DINAMIKA PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI ( STUDI KASUS UNIVERSITAS ISLAM ZAINUL HASAN GENGGONG DAN UNIVERSITAS PANCA MARGA )

Main Article Content

S. Musliha
B. Bahrudin
R.F. Diharjo

Abstract

Perkembangan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan tinggi, khususnya dalam proses pembelajaran mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan mahasiswa, bentuk pemanfaatan, serta dampak positif dan negatif penggunaan AI di Universitas Islam Zainul Hasan Genggong (UNZAH) dan Universitas Panca Marga (UPM). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Informan terdiri dari dosen dan mahasiswa UNZAH dan UPM. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber dan triangulasi teori. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan mahasiswa terbagi dalam empat kategori: siap dan mampu, siap tetapi terbatas, kurang siap dan membutuhkan pendampingan, serta tidak siap. Pemanfaatan AI oleh mahasiswa meliputi pemahaman materi, penyusunan tugas, kreativitas visual, akses referensi, hingga kolaborasi, sementara dosen menggunakannya untuk penyusunan materi, evaluasi, dan pengembangan media pembelajaran. Dampak positif yang ditemukan antara lain peningkatan efisiensi, motivasi, kreativitas, dan akses informasi, sedangkan dampak negatif mencakup ketergantungan, penurunan kemampuan berpikir kritis, melemahnya kebiasaan membaca, serta risiko plagiarisme. Kesimpulan penelitian menegaskan bahwa pemanfaatan AI dalam pembelajaran membutuhkan literasi digital, etika akademik, dan pendampingan dosen agar benar-benar mendukung peningkatan mutu pendidikan tinggi.

Article Details

Section
Articles

References

Ashoumi, H., & Yusuf, M. A. (2024). Pendidikan Inklusi: Integrasi Konsep Konstruktivistik Vygotsky dan Landasan Al-Qur’an untuk Mendukung SDGs 4. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 14(3), 321–344. https://doi.org/10.33367/ji.v14i3.6308

Bahrudin, B., & Rahman, M. A. (2016). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Pada Era Digital Di Kabupaten Probolinggo. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 1(3), 46. https://doi.org/10.55210/iqtishodiyah.v10i2.1688

Damanik, N., Malau, O. L., Sinaga, S., & David, R. (2025). Implementasi Pendekatan Zone of Proximal Development ( ZPD ) dalam Mengatasi Kesulitan pada Materi Struktur Aljabar Pendahuluan. As-Salam: Journal Islamic Social Sciences and Humanities, 3(1), 55–64. https://ejournal.as-salam.org/index.php/assalam/article/view/88

Datuzuhriah, I. F. A., Syifaurrahmah, S., & Harto, K. (2025). Teori Konstruktivistik Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 1 Rambutan. Geneologi PAI Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(01), 1–16. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v12i1.11347

Dewi L, F. E. (2023). Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar dalam Pandangan Teori Perenialisme Plato. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(1), 67–80. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i1.3104

Jaya, H., Sabran, Idris, M. M., Djawad, Y. A., Ilham., Ahmar, A. S. (2019). Kecerdasan Buatan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).

Kuncara, T., Shinta, R. R., Nugraha, A. H., & Wulan, D. (2023). Penggunaan Artificial Intelligence Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Abdi Masyarakat Multidisiplin, 2(3), 40–44. https://doi.org/10.56127/ja

Mahliah, I., & Setiawan, R. (2024). Adanya Perubahan Teknologi Informasi Dalam Mengubah Pola Belajar Siswa Di Era Digital. Edu Sociata (Jurnal Pendidikan Sosiologi), 7(2), 106–117. https://doi.org/10.33627/es.v7i2.2201

Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Mubarik, Hadjar, I., Meinarni, W., Tawil, A. M., & Kunci, K. (2024). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence Dalam Proses Pembelajaran. JAI : Jurnal Abdimas Indonesia, 4(3), 1099-1108 . https://doi.org/10.53769/jai.v4i3.939

