PENGARUH HYBRID LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA
Main Article Content
Abstract
Hasil wawancara di SMP Negeri 6 Singaraja dan juga SMP Lab Undiksha terhadap guru mata pelajaran, mereka menyebutkan bahwa hasil belajar terakhir siswa berdasarkan nilai raport memperlihatkan bahwa hanya 38% siswa di SMP Negeri 6 Singaraja dan 45% siswa di SMP Lab UNdiksha yang nilainya tidak jauh diatas KKM dan Sebagian besar nilainya sama dengan KKM yang ditetapkan pada jenjang kelas VIII, sehingga perlu adanya peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Hybrid Learning terhadap hasila belajar dan motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 6 Singaraja dan SMP Lab Undiksha. Populasi penelitian adalah 10 kelas dengan jumlah 312 siswa dan 2 kelas dengan jumlah 48 siswa. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas dipilih dengan teknik group random sampling. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Pretest-postest Nonequivalent Control Group Design. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan angket motivasi belajar. Uji hipotesis yang digunakan adalah multivariate analysis of covariant (MANCOVA). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) terdapat perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar secara bersama sama antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Hybrid Learning dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Konvensional dengan nilai signifikansi 0,000. 2) terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Hybrid Learning dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Konvensional dengan nilai signifikansi 0,000. 3) terdapat perbedaan motivasi belajar antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Hybrid Learning dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Konvensional dengan nilai signifikansi 0,000. 4) User satisfactions menunjukkan kepuasan peserta didik dilihat dari kuisioner, bahwa perlakukan yang diberikan memberikan kepuasan dalam pembelajaran dikelas. Hasil analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa ada pengaruh positif antara model Hybrid Learning berbantuan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar dan motivasi peserta didik, dimana hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model Hybrid Learning lebih baik dari peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model Konvensional.
Article Details
References
Anggraeni, A., Ruaidah, & Nuraini, K. (2022). Kajian Model Blended Learning dalam Jurbal Terpilih: Implementasinya Dalam Pembelajaran. AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 1(4), 247–267. https://etdci.org/journal/AUFKLARUNG/article/view/529
Ardiansa, Inayatullah, R., & Siswi, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Pada Mata Kuliah Komputer Pembelajaran Di Jurusan Teknologi Pendidikan Fkip Unismuh Makassar. 1(1), 53-64. https://doi.org/10.59638/teknos.v1i1.91
Asari, S., Pratiwi, S., Ariza, T., Indapratiwi, H., & Putriningtyas, C. (2021). AIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan) Slamet. Journal of Community Service, 3(2008), 1139–1148. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v3i4.3249
Cahya, R. N., Suparto, A., & Prasetyo, D. A. (2021). Konsentrasi Dan Keseimbangan: Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Shooting Dalam Bola Basket. Sriwijaya Journal of Sport, 1(1), 47–54. https://doi.org/https://doi.org/10.55379/sjs.v1i1.90
Dewi, K. C., Ciptayani, P. I., Surjono, H. D., & Priyanto. (2019). Blended Learning Konsep dan Implementasi pada Pendidikan (Issue 28). http://blog.uny.ac.id/hermansurjono/files/2020/04/buku-blended-learning-ISBN-smSC.pdf
Mahyuddin, R., & Sudirman, A. (2021). Korelasi Koordinasi Mata Tangan Dan Kekuatan Otot Lengan Dengan Shooting Bola Basket. 1(2), 96-101. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.55081/joki.v1i2.305
Maulida, U. (2020). Konsep Blended Learning Berbasis Edmodo Di Era New Normal. Dirasah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, 3(2), 121–136. https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir/article/view/192
Rahmatullah, M. I. (2019). Pengembangan Konsep Pembelajaran Literasi Digital Berbasis Media E-Learning Pada Mata Pelajaran Matematika di SMA Kota Yogyakarta. Journal Of Sport Education (JOPE), 1(2), 56. https://doi.org/10.31258/jope.1.2.56-65
Ramadhan, A. P., & Irawan, F. A. (2022). Analisis Gerak Shooting Bola Basket Sesuai Dengan Konsep BEEF. Sriwijaya Journal of Sport, 1(2), 105–117. https://doi.org/10.55379/sjs.v1i2.354
Rhiskita, T., Beauty, C., Rachman, A., & Tuasikal, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Permainan Sirkuit Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Dan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2), 499–507. http://dx.doi.org/10.58258/jime.v6i2.1499
Riyanto, A., & Yunani, E. (2020). the Effectiveness of Video As a Tutorial Learning Media in Muhadhoroh Subject. Akademika, 9(02), 73–80. https://doi.org/10.34005/akademika.v9i02.1088
Rumithi, N. M., Santyasa, I. W., & Warpala, I. W. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Rendang. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 9(2), 91-103. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v7i2.1994
Santyasa, I. W. (2009). Metode Penelitian Pengembangan Dan Teori Pengembangan Modul. Universitas Pendidikan Ganesha, 28, 1–28. http://file.upi.edu/Direktori/FPTK/JUR._PEND._TEKNIK_MESIN/196705241993021-DEDI_ROHENDI/Metlit%20Ilkom/METODE_PENELITIAN%20R%26D.pdf
Sitepu, I. D. (2018). Manfaat Permainan Bola Basket Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Prestasi, 2(3), 27. https://doi.org/10.24114/jp.v2i3.10129
Subakan. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan E- Implementation Of The Flipped Classroom Learning Model With The Assistance Of Interactive E-Books To Improve Science Literacy Competence Vector Material. Jurnal Diklat Keagamaan, 16(7), 21-32. https://doi.org/https://doi.org/10.52048/inovasi.v17i1.389
Sudarsono, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Daring Matematika Masa Pandemi Covid-19 melalui Model Classroom pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Bugangan 03 Kota Semarang. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 2(1), 92. https://doi.org/https://doi.org/10.51874/jips.v2i1.17
Tethool, G., Paat, W. R. L., & Wonggo, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smk. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(3), 97. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.1546
Utomo, A., & Ratnawati, D. (2018). Pengembangan Video Tutorial Dalam Pembelajaran Sistem Pengapian di SMK. Jurnal Taman Vokasi 6(1), 68-76. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.30738/jtv.v6i1.2839
Vioren, Oktaria, D., & Hamidi, S. (2019). Outcome dan Tantangan Penggunaan Metode Pembelajaran Flipped Classroom dalam Pendidikan Kedokteran. Medula, 8(2), 47–54. http://repository.lppm.unila.ac.id/12534/1/Vioren.pdf
Wihartini, K. (2019). Analisis Manfaat Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Proses Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3, 1001–1003. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37313
Wulandari, H., & Nisrina, D. (2020). Hubungan Kreativitas Dan Inovatif Guru Dalam Mengajar Di Kelas Terhadap Peningkatan Motivasi Dan Minat Belajar Peserta Didik.Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(16), 345-354. https://doi.org/10.5281/zenodo.8242365
Yanuartini Rahayu, E., Nurani, Y., & Martini Meilanie, S. (2023). Pembelajaran yang terinspirasi STEAM: Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Hybrid Learning. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2627–2640. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4228