PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI MENGENAL SHOLAT JUMAT SEKOLAH DASAR PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI MENGENAL SHOLAT JUMAT DI SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi perlunya peningkatan pemahaman siswa kelas IV SDN 87 Kendari terhadap materi Mengenal Sholat Jumat akibat dominasi metode pembelajaran konvensional yang kurang menarik, serta minimnya media pembelajaran digital yang sesuai. Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman siswa melalui pengembangan video pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan materi Mengenal Sholat Jumat. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Instrumen pengumpulan data terdiri atas angket validasi ahli materi dan media, serta angket respon siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif menggunakan persentase kelayakan dan persentase kepraktisan. Hasil validasi menunjukkan video pembelajaran berada pada kategori sangat layak dengan skor ahli media sebesar 90,33% dan ahli materi 89,33%. Respon siswa mencapai 89,93% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji pemahaman siswa memperlihatkan adanya peningkatan dengan rata-rata nilai posttest lebih tinggi dibandingkan pretest. Hal ini membuktikan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan efektif meningkatkan pemahaman siswa serta layak digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah dasar.
Article Details
References
Andari, T., Ritonga, M., Rahmi, A., Hasibuan, L., & Pane, M. (2023). Penerapan media audio visual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 100–107. https://doi.org/10.52166/mida.v6i1.3807
Andayani, D. D., Fathahillah, & Jakob, F. E. (2024). Pengembangan E-Modul Ajar Kurikulum Merdeka Berbasis Augmented Reality pada Mata Pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) kelas VII UPT SMP Negeri 4 Parepare. Scholars: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(2), 86–98. https://doi.org/10.31959/js.v2i2.2521
Anggraeni, S. H., Aeni, A. N., & Julia, J. (2024). Pengembangan media Articulate Storyline untuk materi Shalat Jumat, Dhuha dan Tahajud pada kelas 4 sekolah dasar. Education and Learning Journal, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.33096/eljour.v6i1.1111
Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Edisi revi). Rineka Cipta.
Auliya Rahmah, N., & Saeful Anam. (2025). Media Pembelajaran Interaktif dalam Pendidikan Agama Islam di SMA Ta’miriyah Surabaya. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(2), 841–850. https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.1188
Hastari, R., & Maawiyah, A. (2021). Kreatifitas guru dalam mengembangkan inovasi pembelajaran pada materi Shalat Jum’at di MTSN 5 Aceh Utara. Journal of Contemporary Indonesian Islam, 3(1), 23–30. https://doi.org/10.47766/jcii.v1i1.1260
Ikhsan, A. N., Jumrodah, J., & Zulkarnain, A. I. (2025). Implementasi kinestetik dalam Pendidikan Agama Islam: Solusi efektif untuk pembelajaran praktik. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, dan Sains, 14(1), 1–15. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v14i1.27657
Kholis, N. (2024). Pengembangan media pembelajaran interaktif Pendidikan Agama Islam berbasis Book Creator. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 13(1), 42–62. https://doi.org/10.51226/assalam.v13i1.691
Kurniawati, D., & Afdina, A. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis android menggunakan lectora inspire pada materi larutan penyangga kelas xi sma. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(September), 682–689. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.836.
Mahfudhotin, N. et al. 2024. "Pengaruh media digital terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 11(2), 457–458. https://doi.org/10.36989/didaktik.v11i02.6507
Marpaung, A. Y. (2025). Peran media interaktif dalam mendukung efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di abad 21. Edukatif, 3(1), 65–70. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/edukatif/article/view/1293
Mawarni, G. R., Nurhidayah, I., Maharani, E. P., Nugroho, F., & Karami, A. F. (2023). Penerapan metode ADDIE dalam pengembangan game Islami labirin untuk pembelajaran interaktif. Jurnal Manajemen Teknologi Informatika, 2(3). https://doi.org/10.70038/jentik.v2i3.135
Munawaroh, M., Sudrajat, S., Saepudin, S., Rinjani, N., & Hasanah, U. (2024). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis video untuk meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pendidikan (JURINOTEP), 3(2), 121–240. https://doi.org/10.46306/jurinotep.v3i2.93
Nengsih, L., Nurdin, Z., Rahmi, S. M., Islam, U., Fatmawati, N., & Bengkulu, S. (2025). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Model Addie dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fiqh Development of an Interactive E-Module Based on the ADDIE Model to Improve Learning Outcomes in Fiqh. 5(10), 3018–3028. https://doi.org/10.52436/1.jpti.1353
Pranata, A. P., Mustika, I., & Septian, M. R. (2024). Uji kelayakan media poster digital terhadap potensi diri siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padalarang. FOKUS: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(6), 524–535. https://doi.org/10.22460/fokus.v6i6.12394
Rachmawati, I., & Kusmiyati, K. (2023). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis video mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan minat belajar siswa. Jurnal Edusia, 8(2), 66–77. https://doi.org/10.53754/edusia.v3i2.662
Rahman, M., Razilu, Z., & Saputra, H. N. (2024). Analisis perspektif guru terhadap penggunaan video pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. DECODE: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 4(2), 375–380. https://journal.umkendari.ac.id/decode/article/view/585
Rahmawati, F., Markhamah, & Fathoni, A. (2024). Analisis Efektivitas Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Proses Pembelajaran Matematika di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09, 181–198. https://doi.org/10.53754/edusia.v3i2.662.
Safa, H. B., & Hardiyantari, O. (2025). Pengembangan media pembelajaran materi sistem pernapasan manusia berbasis augmented reality. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 15(1), 64–76. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v15i1.4599
Setiani, A., Lukman, H. S., & Agustiani, N. (2022). Validitas Media Pembelajaran Matematika Berbentuk Video pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Prisma, 11(2), 538. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2523
Sijabat, M. P., Hutabarat, K., Sitorus, L., Salsabilla, S., & Khairunnisa, K. (2024). Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Hasi Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(3), 2398–2409. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7941
Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suharti, M. M., & Ketut Sri Kusuma Wardani. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Animaker pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(2), 498–504. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.1038
Susanto, H., Marpuah, S., Sudarmadi, Erwahyudin, D. D., & Wahyuni, N. (2024). The development of interactive learning media for Islamic religious education in elementary schools in Indonesia. Journal of Research in Mathematics, Science, and Technology Education, 1(2), 77–83. https://doi.org/10.70232/jrmste.v1i2.14
Tira, Y., Suwandi, I., & Rifki, M. (2024). Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar Dalam Perspektif Islam. Murid : Jurnal Pemikiran Mahasiswa Agama Islam, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.51729/murid.21532
Usmaini, B. A., Tegeh, I. M., & Sudarma, I. K. (2025). Efektivitas media video pembelajaran dengan model pembelajaran cooperative tipe STAD pada mata pelajaran matematika siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 15(1), 78–86. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v15i1.4819