Oktafia, N., Latifah, M. A., Haris, E. D. A., Andrianie, S., & Krismona, B. E. (2024). Mahasiswa dan AI: Transformasi Cara Berpikir Kritis dan Penyelesaian Masalah di Era Digital. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN) 4, 10–33. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/vpnfq046

Prathama, R., Ramadhan, M. R., & Perdana, N. J. (2024). Eksplorasi Penggunaan Chatgpt Dalam Perguruan Tinggi Berdasarkan Perspektif Etika Akademik. Jurnal Serina Sains, Teknik dan Kedokteran, 2(1), 161–176. https://doi.org/10.24912/jsstk.v2i1.33547

Purnamasari, N. I (2019). Komparasi Konsep Sosiokulturalisme dalam Pendidikan: Perspektif Barat dan Islam. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 9(2), 238–261.

Putera, Z. F., Shofiah, N., Ramadhani, R. P., Maulidina, A., Puspitasari, P., & Purwaningsih, H. (2024). Readiness Dosen dalam Mengintegrasikan Kecerdasan Buatan untuk Pengajaran Menulis Teks Akademik di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 9(2), 170–181. https://doi.org/10.21107/metalingua.v9i2.27713

Rante, H. D., & Irvine, O. P. (2019). Implementasi Ai Sebagai Pendukung Dalam Pembelajaran Di Era Digital. Prosiding Universitas Kristen Indonesia Toraja, 3(3), 2154–2182. https://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/PROSDING/article/view/2286

Rusman, I., Nurmala, Nurasti, Rahmadania, Wahyuni, & Qadrianti, L. (2024). Peran Kecerdasan Buatan dalam Pembelajaran di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 3, 42–46. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v3i0.3138

Salsabila, Y. R., & Muqowim. (2024). Korelasi Antara Teori Belajar Konstruktivisme Lev Vygotsky Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl). LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 813–827. https://doi.org/10.51878/learning.v4i3.3185

Saputro, A. A., Andreana, P. A., Rinani, & Puspitasari, N. (2024). Seminar Nasional Amikom Surakarta (Semnasa) 2024 Analisis Penerapan Pembelajaran Berbasis Ai Sebagai Tutor Virtual Dalam Optimalisasi Kurikulum Pendidikan.Prosiding Seminar Nasional Amikom Surakarta, (2), 307-319. https://ojs.amikomsolo.ac.id/index.php/semnasa/article/view/561

Setiawi, A. P., Patty, E. N. S., & Making, S. R. M. (2024). Dampak Artificial Intelligence dalam Pembelajaran Sekolah Menengah Atas. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 680–684. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.826

Sitorus M, & Murti David Fadillah. (2024). Analisis Pengaruh Penggunaan AI Pada Pembelajaran University. Jurnal Ilmu Komputer, Sistem Informasi Dan Teknologi, 1(2), 90–101. https://ejournal.cyber-univ.ac.id/index.php/innotech/article/view/51/83

Sugiono, S. (2024). Proses Adopsi Teknologi Generative Artificial Intelligence dalam Dunia Pendidikan: Perspektif Teori Difusi Inovasi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 110–133. https://doi.org/10.24832/jpnk.v9i1.4859

Supangat, S., Sugiyanto, & Khamdi. (2024). Dampak Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Mauriduna: Journal of Islamic Studies, 5(2), 839–852. https://doi.org/10.37274/mauriduna.v5i2.1296

Yasmin, K., Awal, R., Azzahra, S., Aini, N., Marwa, M., Kuning, U. L., Kuning, U. L., Riau, U. M., Kuning, U. L., & Kuning, U. L. (2025). Literature Review : Dampak Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Terhadap Kemampuan Berpikir. INSPIRE: Innopvation and Sustainbility of Pedagogical Research and Education, 1(1), 142–150. https://proceeding.unilak.ac.id/index.php/inspire/article/view/21