PERANCANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI PADA MATA PELAJARAN AGAMA POKOK PEMBAHASAN SHOLAT DHUHA

Main Article Content

Aldy
Z. Razilu
H.N. Saputra

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa kelas IV SDN 80 Kendari terhadap materi Sholat Dhuha. Kondisi ini disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional yang kurang menarik dan belum mampu memfasilitasi kebutuhan belajar siswa secara optimal. Kondisi ini diperparah dengan terbatasnya media pembelajaran yang mampu menarik perhatian dan meningkatkan pemahaman siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman siswa melalui perancangan video pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan pokok pembahasan Sholat Dhuha. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Instrumen pengumpulan data terdiri atas angket validasi ahli materi dan media, serta angket respon siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif menggunakan persentase kelayakan dan persentase kepraktisan. Hasil validasi menunjukan video pembelajaran berada pada kategori sangat layak dengan skor ahli materi sebesar 95,67% dan ahli media 94,67%. Respon siswa memperoleh skor 91,70% dengan kategori sangat praktis. Hasil pengujian pemahaman siswa menunjukkan adanya peningkatan, di mana nilai rata-rata posttest lebih tinggi dibandingkan dengan pretest. Temuan ini mengindikasikan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa dan layak diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di tingkat sekolah dasar.

Article Details

Section
Articles

References

Achmad, W, Kuswanto F, Abidin, M. A. (2025). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Canva Pada Materi Shalat Bagi Orang Sakit Kelas 3 Di Min 2 Kota Pasuruan. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah (JMI), 04(01), 1–8. https://journal.unusida.ac.id/index.php/jmi/en/article/download/1816/1143/7552

Ario, M., Isharyadi, R., Pengaraian, U. P., & Hulu, R. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Kalkulus Diferensial Berbasis Pen tablet. Jurnal Cendekia Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1129-1142. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.363

Danuwara, P,. Giyoto, . (2024). Penanaman Karakter Religius dan Karakter Disiplin Melalui Pembiasaan. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7, 32–40. https://doi.org/10.54069/attadrib.v7i1.716

Damayanti, S. A. & Barokah, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Jegolan Untuk Meningkatkan Minat Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Cijengkol 02. Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 675-684. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.18920

Indana, N. (2022). Sholat Dhuha Dalam Peningkatan Akhlak di MI Al-Urwatul Wutsqo Jombang (Studi Analisis Pemuliaan Akhlak Dampak Pandemi) Nurul. Tasyri’: Jurnal Tarbiyah – Syari’ah Islamiyah, 29(02), 86–95. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/tasyri.v29i02.261

Julfaisal. I,. Putrama, I. M, Suyaya, A. W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Tata Cara Wudhu dan Shalat Berbasis Animasi 3 Dimensi. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 7(3). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/karmapati.v7i3.16076

Khasanah, F., Nabila, M. K., Mawadah, P. M., & Putranta, H. (2024). Pengembangan Media Aplikasi “Belajar Sholat Anak Sholeh” Berbasis Android Menggunakan Smart APPS Creator. Al ’Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 123–143. https://doi.org/https://doi.org/10.54090/alulum.537

Khusnan, A. (2022). Peningkatan Keterampilan Sholat Dalam Proses Pembelajaran Dengan Menggunakan Video Animasi. Indonesia Islamic Education Jurnal, 1, 26–37. https://doi.org/https://doi.org/10.37812/iiej.v1i1.617

Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., & Yulinar, D. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) di SD Islam An-Nuriyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/8793

Rahmah, A. N. (2025). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Video Animasi Materi Sholat Berjamaah Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Nusantara ( JINU), 2(1). https://doi.org/10.61722/jinu.v2i1.3347

Rahman, M, Razilu, Z, Saputra, H. N. (2024). Analisis Perspektif Guru Terhadap Penggunaan Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 4(2), 375–380. https://doi.org/https://doi.org/10.51454/decode.v4i2.585

Salim, A., & Himawanto, D. A. (2013). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash Materi Gerakan dan Bacaan Sholat untuk Siswa Tunagrahita. Seminar Nasional Pendidikan Biologi Dan Saintek II, 1–6. https://proceedings.ums.ac.id/snpbs/article/download/465/461/465

Sari, W. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Pelajaran Fikih di MTs Darul Aitam Jerowaru Wulan. Journal Of Scientific Studies And Multidisciplinary Research, 1(2), 95–103. https://www.journal.formadenglishfoundation.org/index.php/JSSMR/article/view/48

Setiani, A., Lukman, H. S., & Agustiani, N. (2022). Validitas Media Pembelajaran Matematika Berbentuk Video pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. PRISMA, 11(2), 538–547. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2523

Siregar, V. V., Aflah, N., Fadilah, R., Naemah, Z., Habibi, D., Panjaitan, W., Pratama, H. I., Hayyi, A., & Nashuha, A. (2022). Implementasi Kegiatan Shalat Dhuha dan Tahsin Al- Qur ’ an dalam Membentuk Karater Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 39–45. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.39501

Suantiani, N. M. A., & Wiarta, I. W. (2022). Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Muatan Matematika. Jurnal Penelitian Pengembangan Pendidikan, 6(1), 64–71. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45455

Syakbandani, J. (2017). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Di SMK Negeri 3 Buduran. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(2), 203-211. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/it-edu.v2i2.21634

Tawarati. (2021). Peningkatan Pemahaman Siswa Melalui Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Pai Di SMK Negeri 1 Rundeng Kota Subulussalam. Journal of Education Science, 7(April), 1–11. https://jurnal.uui.ac.id/index.php/jes/article/download/1328/655

Ulya, F. I., & Wijayanti, A. (2021). Pengembangan Media Video Berbasis Discovery Learning untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(1), 68–83. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jitp.v8i1.42565

Usmaini, B. A., Tegeh, I. M., & Sudarma, I. K . (2025). Efektifitas Media Video Pembelajaran Dengan Model Pembeajaran Cooperative Tipe Stad Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 15, 78–87. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v15i1.4819

Yolanda, N. S. & Laia, N. (2022). Praktikalitas Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi Powton. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 7(4). https://doi.org/10.34125/kp.v7i4.882

Yuliani, D., Mauludiyana, L., & Romaniyah, Z. (2023). Implementasi Video Animasi Untuk Meningkatkan Pemahaman SKI Pada Peserta Didik Di MI. Caruban Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 6(4), 403–412. https://doi.org/https://doi.org/10.33603/caruban.v6i4.p403-p412