikan memediasi pengaruh technological pedagogical knowlwdge dosen terhadap prestasi belajar dengan nilai z hitung = 3,5029 > dari nilai z mutlak (1,96).

Article Details

Section
Articles

References

Agustina, G., Yusuf, S. L. N., Ahmadi, R. S., & Febrian, F. (2020). Model strategi e-learning terhadap motivasi belajar mahasiswa di masa wabah covid-19. Ekono Insentif, 14(2), 120–128. https://doi.org/doi.org/10.36787/jei.v14i2.266

Agustini, K., Santyasa, I. W., & Ratminingsih, N. M. (2019). Analysis of Competence on “TPACK”: 21st Century Teacher Professional Development. International Conference on Education, Science and Technology. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012035

Astuti, S. P., (2021). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. 5(1). 68-75. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i1.167

Arlavinda, P., & Pujiastuti, H. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SMP pada Masa COVID-19. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha. 12(2). 45-54. https://doi.org/10.23887/jjpm.v12i2.34786

Ananda, R., Rani, A. R., & Fadhilaturrahmi, F. (2022). Pengembangan Model TPACK untuk Menunjang Kompetensi Profesional pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 9064-9069. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.4031

Basri, S., Idamayanti, R., & Yusdarina, Y. (2021). Analisis Respon Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Menggunakan Media Pembelajaran Google Classroom. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 172–188. https://doi.org/dx.doi.org/10.24127/jpf.v9i2.3994

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi penyusunan materi daring untuk pendidikan dan pelatihan. DeePublish.

Dhamma, O. W., Widodo, U., & Rispatiningsih, D. M. (2022). Analisis Minat dan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi PGSD pada Masa Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(4), 7600-7607. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3162

Indrawan, R., & Yaniawati, R. P. (2014). Metodelogi penelitian kuantitatif, kualitatif dan campuran untuk manajemen, pembangunan dan pendidikan. PT. Refika Aditama.

Idamayanti, R., Yusdarina, Y., Sakti, I., & Hasan, N. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Peserta Didik. Khazanah Pendidikan. 15(2). 199-203. https:// 10.30595/jkp.v15i2.11768

Khurriyati, Y., Setiawan, F., & Mirnawati, L. B. (2021). Dampak pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa MI Muhammadiyah 5 Surabaya. Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar”, 8(1), 91-104. http://dx.doi.org/10.30659/pendas.8.1.91-104

Munawarah. (2018). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dosen Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistik Deskriptif Program Studi Ekonomi Islam Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam Stain Watampone. Ekspose, 17(2), 672–682. https://doi.org/jurnal.iain-bone.ac.id

Maharani, N. W. A. U. S., Riastini, P. N., & Yasa, I. G. M. (2022). Instrumen Tes Pengetahuan Technological Pedagogic Content Knowledge (TPACK) untuk Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 5(3), 428-436. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i3.53383

Nasution, A. R., & Nandiyanto, A. B. D. (2021). Utilization of the google meet and quiziz applications in the assistance and strengthening process of online learning during the covid-19 pandemic. Indonesian Journal of Educational Research and Technology, 1(1), 31–34. https://doi.org/10.17509/ijert.v1i1.33367

Nurhalimah, Baisa, H., & Asmahasanah, S. (2020). Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa di MI I’Anatusshibyan. Jurnal Pendidikan Guru, 1(1), 29–14. https://doi.org/doi.org/10.32832/jpg.v1i1.2865

Nawawi, H. (2008). Metode-metode mengajar. Jakarta : Pustaka Pelajar.

Sakti, T. K., Hairunisya, N., & Sujai, I. S. (2019). Pengaruh kompetensi pedagogik guru dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 80(1), 53–60. https://doi.org/dx.doi.org/10.17509/jpis.v28i1.12818

Saridman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT. Raja Grafindo Persada.

Schmidt, D. A., Baran, E., Thompson, A. D., Mishra, P., Koehler, M. J., & Shin, T. S. (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): The Development and Validation of an Assessment Instrument for Preservice Teachers. Journal of Research on Technology in Education, 42(2), 123–149. https://doi.org/doi.org/10.1080/15391523.2009.10782544

See, S., & Novianti, C. (2020). Pengaruh kompetensi pedagogik terhadap motivasi belajar siswa. Basicedu, 4(4), 1212–1218. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.522

Septantiningtyas, N., Kholil, M., & Mutmainnah, R. (2022). Efektifitas Pembelajaran Daring melalui Aplikasi Zoom terhadap Minat Belajar Siswa. Edukatif, 4(4), 6267–6278. https://doi.org/doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3164

Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. PT. Rineka Cipta.

Sujiwo, D. A. C., & A’yun, Q. (2020). Pengaruh pemanfaatan e-learning terhadap motivasi belajar. Jurnal Sistem & Teknologi Invormasi Indonesia, 5(2), 53–59. https://doi.org/doi.org/10.32528/justindo.v5i2.3469

Suyamto, J., Masykuri, M., & Sarwanto, S. (2020). Analisis kemampuan tpack (technolgical, pedagogical, and content, knowledge) guru biologi sma dalam menyusun perangkat pembelajaran materi sistem peredaran darah. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 44-53. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i1.41381

Sridana, N., Kurniati, N., & Amrullah, A. (2022). Pengaruh Minat Belajar dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 885-892. https://doi.org/10.29303/griya.v2i4.240

Syafa’ati, J. S. N., Sucipto, S., & Roysa, M. (2021). Analisis prestasi belajar siswa pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 122-128. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.882

Wulansari, N. H., & Manoy, J. T. (2020). Pengaruh motivasi dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika selama study at home. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 72–81. https://doi.org/doi.org/10.26740/jppms.v4n2.p72-81

Yusuf, S. L. N., Agustina, G., Ahmadi, R. S., Febrian F. (2020). Model strategi e-learning terhadap motivasi belajar mahasiswa di masa wabah covid-19. Ekono Insentif. 14(2). 120-128. https://doi.org/10.36787/jei.v14i2.266

Yurinda, B., & Widyasari, N. (2022). Analisis Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack) Guru Profesional Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 8(1), 47-60. https://doi.org/10.24853/fbc.8.1.47-60