PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
Main Article Content
Abstract
Latar belakang penelitian ini didasarkan pada hasil observasi di lapangan yang menunjukkan bahwa proses pembelajaran SKI masih dominan menggunakan metode ceramah dengan keterbatasan media, sehingga siswa kurang termotivasi dan partisipasi belajar rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Android pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas VII di MTs Qur’an Baitul Mubarak yang memenuhi kriteria, Penelitian ini penting dilakukan karena pemanfaatan media pembelajaran digital di madrasah masih belum optimal, sementara peserta didik saat ini cenderung lebih tertarik pada pembelajaran berbasis teknologi. Selain itu, materi SKI membutuhkan pendekatan yang inovatif agar pembelajaran lebih interaktif, menarik, dan mampu meningkatkan pemahaman serta motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluate) sebagai dasar pengembangan media pembelajaran berbasis Android. Media dikembangkan menggunakan aplikasi Construct2, kemudian divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, serta diuji cobakan kepada peserta didik kelas VII. Hasil validasi menunjukkan bahwa ahli materi memberikan skor rata-rata 85% (sangat valid), ahli media memperoleh skor 90% (sangat layak), dan hasil uji coba siswa mencapai 90% (sangat praktis). Temuan ini menunjukkan bahwa media berbasis Android mampu meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan pemahaman siswa terhadap materi SKI yang bersifat naratif dan historis. Dengan demikian, media ini dapat menjadi inovasi pembelajaran yang relevan di era digital, meskipun masih perlu pengembangan lebih lanjut dengan penambahan fitur interaktif dan uji coba skala lebih luas untuk hasil yang lebih optimal.
Article Details
References
Akbar, M. I., Ansori, H., & Hidayanto, T. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Smart Apps Creator Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurmadikta, 3(2), 1–10. Https://Doi.Org/10.20527/Jurmadikta.V3i2.1407
Ali, I., Yaumi, H. B., Mahmudah, U., & Huda, M. (2023). Sejarah Teknologi Pendidikan Dan Konsep Media Pembelajaran Bahasa Arab. Researchgate, March.
Anafi, K., Wiryokusumo, I., & Leksono, I. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Model Addie Menggunakan Software Unity 3d. Jurnal Education And Development, 9(4), 433–438.
Andayani, D. D., Fathahillah, & Jakob, F. E. (2024). Pengembangan E-Modul Ajar Kurikulum Merdeka Berbasis Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Tik (Teknologi Informasi Dan Komunikasi) Kelas Vii Upt Smp Negeri 4 Parepare. Scholars: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(2), 86–98. Https://Doi.Org/10.31959/Js.V2i2.2521
Darmalinda, & Fadriati. (2024). Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam ( Analisis Konsepsi, Tujuan, Materi, Strategi, Dan Evaluasi Pembelajaran). Al-Hasanah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1), 92–107. https://doi.org/10.51729/91375
Fadjeri, A., & Nurchayati, A. D. (2022). Pengujian Validitas Pada Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ict. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (Jpse), 8(1), 26–33. Https://Doi.Org/10.37729/Jpse.V8i1.1955
Fanani, R. R., Patoni, A., & Wijayanto, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 111–120. https://doi.org/10.30651/td.v10i1.9117
Gulo, D. D. S., Laoli, B., Laoli, E. S., & Lase, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (Jipti), 5(2), 314–327. Https://Doi.Org/10.52060/Jipti.V5i2.2375
Hermansah, R. (2022). Dampak Penggunaan Media Berbasis Android Dalam Aktivitas Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Journal Of Education, Administration, Training, And Religion, 3(1), 12–25. https://doi.org/10.38075/jen.v3i1.143
Hutami, I., Widiana, G. T., & Mardliyah, U. (2021). Pengembangan Media Komik Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Website: Journal. 5(1), 33–50. https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/2593
Juanda, Y. M., & Hendriyani, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Pada Mata Kuliah Pemrograman Visual Dengan Metode Addie. Javit : Jurnal Vokasi Informatika, 121–130. Https://Doi.Org/10.24036/Javit.V2i1.81
Lanang, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android 3D Kelas XI Di SMKN 1 Driyorejo Gresik. 5(2), 763–768.
Maharani, M., Rini, F., & Pratama, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X Di Smk Nusatama Padang. Jurnal Pustaka Data (Pusat Akses Kajian Database, Analisa Teknologi, Dan Arsitektur Komputer), 3(1), 19–24. Https://Doi.Org/10.55382/Jurnalpustakadata.V3i1.416
Nurvadila, N. (2020). Peranan Guru Dalam Menangani Pelanggaran Disiplin Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Hidayatul Islamiyah Kuala Lahang Kecamatan Gaung. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 1(1), 61–74. Https://Doi.Org/10.46963/Asatiza.V1i1.59
Ramiati, E., Afandi, N., & Fatimah, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Materi Khalifah Umar Bin Khatab. Incare : International Journal Of Educational Resources, 4(3), 216–225. https://doi.org/10.59689/incare.v4i3.825
Sari, J. P., Sari, I. P., Eldiansyah, Z., Monika, D., & Utami, W. A. (2025). Problematika Sarana Prasarana Dalam Pembelajaran SKI Di MTS 1 Kota Bengkulu. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan, 4(1), 472–486. https://doi.org/10.55606/jurripen.v4i1.4820
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. In Alfabeta.
Sujarwo, Herawati, S. N., Sekaringtyas, T., Safitri, D., Lestari, I., Suntari, Y., Umasih, Marini, A., Iskandar, R., & Sudrajat, A. (2022). Android-Based Interactive Media To Raise Student Learning Outcomes In Social Science. International Journal Of Interactive Mobile Technologies, 16(7), 4–21. Https://Doi.Org/10.3991/Ijim.V16i07.25739
Ulandari, V., Hufri, H., Yulia Sari, S., Hidayati, H., & Hidayat, R. (2024). Validasi Media Pembelajaran Game Education Berbasis Android Pada Materi Fisika Fase F Sma/Ma. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 30448–30458. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/19840
Vebrianto, R., & Anwar, A. (2025). Problematika Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas Vii Mtsn 1 Bengkalis : Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memahami Materi Dan Solusinya. 8(2), 937–951. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6319
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Journal On Education, 5(2), 3928–3936. Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V5i2.1074
Wulansari, A., Setiani, Y., & Pamungkas, A. S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Berbantuan Smart Apps Creator Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 20405–20416. http://jptam.org/index.php/jptam/article/view/16634
Yanti, E. A., Leksono, I. P., & Rohman, U. (2024). Pengembangan Media Belajar Membaca Model Addie Berbasis Android Menggunakan Software Unity 3d Untuk Siswa Inklusi Di Smp Negeri 1 Tanggulangin. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 9(2), 462–475. Https://Doi.Org/10.29100/Jipi.V9i2.4505