EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF PREZI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI PERGERAKAN NASIONAL
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif yang valid dan efektif berbasis Prezi di kelas XI.1 SMA Srijayanegara. Pengembangan media pembelajaran berbasis Prezi dilakukan karena umumnya pembelajaran sejarah masih dilakukan secara konvensional dan juga minimnya penggunaan media interaktif berbasis teknologi modern. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian & Pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi). Media pembelajaran interaktif Prezi ini dikembangkan untuk digunakan sebagai media pembelajaran sejarah di kelas XI. Data diperoleh melalui uji validitas terhadap dua aspek yaitu media dan materi serta melakukan one to one test, small group test dan juga field test (pre test dan post test). Data hasil uji validasi mendapatkan nilai (1) media 4,67 (2) materi 4,58. Data hasil one to one test mendapatkan rata-rata 4,33; small group test mendapatkan rata-rata 4,65; tahap field test pada pelaksanaan pretest mendapatkan nilai rata-rata 37,42 dan pada tahap post test mendapatkan rata-rata 89,14. Berdasarkan hasil perolehan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif Prezi dengan materi Pergerakan Nasional Indonesia memenuhi tujuan sebagai media yang valid dan efektif sehingga layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran peserta didik di SMA Srijayanegara.
Article Details
References
Azhari, Y. W., & Gustiana, E. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Prezi Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Kelas VII Di MTS Negeri 6 Kuningan. ICT Learning: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(2), 1–9. https://doi.org/10.33222/ictlearning.v7i2.3607
Banjarnahor, M., Sipahutar, Nababan, E. S., Manalu, T., & Tobing, A. L. (2024). Pengaruh Perkembangan Teknologi Terhadap Metode Mengajar Pendidik di SMK Negeri 1 Sipoholon. PIJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 161–167. https://doi.org/10.58540/pijar.v2i2.532
Cahya, A., & Tarunasena. (2024). Peranan pembelajaran Sejarah Sebagai Upaya Membentuk Karakter Peserta Didik Pada Kurikulum Merdeka. VSH: Visi Sosial Humaniora, 5(1), 194–205. https://doi.org/10.51622/vsh.v5i1.2332
Fauzi, A. (2024). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas IV di MI Ma’arif NU 1 Kalipaten Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. Universitas Islam Sultan Agung.
Febriyanti, D. D. (2023). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Discovery Learninguntuk Meningkatkan Kemampunan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPA. Universitas Pendidikan Ganesha.
Hernawati. (2024). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Discovery Learninguntuk Meningkatkan Kemampunan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPA. Universitas Pendidikan Indonesia.
Hidayat, F., & Muhamad, N. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 1(1), 28–37. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Kailuhu, J. S., & Kempa, T. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia. JIM : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(4), 742–748. https://doi.org/10.24815/jimps.v9i4.32929
Lubis, M. A. (2025). Analisis Strategi Guru Dalam Mengintegrasikan Nilai-Nilai Nasionalisme Pada Pembelajaran Sejarah . Universitas Islam Sumatera Utara.
Miristianti, C. N., Sofiatin, I., & Iqbal, M. (2024). Pengaruh Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran di Dunia Pendidikan Sekolah Dasar. Insan Cendikia: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(1), 34–40. https://doi.org/10.60126/maras.v3i1.649
Ningsih, E. R., & Zulfitria. (2024). Pengaruh Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Cendikia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(5), 518–524. https://doi.org/10.572349/cendikia.v2i5.1644
Okpatrioka. (2023). Research and Development (R&D) Penlitian yang Inovatif Dalam Pendidikan. Darma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Dan Budaya, 2(5), 86–100. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154
Paramita, E., Aminullah, A., Ratnasari, D., & Husna, A. (2025). Transformasi Perkembangan Kurikulum di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(1), 169–184. https://doi.org/10.53299/jppi.v5i1.976
Rahayu, N.K.D.T., Agustini, K., & Warpala, I.W.S. (2024). Pengembangan Multimedia Interaktif Dengan Pendekatan Problem Posing Berbasis Mobile Learning Pada Mata Kuliah Algoritma Dan Pemrograman. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 14(2), 127–141. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v14i2.3978
Rahayu, P., Marmoah, S., & Budiharto, T. (2024). Analisis Penerapan Prinsip Mayer Pada Multimediadigital Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 12(5), 353–361. https://doi.org/10.20961/ddi.v12i5.90998
Rahmanita, F., & Indriyanti. (2022). Pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Kemandirian Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 7(2), 119. https://doi.org/10.32493/eduka.v7i2.19398
Ramadhani, F. E., & Aristiawan, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Berbantuan Software Prezi dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Presentasi Siswa. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(2), 126–139. https://doi.org/10.21154/jtii.v3i2.2036
Rustandi, A., & Rismayanti. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. JURNAL FASILKOM, 11(2), 57–60. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546
Setia, J., Aulianshah, N. S., Kusumaningsih, D., Narulita, R., Ahmad, R. M., Elisa, F., & Kusumawati, R. (2024). Pengaruh Teknologi Di Bidang Pendidikan Pada Era Digitalisasi Untuk Kualitas Pembelajaran Di Fakultas Vokasi Universitas Negeri Surabaya. IKRA-ITH HUMANIORA : Jurnal Sosial Dan Humaniora, 9(1), 224–235. https://doi.org/10.37817/ikraith-humaniora.v9i1.4348
Siahaan, R. L. M., Arianti, J., & Thalib, N. (2023). Perkembangan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis SDGs 4. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(2), 975–985. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i2.316
Sugama, I.W., Prameswari, G. A. A. T., & Respasti, D. A. D. (2024). Penggunaan Media Aplikasi Prezi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya Peserta Didik SMKN 2 Denpasar. Morfologi : Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(1), 265–276. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i1.323
Zamhari, Noviani, D. & Zainuddin. (2023). Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Morfologi : Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 1(5), 01–10. https://doi.org/10.61132/morfologi.v1i5.42